Monday, November 12, 2007

Dongeng Sayur Paria

Waktu ibu masih SD...(masih langganan majalah bobo) ibu penasaran banget sama cerita tentang "PARIA" ...ibu dah lupa deh judul tepatnya apaan .....(kali ajah yang dulu langganan majalah yang sama ada yang inget.......) , kalo ceritanya masih inget banget, intinya gini :


Ada seorang ibu yang hidup bersama 2 orang anaknya, satu ce, satu co...mereka hidup sangatlah miskin.....untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari ibu dan anak perempuannya bekerja pergi pagi, sore baru pulang,,,,,,,sementara anaknya yang laki - laki gak mau bantu ibu dan adiknya...kerjanya cuma kumpul ma temen - temennya.... pulang, makan dan tidur, pergi lagi deh........


Nah, ibu itu selalu menyediakan sayur Paria untuk lauk mereka....selalu ada tuh sayur ...karena ibunya bisa ambil di hutan gak usah beli...jadilah sayur paria ..adalah menu andalan keluarga itu....pokeke....selalu ada sayur paria....nah, anak laki - lakinya suatu waktu marah - marah ma ibunya yang cuma bisa nyediain sayur paria.......( minta bebek peking...daging balado....dendeng batokok kali ya.....) , dia bilang makanan apaan nih.....gak layak dimakan......(padahal dia belum cobain)...

Nah, suatu waktu pas ibu dan adiknya masih belon pulang, dia pulang kerumah..dan perutnya lapar banget...yang ada cuma nasi ma sayur paria..akhirnya dicobain deh tuh sayur....ternyata "gile enak bangett..........tttt " katanya. Berhubung, dia udah marah - marah ma ibunya, dia gengsi untuk bilang dia doyan ma sayur paria itu...ibunya terheran - heran, liat sayur paria dah tandas...ludes.....dan pas anaknya pulang, dia tanya apa kamu yang ngabisin sayur paria, anakn co nya itu malah marah - marah lagi ...(gak ngaku ceritanya)...


Setiap hari dia menumpuk kebohongan yang sama....dengan terus makan sayur paria diam - diam...tapi tetep bilangnyan gak doyan......sampe akhirnya, dia berasa gak enak badan...gatal - gatal...dan dia heran...dibadannya tumbuh kayak pohon paria kecil - kecil....sehingga hari itu dia cuma dirumah aja gak kemana - mana.....trus, semakin lama semakin gatal..dia pun lari kehutan ...(takut ketauan ibunya)...sampe dihutan...dia berubah jadi pohon Paria...dan sejak itu, ibunya gak pernah ketemu anak co nya lagih.....


nah, waktu dulu itu, ibu gak paham kalo yang dimaksud Paria itu adalah Pare....baru beberapa taun belakangan ajah..ibu mulai suka...bahkan suka banget.......pas diolahnya gak pahit, ibu bener - bener doyannnn banget ma Pare...apalagi digabung ma teri...sip deh...kira - kira kayak gini deh....

enak banget.............barusan makan nih...jadi inget dongeng sayur pare itu............

No comments:

Post a Comment

ikutan yuks

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...