Wednesday, February 13, 2008

Ulang Bulan FAI sama dengan boleh pulang dari RS




Udah lama nih ibu engga menyapa temen-temen blogger...terakhir selasa tanggal 5 lalu, nah setelah itu ada cerita yang mo dibagi tentang Fai nih, gini ceritanya:
  • Jum'at malam, tanggal 08 Pebruari 2008 , Fai mulai panas..ibu kaget juga pas ibu pulang malam itu jam 9, dia tidur sambil digendong, biasanya dia selalu nungguin ibunya kalo ibu pulang malam, dan main - main sama ibu sampe jam setengah sepuluh malam, trus bangun subuh kayak biasa. Fai sempet bangun sebentar ketawa - tawa dan guling - gulingan sambil manja-manjaan . Trus sampai pagi nangis terus - terusan gak mau tidur harus digendong - gendong terus, jam setengah 4 pagi, ibu ma ayah mutusin pake penurun panas, biasanya Fai cuman pake pupuk bawang merah ma minyak telon aja, dan gak pernah sampai gak bisa tidur seperti ini.

  • Sabtu tanggal 09 Pebruari 2008, Dari pagi tetep gak ada perubahan, kasih penurun panas lagi jam 10 pagi, tetep gak turun juga, tetep Fai masih nangis terus - terusan, akhirnya ibu ma ayah bawa Fai ke RS, ke tempat dsanya Fai yang biasa (dsanya Mas dzaky juga), dsa ini paling hobi kasih antibiotik kalo anak panas, pilek, batuk, tapi cocok ma mas dzaky yang dari bayi suka bolak - balik ke dr. Nah, kalo masnya dikasih obat langsung turun panasnya, Fai gak ada perubahan abis minum obat siang tetep ajah panas, ibu masih tetep tenang dan berharap obatnya mungkin belum bereaksi, nanti kali, tunggu punya tunggu sampai minum obat malam , panasnya Fai tetep turun naik, dah ibu coba kompres.....tapi tetep Fai yang biasanya kalem, nangis terus dan terusa-terusan minta gendong. Malamnya Fai gak bisa tidur lagi, ibu masih tetep tenang nih........Ibu Pikir kan udah ke dr, dan dikasih obat .....
  • Minggu,10 Pebruari 2008,TI yang nginep dari semalam, ukur Fai dan suruh kompres..Dah coba Kompres Fai....Trus dia saranin ganti obat penurun panasnya, siang itu langsung kita beliin obat panasnya,..Fai yang biasanya kalo sakit masih ada suara bener - bener sampai minggu gak mau ditidurin, siang sambil gendong matanya dah agak aneh...ibu pikir mungkin karena ngantuk kali dan jam 3 sore ayah langsung ngajakin ke RS, diperjalanan ibu dah curiga ma Fai, kok matanya melek tapi gak diem ajah, gak ada suara sepatah katapun, biasanya masih ngerengek atau nangis.
  • Sampe di UGD, kita daftar dulu, baru diukur suhunya dah hampir 40 derajat , masih belum di apa-apain, triba-tiba matanya keatas gitu....Nah, ibu langsung teriak-teriak histeris minta tolong ditengah keriuhan UGD gitu, Fai langsung dikasih obat penurun panas yang lewat belakang itu, dikasih oksigen ma disuntik ambil darah, no reaction, ibu dah nangis sambil gak berhenti istighfar, rasanya udah gak jejak kaki ke tanah, rasa udah mau pingsan, ibu gak tega banget liat Fai yang imut dan kecil mungil dalam keadaan seperti itu......setelah itu dia menggigil, menggigil banget....ibu coba peluk erat-erat tetep menggigil, setelah dipindahin baru menggigilnya berhenti , menggigil kayak ibu dulu selesai melahirkan Fai......Ibu rasanya frustasi banget deh.....kesian banget ma Fai, pikiran ibu dah macem - macem banget.............Fai harus dirawat, daripada Lama - lama di UGD abis itu engga diapa-apain lagi, ibu ma ayah terima ajah keputusan RS yang bilang harus dirawat,fai abis kedinginan itu mulai ada respons gerakan, dan dia mulai makanan selang oksigennyadi gigit - gigitin, ibu fikir fai pasti kelaparan, kejadian yang menegangkan barusan emang bikin seluruh sendi ibu lemas banget.....Dah sore lewat jam makannya Fai, ibu tanya ke dokter UGDnya boleh apa enggak Fai nenen, katanya boleh, akhirnya fai nenen terus sampe akhirnya ayah dapat kamar buat fai....Kesian banget, fai yang lapar gak bisa mam, karena jadi mual - mual sehabis diinfus......dia tenang dan kemuadian tidur, walau suhu badan masih belum stabil, terus-terusan disuntik kasih penurun panas ma antibiotik, ibu tetep gak bisa tidur ...masih terbayang - bayang terus.
  • Senin, 11 Pebruari 2008, ibu tetep masih gak tenang, fai masih agak rewel dan tetep gak stabil suhu badannya, hasil cek labnya semalam, ibu tanyain ke ti, perkiran ti karena virus....infeksi mungkin, karena leukositnya agak dibawah standar, hasilnya kira-kira seperti ini natrium,klorida ma lekosit yang kurang dari batas bawah normalnya...yang karena panik..ibu cuman intip ajah dikit, trus tanya ti . ibu bolak - balik tengok ke pintu kalo ada yang buka , berharap dsanya datang, jam satu siang senin itu baru datang, diagnosanya sama kayak ti, infeksi virus, ibu tanya virus apa, katanya influenza, kok aneh ya, gak batpil kok bisa kena virus influenza, dr nya cuman kasih instruksi kalo obat yang dia kasih sabtu gak boleh diminumin, udah ...cepet banget cuma 5 menit.....(kok engga mau luangin waktu lebih lama ya???)
  • Selasa, 12 Pebruari 2008 ini Fai ulang bulan yang ke-11, dsanya kasih Fai pulang, ibu dah seneng walau masih khawatir, alau selera makannya dah baik , dan suhu badan dah mulai stabil, ibu tetep masih terbayang - bayang yang sabtu kemarin terus, ulang bulannya fai yang ke 11 ini, fai bisa balik lagi pulang kerumah, syukur alhamdulillah bisa pulang kerumah lagi, kalo anak kejang apa yang harus di lakukan ya? Ti yang dr ajah bingung waktu anaknya kejang, ibu rada-rada bingung nih dikasih puyer kejang kok harus diminum 2 kali sehari selama 2 minggu kedepan , banyak banget , apa iya harus gitu, ibu cari informasi ke temen ibu katanya kalo anak kejang dirumah gak usah dibawa ke RS karena percuma gak diapa-apain, anaknya kejang sampai pingsan batita, ok ok ajah gak dibawa kerumah sakit, apa iya begitu ya? tips minum kopi juga udah ibu kerjain, fai kesian banget ....kok bisa kayak gitu.....
ibu sempet foto Fai pake HP ibu pas ulbulnya yang ke 11 ini (belum sempet dilaunching disini).....mudah-mudahan gak keulang lagi .........Fai mudah-mudahan selalu sehat dan gak pernah rawat-rawatan lagi, ibu paling gak tega kalo anak bayi or anak kecil yang diinfus atau diambil darahnya.....selama disuntik, ibu gak berani liat sama sekali walau selalu ada disisinya Fai.

7 comments:

  1. Alhamdulilllah Fai da gpp, cepet sehat lagi ya Fai sayang..maem yg banyak biar tambah kuat.

    Salam sayang dari abank wafi

    ReplyDelete
  2. fai tetep mau mam dan nen kalo sakit..even yang sampe kejang kayak kmrn, mudah2an gak berdampak buat kesehatan Fai selanjutnya....amin

    ReplyDelete
  3. wah emang bikin panik yah kalau anak sakit, apalagi kaya fai yg panasnya sampe bikin mata mendelik ke atas dan menggigil gitu...wah kalau bunda udah nangis2 kali....tapi alhamdulillah yah sekarang udah sembuh

    ReplyDelete
  4. alhamdulillah Fai udah sembuh.
    Kalau dari yang saya baca, kejang saat demam itu sama sekali tidak berbahaya, yang bahaya adalah kejang tanpa demam. Obat anti kejang juga hanya dapat diberikan saat kejang, dan tidak akan berguna sebagai pencegahan, jadi kalo enggak kejang, percuma obat kejangnya diminum. Terus terakhir, puyer itu sudah tidak pernah digunakan di negara2 maju, bahkan di India pun sudah tidak pernah, karena puyer adalah obat racikan, sementara obat racikan itu cenderung lebih tinggi resikonya daripada manfaatnya.

    Aduh Ibu...maaf ya panjang begini...bukan menggurui loh. Ibu udah join milis sehat@yahoogroups.com blom? milis ini lumayan membantu sy dalam urusan kesehatan anak. Mungkin bisa bermanfaat juga buat Ibu. Cuma anggotanya itu loh, buaaanyaaaak, jadi inbox cepet penuh.

    titip cium buat fai ya bu

    ReplyDelete
  5. hi salam kenal ya....

    emang horror ya kalo sampe kejang gitu, apalagi masih baby

    semoga nggak keulang lagi

    ReplyDelete
  6. Duh.. Fai.. abis sakit yaa.. pasti cemas ya Mom kalo liat anak sakit.. Btw.. Alhamdulillah fai dah sembuh..

    ReplyDelete
  7. mba fitri, masih di bawa ke dokter M***i?? saran saya, cari DSA yg lain mba (map nih), aku n suami n beberapa temen deket punya pengalaman yang amat menyedihkan abt RS tempat sang dr. bekerja (walopun sedih coz kita amat membanggakan nama RS nya) tapi kinerja nya amat buruk..sampe terakhir saya pendaraha kemaren juga ke situ, penanganannya lambat akhirnya cabs ke RS tempat lahiran dulu..

    ReplyDelete

ikutan yuks

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...