Saturday, October 25, 2008

Cerita Mudik Lebaran

Fai Pemudik Cilik : "Bu, kapan sampainya nih?"

Mumpung masih bulan syawal...jadinya cerita lebarannya gak basi-basi bgt khan?

Pengantarnya dulu ya.....
Perjalanan mudik terakhir sekeluarga ke kampung halamannya Nenek & alm angkunya mas ma dedek..udah lamaa banget waktu ibu masih klas 3 SMA, sekitar tahun 1995 deh..jaman itu blum kenal internet, blum punya telp rumah, pager, apalagi hape..masih jaman baheula deh....,ibu ma 4 orang adik bersama ortu kita menempuh perjalanan pake mobil ke Solok Sumatera Barat, dengan penyopir utama om wicak temen kantornya pap yang waktu itu masih single....Nah, setelah itu gak pernah deh kita pulang basamo lagi...kenapa?

setelah itu ibu kuliah, dan semakin tahun susahh banget buat cocokin jadwal buat mudik lebaran kesana, maklum kalo bentar khan gak puas...jadinya harus lamaa, indah sekali deh pemandangannya sepanjang jalan bener2 dinikmati ..,jadinya perjalanan ajah waktu itu ketemu malam 2 kali dan siang sekali baru sampe.............trus untuk kesana butuh dana yang lumayan..........sementara kita2 dah pada kuliah juga butuh dana yang lumayan....jadinya ya gak bs mudik terus.....ditambah lagi kita 5 bersaudara yang gak bs bahasa sono...ngerasanya dah jadi orang jakarta kali yee dan saudara2 disana, nenek, om juga suka berkunjung ke Jakarta, tahun 2002 ibu married...sebelum itu rentang 1995-2001 kalo liat di tv orang-orang pade heoboh mudik..........terheran-heran karena ampir lupa rasanya mudik pas lebaran..."kok segitunyee deh, dibela-belain biar susah gitu desek-desekan tetep pulang mudik"

Nah, setelah married, mudik mulai jadi tradisi ibu karena ayah yang asal ortunya Pekalongan- Pontianak, mamanya dan kelnya tinggal di Semarang dan Pekalongan, jadi dimulailah tradisi mudik ibu ke Semarang & Pekalongan sejak itu...


Perjalanan mudik kita dimulai di hari Senin, tanggal 29 September 2008, dah siap2 dari abis ke RS Sabtunya untuk kontrol Fai dan kasih liat hasil labnya, tapi berhubung situasi dan kondisi jalan yang macet tenan menurut teman2 yang dah mudik duluan........kita pilih hari Senin itu, via Jalur Selatan karena mesti anter Mba Ci dulu ke Magelang..................

Perjalanan dimulai dari Pukul 5 Pagi , alhamdulillah lumayan lancar,,,,cuman ketemu sedikit macet di Nagrek.........Cuman itu deh, gak biasa lewat selatan, perasaan kok gak sampe - sampe seh.......jauh bener ...........anak-anak juga anteng deh, Dedek Fai maunya didepan terus sama ibu, dan banyak tidurnya di perjalanan, diselingi istirahat beberapa kali buat salat, akhirnya kita sampe di Magelang sekitar jam 19.00-an, makan dulu di rumah Makan Ayam goreng bu Titik...(buka Puasa nya telattt nih ), langsung anter mbak ke Rumahnya ..........

Start jam 20.00 Wib, otw to Semarang dan 2 jam kemudian sampai Semarang, total dijalanan = 17 Jam lah........

Selasa,30 September 2008
Istirahat ajah.....gak kemana-mana,stay di Semarang...rumahnya bude.

Rabu,01 Oktober 2008
Pagi2 siapin bocah2, atasan baju baru yang dibeliin ma TA (trims ya tante), cuman sayang seribu sayang, pulang salat ied...Fai lgs narik - narik bajunya gitu...kayaknya minta dilepas....Dzaky juga minta ganti ...akhirnya bajunya gak sempet diabadikan deh.........,serumah pada cabut ke Solo....Ibu ma Fai......stay at home ajah...mobilnye gak muat seh..........Fai dari Jam sebelas tidur, baru bangun jam setengah 4...ibu, ikutan tidur juga deh.....khan nemenin Fai.

Kamis,02 Oktober 2008
Lebaran ke-2, kita ngunjungin Pekalongan, tempat ayah Fai dan Dzaky menghabiskan masa SD ma SMPnya di kota itu, silaturahmi ma saudara - saudara dan ritual yang biasa adalah makan Soto Damudji slurrppppp..pertama2 emang aneh rasanya.......lumayan tob juga tuh disamping Soto PPIP ........,trus nyari penginapan yang ternyata padee penuhhh semua.......akhirnya dapet juga persis didepan Stasiun Kereta Api, Hotel Syariah namanya...hotelnya masih baru.............dah pas banget sisa 2 kamar yang pake AC..............jadi malem itu kita bisa istirahat deh, bocah Fai mulai rewel kecapean............
Di Pekalongan rumah saudara...mas dzaky akrab bgt ma kakak sepupunya mas kiki


Jum'at, 03 Oktober 2008
Silaturahmi dilanjutkan, makan siang kembali nih di Soto Damudji, berhubung sambil mangku Fai, jadinya gak bs jepret2 nih.........tempatnya sederhana...tapi soal rasa TOB deh.....nyempetin keliling2 di pusat grosir PPIP, trus langsung pulang Semarang lagi.............lirik2 ke Pasar Grosir Batik Sentono....Padett dettt berjubelll bel....jadinya gak jadi mampir, pertimbangannya kesian bocah2 ...akhirnya cuman lewat doang deh.....
Sabtu,04 Oktober 2008
Tadinya mau jalan ke Yogya, ternyata ayah yang nyetir masih capee....jadinya Kuliner di sekitar tempat tinggal bude ajah, yang terbayang2 dari senin lalu, bakso KUNCORO........he he tercapai juga deh bakso kuncoronya, ibu kepingin banget tuh.........
Trus jalan-jalan cari oleh2 di Pandanaran, Bandeng Juwana ituh.......penuh juga tuh......... Trus mampir ke kota tua, ada salah satu gedung tua yang dijadiin kayak Restoran gitu, Ikan Bakar Cianjur plang namanya.........suasana didalamnya, of course sunda banget.........Fai seneng lari-larian nyeker disitu...tempatnya asyik deh..........
Minggu,05 Oktober 2008
Pagi2 bertolak ke Yogya, mampir Magelang dulu jemput mba ci .
ini foto - fotonya mba ci ma keluarganya. ..(mba ci jilbab biru)

Trus silaturahmi juga ngunjungin temen kosnya ayah..........trus jalan2 di sekitaran Malioboro..............Masih penuh ajah deh, trus kita mampir ke MIROTA.....he he he masak disitu kayak Pasar Beringhardjo, padett..panasss bangetttttttt...saking banyaknya orang, jadinyanya ACnya gak berasa........susah deh mau liat2 ajah , baru megang, udah ada yang megang juga...jadinya bingung...........numpang salat ma foto2 dikit di masjid kampus UGM.



Senin,06 Oktober 2008
Pagi2 after breakfast langsung menuju Jakarta, pas makan siang kita di semarang, janjian lagi ma bude, ma pakde, ma mas kiki, makan di Soto Bangkong.......................Lumayan seh, gak macet2 banget...sebelum nemu tol kanci ada Pesona Alam......tapi karena masih belum laper....gak berenti disitu...........trus trus pengennya berenti di Pesona Laut...ternyata jam mau jam 9 malam baru sampe sana..........dan habisssss semua.........mo pesen ikan...mo pesen....kerang...yang ada cuman pecel ayam ajah..................tempatnya yang kalo siang ok punya(memorinya ibu waktu mampir kesana Juli 2006 lalu)....malam itu kotorrr banget banyak sampah dimana - mana...............kuciwa juga secara dulu pernah mampir disini..............
...apa karena dah mau tutup malam itu restonya ya ...jadinya sampah betebaran gini....
(ay lagi makan, 2 boys dah pade bobo)

jam 2 dinihari baru deh sampe rumah, kalo ditotal 14 jam deh perjalanan pulang kita...............capee juga...tapi "teteppp mudikk itu asyik lho"

10 comments:

  1. Wah perjalanan mudiknya lumayan banyak tempat ya yg dikunjungi....
    macet gak? Pastinya dong...
    Tapi yg pasti seneng deh jalan2 sama keluarga, gaka da yg lebih indah selaen kebersamaan

    ReplyDelete
  2. waaaaaaahh ke jogja yaaa...kao tau bisa ktemuan nih...pdhl dah mpe masjid UGM, dkt lo ama rumah azka;)

    ReplyDelete
  3. iie:
    dimana-mana yg namanya crita mudik pasti seru abis! bisa ngumpul dengan sanak keluarga yg lain...

    ReplyDelete
  4. wah kuat yah mudik perjalanan jauh gitu...tapi yg namanya mudik, biar jauh dan macet,...tetep aja seneng yah..karena ketemu saudara2.

    ReplyDelete
  5. hwaaaaa Ibu! jagoan bener, bawa tiga cowok ganteng bepergian sejauh itu. Sempeeeet lagi mampir2 ke banyak tempat, Salut euy! Tapi emang bener ya, dari cerita banyak orang, ktnya mudik tuh biar capek teteeep menyenangkan.

    ReplyDelete
  6. waa..seru deh crita mudiknya. Biasanya aku juga ke tempat mertua di Jogja, tp th ini ga mudik, cuma papa azka yg mudik.

    Fit, urang awak juga ya ternyata....aku trakhr ke pdg waktu masi kuliah, udah ga pernah ke sana lg deh.

    ReplyDelete
  7. ternyata dikau mudik semarang jeng...kok ga kabar2 si,
    ternyta banyak blogger yang mudik ke semarang...sayangnya aku mudik wonosobo, jadinya ga ada yang ketemu deh...

    ReplyDelete
  8. wah, mudik ke jateng juga toh..
    Kok gak bilang2 seeeh.
    Foto2nya kurang banyak Fit..he..he

    ReplyDelete
  9. Wah.. meski capek tapi mudik lebarannya mengesankan ya Mam..

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

ikutan yuks

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...