Monday, September 20, 2010

Lancar euyyy - Pekalongan Kota Batik

Perjalanan mudik kita yang dimulai pagi hari Sabtu , 11 September 2010 Pukul 05.30 WIB disaat masih gelap gulita (he he beneran masih gelap jam segitu lho..), lancar sekali..di tol Cikampek satu jam saja, brenti - brenti juga gak lama karena kita dah sarapan sebelumnya, cuma Fai yang maemnya di jalan. Biasanya kita jarang banget nginep di Kota Pekalongan ini, walaupun ay lahir disini, dan Saudara2 ay masih banyak disini, tapi biasanya kita cuman singgah ajah kali ini berhubung ay mau ada acara Reuni SMPN 2 Pekalongan di hari Minggunya, daripada bolak - balik Jakarta - Semarang, trus besoknya Semarang - Pekalongan trus pulang lagi Pekalongan - Semarang, akhirnya kita putuskan nginep di Pekalongan, dah di bookingin ma temennya ay, jadinya tinggal check in dech..Jam setengah 12 dah sampai kota Pekalongan lho, brarti cuma 6 jam yach.lancar euyyyy......gak nyangka lho...bener-bener bersyukur dech......

Istirahat bentar, anak - anak minta ke Pantai, untungnya gak pas pasang, kalo pasang, jalan kesananya ajah banjir....Pantainya lumayan bersih , sampah2 tidak berserakan  dan  gak  rame , jadi anak - anak main, ibu ma ay minum air kelapa muda sambil menikmati kerupuk pasir, duduk - duduk lesehan gitu di tikar, tentang Pantai Pasir Kencana ini bisa diliat disini...sepanjang perjalanan kita kalo pas lebaran gini kalo mampir  ke SPBU  sepanjang perjalanan kita,rata-rata pada kotor - kotor dan penuh sampah, nampaknya terlalu banyak orang yang mudik ya.

Fai =silau bu.....aku mau pakai kacamata gayaku...

Di Pekalongan, bener2 di service memuaskan nih ma sohibnya ay, om ToBe...makan malam kita ke Dapur Sunda, kayak2 RM Ampera atau Bakul Thukul gitu makanannya, dan tempatnya bagus skali, baru renovasi, makanannya enak, untuk besoknya ay request makanan yang jarang - jarang kita temuin di Jakarta, jadi keesokan harinya, pagi - pagi barengan Om ToBe dan nyonya, ay ngajakin ke tempat Favoritnya yaitu Soto Pak Damudji......sekeluarga ay fans banget ma soto di tempat ini nie...mungkin juga skalian nostalgia masa kecil ya ay, ay bilang dulu waktu tinggal disini, suka kesini ma keluarganya, waktu baru - baru nyobain pertama kali ibu agak kaget dikit ma rasanya - Tauco banget.

SOTO TAUTO, Sejenis soto yang menggunakan tambahan bumbu touco yang beraroma khas, umumnya soto ini dicampur dengan daging, jeroan dan soun. (sumber dari sini).
 Trus siangnya sehabis reuni, om tobe ngajakin kesini nih, makan nasi megono ma Garang Asem H. Masduki, ini bukan yang dia alun - alun, tapi cabangnya.........., kita pilih tempat yang lesehan nih, ini pertama kalinya ibu makan Garang Asem lho..he he , sebelum penampakan garang asemnya keluar, ibu dah heuboh nanya 2, ini makanannya kayak apaan..ternyata enak dech, kayak rawon hitam gitu, tapi kuahnya encer, isinya telur, daging , nasinya campur megono (nangka muda dipotong kecil2nya) agak2 pedes....tapi tetep enak .

Garang Asem , makanan sejenis rawon tetapi bening dan berasa lebih asam dan pedas. Biasanya kuahnya ditambah banyak tomat dan didalamnya dicampur dengan daging yang biasanya adalah daging kerbau. Disajikan dalam keadaan panas dan biasanya disertai dengan telur rendang. Salah satu tempat terkenal yang menyajikan makanan khas ini adalah Rumah Makan Masduki di alun-alun lama Kota Pekalongan. sumber dari sini.


 Penampakan nasi Megono dan Garang asem serta Om ToBe

Di penutup acara di Pekalongan, tak lupa mampir ke Grosir Batik Sentono...wuih lebaran gini rame sekali, tapi karena sudah ada tambahan kios - kios baru yang ada nuansa oranyenya, jadinya gak seheboh waktu kita kesini lebaran tahun 2008 lalu, wuih..mantab dech disini batiknya bagus - bagus bener dech,.......ay seperti biasanya milihnya batik Tobal, lokasinya di Pasar Blok yang lama ..Batik yang ini gak bisa ditawar, harga pas, kalo ibu cari yang lain ajah ajah dech yang bisa ditawar,lagipula gak nemu yang cocok di Tobal engga puas dech karena bentaran banget disana....bermacam - macam model dan bahan batik serta pernak - pernik batik ..heuboh dech....sayang, waktu ibu kurang lama disini, mas dzaky ma Fai dah cape dan kita juga harus melanjutkan perjalanan kita ke tempatnya Bude di Semarang.

16 comments:

  1. wuiiiiiiiiih kerennya pake kacanmata hitam. hehhee

    aku belom pernah ke pekalongan Mbak,
    kirain cuma ada batik
    ternyata ada pantai bagus juga yaaa

    ReplyDelete
  2. garang asem tuh kaya gimana sih rasanya fit? sering baca tapi kok takut buat coba :-D

    ReplyDelete
  3. @Elsa =pantainya bagus tante, dalam tapi..langsung laut kayaknya.
    @Lidya=rasanya gimana..mirip2 rasa rawon gitu dech...

    ReplyDelete
  4. wah, harus beli batik ya kalo mampir pekalongan kota batik.. emang dari beringharjo jogja nggak dapet mbak?.. hehehe

    ReplyDelete
  5. waa seru ya... terutama makan2nya. hahaha.

    ReplyDelete
  6. asyik banget mudiknya .. pa lagi wiskulnya ya mbak .. :)

    ReplyDelete
  7. baca cerita pekalongan jd inget waktu aku kecil dulu kalo mudik pake mobil dr jakarta le yogya pasti nginep dulu di pekalongan, soalnya dulu ku nggak suka perjalanan malam hari hehe..

    ReplyDelete
  8. wah mupeng dech lihat batik2nya...naluri dagangnya langsung keluar heheheh....tau mbak ke pekalongan aku nitip untuk dijual lagi hihihihi......

    ReplyDelete
  9. @gaphe=kalo ke Yogya suka juga kok bli batik.
    @Arman,Bunda Farras= he eh, nyobain makanan2 baru.
    @Motik=asik..ayo mampir pekalongan lagi .
    @Nia=he he he, yang bakat dagang...ajarin dunk dagangnya, pengen juga nich nambah profesi .

    ReplyDelete
  10. Asyik nih perjelanannya... menyenangkan kelihatannya :)

    ReplyDelete
  11. Makanannya kayaknya maknyus...
    Pekalongan identik batik, pasti puas kalo kesana.
    salam,
    http://alrisblog.wordpress.com/

    ReplyDelete
  12. Senengnya bisa belanja batik..kayaknya kapan2 harus ke Pekalongan deh aku pas liburan nanti hehhe

    ReplyDelete
  13. @mba Lina=asik mba, apalagi gak pake macet.
    Aalris=alhamdulillah, senang ke sana.
    @mom Bintang=ayoh Mom, pulang Indo jalan2 Pekalongan..mboronggg....

    ReplyDelete
  14. saya asli pekalongan lho mbak. tepatnya kedungwuni, pekalongan selatan. jadi kangen pekalongan nih, terutama megono n taoto. sayang lebaran ini nggak mudik. insyaallah, besok kalau saya mudik kita kopdaran ya ;-)

    ReplyDelete
  15. @isma=iyah, aku dah tanya ma suamiku, dia tau kedungwuni mba isma.....Insya Allah, kapan2 ketemu ya.

    ReplyDelete
  16. wah..garang asem yahud banget tuuh...

    mas dzaky huebat tenan deh...Rafi bolong nih 2 hari ga puasa, dan sisanya nyampur 1/2 ahri ama full..hehe

    pastinya ibu belanja batiknya jg buanyak deh yaaaa :p

    ReplyDelete

ikutan yuks

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...