Monday, September 06, 2010

Rendang tuk Lebaran



Ritual rutin  di rumah neneknya DzakyFai menyambut lebaran adalah buat Rendang, tahun lalu kita gak mudik ke Semarang tapi pas nenek buat Rendang, ibu, ayah,mas dzaky dan Fai gak ada di rumah jadinya gak bantuin nenek, untuk lebaran kali ini, sabtu pagi ini ibu,nenek,TU  dari pagi - pagi dah jalan ke Pasar Perumnas buat beli daging sapi , hari itu kompakan pedagangnya kasih harga perkilo buat daging yang diperuntukkan untuk dibuat Rendang @ Rp. 68.000,- , harga dah gak boleh ditawar - tawar lagi tuh, harga pas, menurut ibu - ibu yang belanja daging juga katanya besok harga daging sapi jadi Rp. 75 ribu sekilonya.

Nah, Lebaran tahun ini berhubung kita blum  pulang mudik, kita bantuin nenek dulu, Dzaky ma Fai sibuk bolak balik nyariin koran bekas buat nyalain apinya, karena habis hujan , kayu - kayunya basah, jadi agak sulit menyalakan apinya....Mas Dzaky juga bantuin cuci  - cuci kentang yang kecil - kecil itu, nah pas apinya dah nyala..bocah - bocah ibu segera menyingkir karena kalo nongkrongin dekat2 kompor berasa sekali panasnya.
Sebenarnya pengaduk rendang yang  utama adalah TU, pas si tante tampangnya dah aneh gitu kepanasan....pas bener  ibu lagi  ke belakang ke rumah nenek....jadinya ibu bantu - bantu ngaduk sebentar, trus tak lupa dech ibu minta di foto - foto ma TU...asli ni rendang, bikinnya cape, repot bener dech, kelapanya ajah buat 5.5 kilo rendang ada 16 buah, belum bumbunya yang sebaskom gede gitu...Trus Minggunya pas lagi ngabuburit jajan di Pondok Sarapan Pagi yang bulan puasa ini bukanya sore, dan jual makanan matang kayak terong balado, telor balado, rendang dll, ibu iseng tanya Rendang disitu di jual sepotong berapa? Rp. 9000 perpotong. ternyata ...he he he ................lumayan juga yach, sayang mamanya ibu gak mau jualan..padahal rendangnya enak lho..he he , penampakan jadinya blum sempat ibu foto, soale blum kelar masak rendangnya dah ibu tinggal buat kopdar, ceritanya ada di blog Mamanya Pascal Alvin ini.

14 comments:

  1. jadi ngiler liat rendangnya mbak :) pasti enak yang bikinnya aja keren gitu ^^

    ReplyDelete
  2. @bunda farras = asli kepanasan ..jadinya pake kacamata dech he he he

    ReplyDelete
  3. bikin rendangnya musti pake kayu ya mba? pantes aja berasa panas..
    btw tuh rendah bertahan ampe berapa hari habisnya? :)

    ReplyDelete
  4. @Entik = kalo pake kayu katanya rasanya lebih enak, kalo kering awet kok.

    ReplyDelete
  5. wuiiiiiiih...masaknya ribet banget yaa..
    pake kayu bakar, itu yang bikin rasanya maknyus.
    emang beda kalo masak pake kompor biasa dengan masak pake kayu bakar...

    duuuh
    boleh dong minta rendangnyaaa

    ReplyDelete
  6. Kok sudah bikin rendang sekarang? Lebarannya masih beberapa hari, nih. *asli ngiler dot com*

    ReplyDelete
  7. Rasanya pasti enak deh kalo rendangnya di masak pakai kayu karena beda banget kalo di masak apa api di kompor hmmmmm bisa di bayangin pasti laris manis deh rendangnya ^_*
    Aku juga sudah baca postingan Lidya yang tentang kopdar, seru ya ^_*

    ReplyDelete
  8. boleh dong rendangnya dikirim ke sini..hehehehe...ditunggu yahhh kirimannya

    ReplyDelete
  9. wuih, segitu banyaknya masaknya buat dibagi-bagi ya?.. untung deh, rendang emang tahan lama, bahkan bisa buat oleh-oleh ntar kalo pada balik ke kota.

    ReplyDelete
  10. @gaphe=iya dibagi ke tetangga dekat ajah, bikinnya gak banyak kok.
    @Bintang=ha ha mam, jauh amat ke UEA
    Dian=iyah kopdarnya seru..kalo bacj to nature pake kompor..rasanya lebih mantab dan hemat gas..he he he

    ReplyDelete
  11. kemaren udah komen kok gak masuk ya?

    waaa rendangnya keliatannya mantep banget tuh... :D

    ReplyDelete
  12. @arman=makasie..bener mantap lho pas dah jadi

    ReplyDelete

ikutan yuks

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...