Wednesday, October 20, 2010

Lampu Petromaks kayak apaan?

Itulah pertanyaannya Mas Dzaky ketika ibu bercerita kalo Ibu dulu sewaktu kecil pernah mengalami masa kegelapan alias tak ada listrik, nah, ibu berjanji mau kasih tau anak - anak kayak apa  lampu Petromaks, itu jadi sewaktu nenek dan alm angku baru menikah sampai ibu berusia lebih kurang 4 tahunan, kita tinggal di daerah Pisangan, Jatinegara, Jakarta Timur, nah ibu gak inget tuh disitu dah ada listrik apa belum, seharusnya sih udah ya, kan  dekat ma  wilayah sentra dagang top banget kala itu.masak gak ada sih..nah, begitu kita pindah rumah sendiri gak ngontrak lagi...kita pindah ke Jakarta Timur juga, tapi.....waktu itu nun jauh di perkampungan, nah, pas pindah ke daerah Penggilingan itu, ibu masih inget nih kalo pas pindah kesini nih awalnya Listrik belum masuk desa.....masih gelap gulita gitu, dan yang paling ibu ingat adalah Lampu Petromaks ini, yang berbahan bakar spiritus, setiap mulai menjelang senja...pas tuh lampu mulai dinyalain...serasa ada keasikan sendiri mengamati lampu itu.   Kok cerita ibu bisa sampai ke lampu Petromak ya .....he he, sebenarnya cerita ibu juga dalam rangka memotivasi mas dzaky yang tanggal 4-8 Oktober kemarin lagi UTS......pas ibu pulang kerja, ibu mau test lagi yang mas dzaky udah pelajarin..ada ajah dech alasannya, jadi intinya Ibu mau si mas dzaky rajin belajar dan bersyukur sekarang dah ada listrik, jadi belajar malam pun terang benderang, TV gak susah harus pake aki, de el el....


ini dia gambar lampu Petromaks yang dah mulai jarang kelihatan dimana - mana :
gambar diambil dari sini
 ...komentar 2 bocah ibu itu.."ooooo kayak begitu.".

11 comments:

  1. dulu waktu aku kecil kalau pas listrik padam, yang jadi andalan adalah lampu petromaks. Pake dipompa segala..
    sekarang kayaknya tinggal kenangan tuh petromaks. yang ada sekarang orang-orang pake lampu cadangan yang dicharge pas listrik mati.
    Makanya anak-anak sekarang pada ga tau bentuk petromaks itu kayak apa hehe.., abis jarang yang punya

    ReplyDelete
  2. @Entik = iyah bener jeng....sekarang pake emergency lamp.

    ReplyDelete
  3. wah ternyata bunda sempet juga yah mengalami masa-masa kegelapan.. hehe.. seru yah bun!

    ReplyDelete
  4. Lampu petromaks jamannya aku masih kecil, kalau ujan gede terkadang listrik mati. Haduh, tanpa petromaks bakalan susah buat pe-er. Makanya di musim penghujan kita kudu buat pe-er siang hari, wakakak

    ReplyDelete
  5. Jadi inget minggu lalu pas mati lampu..minggu kemaren pas exam terakhir Farrell..malemnya tuh lampu tiba2 mati, seluruh RUWAIS (kota kecil dimana kita tinggal), lampunya mati semuanya...cuma ada lampu emergency yg nyala disetiap gedung, itupun cuma diluar gedung...biasanya kalo lampu mo mati, ada pemberitahuan dulu, kalo yg ini langsung deh mati..malem2 lagi matinya...trus papahnya Farrell pas masuk malem lagi...mana besoknya masih ada exam...lampu cadangan kita pas mati pula..yah udah belajar cuma pake senter kecil punya Farrell..

    ReplyDelete
  6. Hi Mba cantik, pa kabar neh? Maap yah baru main kesini lagi :-)

    Wah lampu petromaks mengingatkan gw waktu masih tinggal di Bintulu (di camp). Disono kan lampu mati setiap jam 11 malem, baru nyala lagi jam 5 pagi. Nah selama genset mati kami pake petromaks deh. Abis beli emergency lamp udah 3 biji rusak deui rusak deui :-(

    Salam buat Mas Fai & Dzaky. Yuks naik odong2 bareng Zahia (demenbangetnaikodong2)

    ReplyDelete
  7. kalo ditempat aku sampai sekarang masih ada yang pake lampu petromaks. itu loch abang2 yg jualan malam2 seperti bakso, mie tek-tek, ketoprak, sate ayam......trus kalo somay yg di sepeda pake lampu teplok.

    aku jg pernah ngalamin masa2 pake lampu petromaks. yg masih aku inget smpe sekarang kalau disuruh ke warung beli spirtus....sama sarung lampunya.

    ReplyDelete
  8. wah wah udah lama ga liat lampu ini.hehhee

    ReplyDelete
  9. saking langkanya,
    beberapa waktu yang lalu, waktu dateng ke sebuah pesta pernikahan, eh dapet souvenir miniatur lampu petromaks lho Bunda...
    lucu banget.

    ReplyDelete
  10. Dija juga baru tau sekarang Tante..
    hehehee

    ReplyDelete
  11. Waaa..mengingatkan ku pada masa kecil dulu. Selalu gak sabar menjelang manghrib melihat Bapak nyalain petromaks. Anak2 perlu juga ya diceritain mengenai jaman kita dulu :-)

    ReplyDelete

ikutan yuks

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...