Wednesday, April 27, 2011

ke PPI Muara Angke

Malam Minggu long weekend kemarin, kita jalan ke  Pusat Pelelangan Ikan (PPI) Muara Angke.

Suasana malam di Muara Angke, Jakarta Utara. (Foto: my-indonesia.info) 
Suasana siang,gambar diambil dari sini
 
Formasi kita kali ini, ay dan ibu, mas dzaky dan Fai, ditambah nenek, om aip, sama TU (tante Uni), kita berangkat dari rumah sekitar jam 7 malam, dan sampe lebih kurang sejaman dech dengan kondisi Jalan Jakarta yang cukup lengang karena sebagian besar penghuninya sedang berlibur ke luar kota/pulang kampung .
Datang kesini sebenarnya merupakan kali ke 2 buat kita semua (kecuali buat TU yang baru pertama kali kesini), 3 atau 4 tahun lalu berhubung rasa penasaran yang teramat sangat kita coba cari tempat ini, kalo dulu keluar tolnya salah, trus nyasarnya jauh banget dan berkali - kali nanya, kali ini perjalanan yang kita tempuh cukup lancar berkat ay yang masih inget - inget dikit jalannya...2 bocah ibu, yang kecil sempet bobo siang, yang gede anti tidur siang, dua -duanya terlelap sepanjang perjalanan dan baru bangun ketika sudah sampai tujuan, sementara ay, ibu, ma nenek mau belanja ikan dan teman-temannya ikan, 4 orang yang tersisa menunggu di tempat makan + tempat ngolah belanjaan kita.

Waktu dulu datang, dan belanja, ibu ma nenek bingung dech..kok  harganya sama ajah , padahal pasar ikan, ternyata disini nih harus berani nawarnya, belanjaan kita gak banyak sich, cuman 2 ekor ikan bawal ukuran sedang dan  1 ekor ikan baronang ukuran sedang juga sekitar 2 kiloan, beli cumi 1 kilo, trus udang yang besar2 1/2 kilo, ma kerang ijo 2.5 kilo, ibu gak gitu tau harga juga sich, cuman taunya harga cumi sekilonya di abang-abang sayur  Rp. 35 ribu.
 
Jadilah kita menikmati kerang ijo saus tiram, ikan bakar, udang goreng mentega, dan cumi goreng tepung, ditambah sambal + lalapan + nasi + minumannya variasi, ada yang milih teh botol dan ada yang milih air kelapa yang langsung saji pake buah kelapanya itu..

Untuk  yang terbiasa makan di restoran ,mungkin tempat ini gak menarik , karena pasar ikan, jadi becek gitu tempatnya, dan tempat makannya itu bagian depannya dipergunakan buat bakar ikannya, jadi asap bakaran ikan mengepul sampai masuk ke tempat kita duduk..belum lagi kalo tetanggaan lesehan kita ada yang merokok.....

Tapi sekali - sekali nyoba yang kayak gini asik juga kok, 2 bocah ibu sih nampaknya no problema ajah dech, asik - asik ajah, kalo mas dzaky memang makannya dari dulu dikit, jadi makannya dengan kalem seperti biasa, sementara fai, sudah disediakan sendok, heuboh minta ini minta itu, minta disuapin juga, tapi nyuap sendiri juga, cicip sana cicip sini, sampe belepotan kemana-mana dech tuh, makan pake tangan kanan, kiri ikutan, trus pake garuk-garuk kepala pulaks, he he he seru dech.....o iya tips kalo kesini, lebih nyaman pakai sandal jepit dan celana pendek, dan anak-anak sebaiknya bobo siang dulu yang lama biar gak ngantuk.

35 comments:

  1. puas banget ya makan di Muara Angke.apalagi aku suka banget sama ikan

    ReplyDelete
  2. naaah.. yg paling aku kejar, makanannya itu. Wiih rasanya bisa puas-puasin makan seafood kl ketempat seperti "pusat jajanan serba ikan".

    ReplyDelete
  3. wiihh yuummyyy banget nih .. belon kesampean nih kesana mbak .. :D

    ReplyDelete
  4. ini namanya mah seru banget, maan ikan langsung dari TPI,. jelas masih seger laah habis dari tangkapan trus diolah.
    saya jadi inget di Jogja ada juga tempat seperti ini di depok, beli langsung bakar.. emang sih, tempatnya jorok. namanya juga basah-ikan dan amis baunya. hahaha

    ReplyDelete
  5. Pastinya kalo ke sana siap2 dari rumah perut di kosongin supaya muat makan banyak ya hehehehe

    ReplyDelete
  6. Di aceh ada juga beginian mbak, tp ga segede ini tempatnya

    ReplyDelete
  7. asyikkk...ada liputan ttg PPI Muara Angke, dari duluuu pengen nyobain ke situ, tp blum jadi jg sampe skr, terima kasih liputannya Bun

    ReplyDelete
  8. gua cuma pernah sekali makan di muara angke ini. duh jadi laper sekarang.. pengen makan seafood. huahahaha

    ReplyDelete
  9. Waaaahhh ekye paling demen Mba sama yang beginian. Tar ah kapan2 kalo mudik nyoba maen kesono. Duh pagi2 dah kudu ngelap iler neh ngebayangin betapa segernya ikan2 disono. Nyam ... nyam ... nyam ...

    ReplyDelete
  10. pengen ..pengen .... disini jauh ke TPI ..

    ReplyDelete
  11. aku aja yg deket belum pernah kemari mbak....lihat lokasinya yg seperti itu, kayak2nya suamiku ngga akan suka sm tempat ini, soale dia paling sebal kalo ada asap ehhehe....

    ReplyDelete
  12. Waaaaaa.....aku mau dong ikutan makan sefood...

    ReplyDelete
  13. tempatnya emang gak enak di pandang, tp makan di sana puas. Malah sy suka makan di dadap. Wuihh jalan kesana gak akan ngebayang deh ada resto sea food yang enak.

    ReplyDelete
  14. @ke2nai=wah dadap disitu juga bun..xi xi , kita malah gak tau nama tempatnya..

    ReplyDelete
  15. @ibunya chusaeri=iyah bu..cobain dech

    ReplyDelete
  16. @Nunik Achmad=hayooo nik..Fikri pasti seneng liat2 ikan.

    ReplyDelete
  17. @Nia=he he mom..dikau deket bgt yach yang jualan ikan, mupeng bgt pas postingan mom nia yang jual ikan di depan gang ajah ada...

    ReplyDelete
  18. @dey-he he sekali2 jalan2 yang jauhan bu.

    ReplyDelete
  19. @Zulfadhli's Family=xi xi xi, lagi ngebayangin Bunda Zahia ngelap ngiler nich...

    ReplyDelete
  20. @Arman=wah jadi ikutan lapar juga nich

    ReplyDelete
  21. Petualangan yang seru, tuh. Sekali-kali makan ikan segar di luar. Aku baru tahu jika di sana bisa wisata kuliner juga. ;)

    ReplyDelete
  22. @susindra=iya jeng..seru juga.

    ReplyDelete
  23. @Nova=bagi dunk cerita di Aceh nya

    ReplyDelete
  24. @Dian=he he engga mba, makan dulu dikit biar gak maag
    @Gaphe=iyah, basah2an gitu trus bau ikan..
    @Bunda Farras=ayo bunda, cobain dech
    @Inda Bunda Farrel=iya bunda, surga buat para penggemar makanan laut .
    @Lidya=aku yg gitu suka ajah jadi suka mom, bener bgt.

    ReplyDelete
  25. seruu yaaa, fresh ikannya, saya juga suka tuh makan ikan, baru denger2 aja tt muara angke ini

    ReplyDelete
  26. @Dina.thea=ayo bunda kalo Bandung penuh, jalan2 ajah gantian ke jakarta.

    ReplyDelete
  27. Haduh, mbak, bikin saya keinget sama Manado, di mana kita bisa makan ikan yang habis ditangkap...rasanya sueger dan super uenak...

    Saya juga seneng mbak maen ke tempat2 kayak gini..seruuu...makanya saya menikmati belanja di pasar tradisional yang becek. O ya, kalo di sini cumi harganya sekilo 30ribu, mbak :D

    ReplyDelete
  28. makan ikan seger, rasanya lebih enak :)

    ReplyDelete
  29. dari dulu cuma denger namanya aja
    ternyata, kayaknya asik juga y mbak
    kalo mau bawa anak2 sepertinya perlu bala bantuan lebih deh :D

    ReplyDelete
  30. wah Mbak...
    dari dulu aku pingin banget kesana, setiap ke jakarta, sibuuuk terus. gak sempat sempat...

    pingin tau banget, kayak apa sih gitu
    alhamdulillah bisa ngerti sekarang berkat postingan ini, rasa penasarannya sedikit terobati hehehe

    ReplyDelete
  31. @Allisa Yustica Krones=ikan yang baru rasanya lbh enak, palagi dibakar yach..

    ReplyDelete
  32. @Entik=iya jeng benar
    @Dewi Citra=he he iya, mungkin harus ajak nenek or tantenya biar rame2 makannya lebih seru

    ReplyDelete
  33. @Elsa=asik juga Elsa, keluarnya di Pintu Tol Pluit...kalo jadi kesana ya.

    ReplyDelete

ikutan yuks

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...