Sunday, September 23, 2012

Periksa mata (harusnya) berkala

Tepat di tanggal 8 bulan 8, disaat puasa hari ke 19, ibu ma ay dan mas dzaky serta fai  mampir ke optik dengan rencana mau ganti kacamata si mas dzaky, setelah di periksa di optiknya, kita disarankan ke dr mata lagi, berhubung ada promo diskon 40 % untuk pembelian harga yang tertinggi dari bingkai atau lensa untuk kacamata berikutnya, jadilah ibu pilih-pilih kacamata hitam yang keren dengan pesan ke mbanya, nti abis dari dr mata, kita kesini lagi beli kacamata si mas dzaky sekaligus kacamata hitam itu.
Langsung meluncurlah kita ke RS Mata di daerah kuningan sana, mas dzaky daftar dan ibu sekalian daftar pasien baru alias mau periksa juga karena ibu menduga mata ibu kayaknya ada something wrong, kalau ngetik banyak angka yang suka meleset dan kayaknya pegel - pegel gitu matanya, jangan - jangan udah plus nih matanya sementara  ibu  terakhir periksa matanya kayaknya 18 atau 20 tahun yang lalu deh di RS dekat rumah dengan hasil cum laude, cuma alergi aja matanya.  Ternyata oh ternyata, bagaikan petir disiang bolong, ibu divonis mata kanan bagus dan mata kiri minus 1.75,yah gak jadi deh beli kacamata hitamnya.... sementara mas dzaky mata kanannya terkoreksi dari minus 3 jadi minus 2.5 sementara mata kiri tetap silinder 1 dan minus 1.  Langsung deh ibu dibuatkan resep untuk berkacamata dan dipluskan diomelin ma drnya, si mas ketauan berkacamata dengan minus yang sudah sangat besar, sementara ibu juga kemampuan mata kirinya dah payah dah minus segitu baru datang periksa...iih galak deh drnya.

Tips mengecek mata sendiri dari dokter mata :
untuk mengecek mata kita sendiri dengan menutup salah satu mata kita secara bergantian .

kita bisa lebih aware kalau ada apa-apa dengan mata kita, ibu berhubung mata kanan masih bagus, begitu ditutup mata kanan, baru deh berasa yang kiri sudah blur gitu, kalo mata kiri yang ditutup masih jelas kelihatan, dengan periksa mata sendiri maka kita bisa mencegah sebelum minusnya banyak,  ataupun kita bisa mengetahui jika mata kita sudah minus atau plus (walaupun kata beliau plus mulai usia 40 tahun, tapi ada juga lho yang masih 30 tahunan sudah plus matanya). dan untuk kakak Fai , supaya tidak kecolongan, kalo dah mulai lancar membaca dan menulisnya harus diperiksa secara teratur minimal 6 bulan sekali (hmm sama ya anjurannya dengan dokter gigi), dipikir-pikir kok drnya benar juga ya lebih baik tau lebih dini daripada sudah terlanjur,mudah-mudahan saran Ibu dokter bisa Ibu patuhi dan jangan deh kak fai sama raffa ikut2an kacamataan kayak ayah, mas dzaky dan ibu..enggak enak banget deh pakai kacamata itu, iya khan temans??

Akhirnya kacamata hitam dipending dulu, kacamata yang ini lebih penting.  Berikut penampakan ibu pakai kacamata baru, biar gak enak tetap harus dipake nih, kudu, kudu kudu biar gak cepat nambah minusnya.


26 comments:

  1. iya, ga enak bangets pake kacamata minus..
    saya yang seharusnya pake, kadang malas banget kalau pake kacanata hehe..
    wah penampakan si ibu dengan kacamata baru kereen dewh

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he iya nih jeng..gak enak bgt ..rasanya aneh gitu deh

      Delete
  2. awwww awwww nambah temankuh, cakep bu hwhewhewh

    ReplyDelete
  3. Anak-anak ini memang wajib ya rutin diperiksa matanya. Soalnya selain baca, nonton tv juga harus diwaspadai bisa merusak mata...
    Kalau aku minusnya 0.25, juga silindris. Tapi gak pakai kacamata, gak usah kata Dokternya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mama vaya, pakai tab or ipad juga kan anak2 sekarang, belum yang mainin game di hape ya..

      Delete
  4. si andrew dulu awal2 pake kacamata pas umur 2-an udah ada plus lho. tapi terakhir ngecek lagi baru2 ini plus nya udah ilang. jadi tinggal silinder nya aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah anak 2 tahun dah ada plusnya ya.....bagus ya bisa ilang, andrw dah silinder berapa matanya nih..

      Delete
  5. Ane emang bandel kalo urusan kaca mata ini, dulu dokternya bilang kalo mata dah silindris harus pake kaca mata terus.. bukannya apa, ane telalu cakep kalo pake kaca mata ke mana2 :D, makanya males pake. pake kaca mata cuman pas nonton film pake text terjemahan aja :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. BAGUS ATUH PAKAI KACAMATA TAMBAH CAKEP...

      Delete
  6. Kalo aku ngerasa wortel itu manfaatnya luar biasa buat kesehatan mata mbak. Soalnya dulu jaman sekolah sampe kuliah yang mana aku suka bergadang semalaman bikin aplikasi, mamaku selalu bikinkan jus wortel, dan sampe sekarang mataku sehat. Aku taunya sehat karena di kantor juga kan suka ada pemeriksaan mata berkala gitu, jadi tiap kali diperiksa, hasilnya mataku baik-baik aja...

    Moga mas Dzaky minusnya bisa turun ya mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mama raja, sekarang dirajinin minum wortelnya..mdh2an bisa turun ya minusnya, amin

      Delete
  7. kl minus gitu bs berkurang gak sih mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo kata dr matanya engga bun, tapi masak engga bisa ya...andrewnya koko arman plusnya bisa hilang

      Delete
  8. Betul sekali tuh, tanpa periksa secara berkala tiba2 saja minus dah nambah tanpa bisa dicegah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya harusnya sih periksa mata teratur ya

      Delete
  9. Waaahhhh,, aku malah dah bertahun-tahun gak periksa mata :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo gak ada keluhan sih gak pa pa gak periksa.

      Delete
  10. aku suka banget sama blognya..
    isi blog dan postinganya bagus, menarik dan bermanfaat sakali..:)
    jangan lupa untuk terus menulis menulis yaa..^_^

    oia salam kenal
    kalau berkenan silahkan mampir ke EPICENTRUM
    folloback juga ya buat nambah temen sesama blogger,,tukeran link juga boleh,,makasih..^_^

    ReplyDelete
  11. lebih baik menjaga daripada mengobati.
    sulit juga ya menjaga mata minus agar tidak nambah minusnya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul bgt...lebih baik mencegah daripada mengobati

      Delete
  12. Untuk skrg gmn perkembangan minus dzakynya, bu

    ReplyDelete
    Replies
    1. silendernya nambah terus, minusnya nambah dikit2 Pak, tiap tahun kt selalu periksain

      Delete

ikutan yuks

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...