Friday, November 23, 2012

ASI Perah , belanja dan LDR

Setelah hampir - hampir mau putus asa, karena hasil perahan ASI turun drastis, akhirnya ........hasil perahan ASI mulai banyak lagi....hmmm, sebenarnya harusnya gak  boleh hampir mau putus asa ya, kan harus positive thinking, harus yakin kalo ASI yang didapat pasti cukup, cukup, cukup, lagipula Ibu kan masih punya banyak stok ASI di Freezer, hmm gak banyak – banyak banget sih, Raffa usia 10 bulan sekarang ini masih ada sekitar 30 an botol saja, 10 ibu taruh di freezer rumah dan 20 botol lagi ibu titip di kulkasnya Nenek, Ibu agak-agak parno karena kulkas Ibu, freezernya pernah rusak, semua batu es yang ada lumer, ice gel ibu mencair...dan untunglah sebelum terlambat, ibu masih sempat menyelamatkan botol-botol beku ASIP lebih kurang 30 botol.
Ibu dah rutin makan sayur katuk, minum vitamin pelancar ASI, rajin beli kacang  edamame, kacang bogor, kacang Garuda…..rajin makan tape dan kalo beli camilan gorengan pasti tape keju deh.., minum susu juga rajin..(kalo susu sih biasanya ibu barengan sama dzaky dan Fai susu ultra..minum air putih juga dibanyakin, tetap ajah ASI perah seret…sempat terpikir juga gimana nih kalo gak keluar sama sekali…, Ibu juga rajin buka mommies daily, dan googling-googling tentang masalah ini sama tanya ke email ibu – ibu yang pastinya pro asi….hmm, kesimpulannya :

-         Jangan pernah membanding-bandingkan hasil perahan ASI kita dengan orang lain, yakinlah kalo hasil Perahan yang kita dapat itu pasti cukup untuk bayi kita.
-         Selalu bersyukur berapapun hasil perahan ASI yang dibawa pulang hari itu.

Menarik kesimpulan seperti itu sih mudah ya, nah yang susahnya itu realisasinya tuh…………..pas dapat sedikit banget, walau bersyukur tetap ajah kan mikirnya pasti yach jadinya kan minus nih, stok ASI keluar terus, yang didapat hari ini gak cukup buat besok.
Ibu biasanya memberikan ASI Perahan yang hari ini, diberikan ke Raffa besoknya, jadi ASIP beku hanya keluar pas hasil perahan ibu kemarinnya gak cukup untuk hari ini, jadi semacam cadangan gitu, dan supaya gak kelamaan didalam freezer,  setiap Senin, Ibu selalu mix ASIP yang dikulkas bawah yang biasanya didapat dihari Minggunya dengan ASIP beku, jadi ASIP beku sebelum sampai 2 bulan di freezer biasanya sudah habis, jadi tidak ada yang terbuang.  Sayang deh kalo ada yang kebuang, mengumpulkannya sudah dengan susah payah. 

Jadi berasa gak pedenya deh, kalau teman-teman Ibu liat hasil perahan ASI Ibu yang dikit.  Sebelum ketemu dan kenalan sama si LDR ini, ibu dah mencoba cara-cara, perbanyak minum vitamin ASI, biasanya sekali jadi 3 kali, trus makan daun katuk gak pernah Absen, minum susu juga, yang terakhir dibela-belain nyari daun bangun – bangun yang dipercaya bisa meningkatkan produksi ASI, lebih hebat dari daun katuk….Daun bangun-bangun dapat, gak usah jauh-jah nyari di Pasar Senen, di Pasar Perumnas Klender juga ada…..harganya seikatnya Rp. 18 Ribu..

begini penampakan daun bangun - bangun :

Gambar diambil dari Plantamor.com

 











Dan daun bangun-bangun yang jempolan juga tidak berhasil meningkatkan produksi ASI, wah pusing deh.......trus ada artikel bagus yang ibu temukan di mommiesdaily.com, judulnya @ID_AyahASI: Membantu Istri Menyusui= Menyenangkan!, yang jadi perhatian ibu pada bagian yang ini nih :

Jadi, apa yang bisa kita – para suami – membantu istri dalam proses menyusui agar ASI tetap lancar dan bisa sukses hingga 2 tahun atau lebih?
Beberapa hal ini mungkin bisa dicoba:
  • Be A Nice Personal Assistant, jika sedang ada di rumah atau pulang kerja, terlibatlah dalam mengurus bayi, menggendongnya, membuat dia tertidur, menggantikan popok, ngajak ngobrol, bermain dan lainnya. Biarkan istri kita beristirahat sebentar. Kalo kita pulang ke rumah untuk beristirahat, lalu istri kita harus pulang kemana untuk beristirahat?
  • Be A Google Man, menyusui banyak tantangannya, mulai dari puting lecet hingga hasil perah yang mungkin menurun. Cari tahu dan banyaklah membaca tentang ASI dan Menyusui, istri kita pasti nggak punya cukup banyak waktu untuk membaca atau riset tentang ini. Gunakan teknologi untuk membantu, follow akun twitter yang berkaitan dengan menyusui.
  • Make your own surprise, istri selalu senang dengan kejutan kecil yang berarti. Yoih, kita nggak perlu membelikan dia tas Hermes dan LV terbaru atau satu setel daleman Victoria’s Secret untuk bikin dia senang. Tapi cukup membuatkan istri sarapan, makan malam atau sekedar memberikan pijitan tanpa diminta. Atau berikan waktu untuk menikmati waktunya sendiri di salon selama seharian. Rasa senang akan membuat hormon oksitosin meningkat dan ASI menjadi lancar.
  • Be A Guardian Angel, di Indonesia ada begitu banyak mitos seputar menyusui yang bisa memengaruhi semangat seorang ibu. Suami harus menjadi benteng pertahanan istri dari segala serangan mitos tersebut. Suami bagaimanapun adalah benteng terakhir seorang istri, jangan biarkan dia merasa berjuang sendirian mengurus anak. Percayalah, menjadi orangtua bukan tugas seorang istri. Menjadi orangtua bukan pekerjaan atau profesi, karenanya adalah tugas seorang suami dan istri untuk menjadi orangtua dan mengurus anak.
  • Best Nurse Ever, menghubungi dokter atau konselor laktasi mungkin akan memakan waktu agak lama ketika istri menemuai tantangan dalam menyusui, apalagi ketika puting lecet atau halangan lainnya. Cari tau segala hal tentang common problems pada menyusui dan cara mengatasinya. Jadilah perawat no.1 bagi istri ketika menyusui.
Nah, langsung deh, kirim email ini ke ay, ay langsung respond...dan ibu langsung menterjemahkannya dengan terjemahan Ibu sendiri.  Pengertian ibu pas abis baca ini, wah berarti hormon Oksitosin Ibu terhambat, jadi harus apalagi yah?..Yess , ada yang belum dilakukan, yaitu belanja, bukankah belanja membuat senang dan  nanti hormon Oksitosinnya kan bisa bekerja dengan baik untuk memproduksi ASI, jadi gak usah nunggu kejutan kecil dari ay,  pas disampaikan ke Ay, beliau setuju – setuju ajah lho, mulailah Ibu berbelanja, banyakan yang  online, pesan ini, pesan itu, he he he banyakan sih pesanan Ibu baju menyusui,  Jadi judulnya belanja tetap yang ada hubungannya ma kepentingan ASI dunk…ada juga sih yang engga, kayak beli baju anak-anak dan beli dompet,tas, shawl.

Belanja online sudah, pas perah ASI masih aja seret..nah lo, pas ibu liat-liat catatan ASI dikantor, ada pola yang keliatannya setiap bulan hampir sama, apa itu…ternyata menjelang datang bulan, ada kecendrungan kalo ASI Perah yang dihasilkan menurun, jadi Ibu masih berusaha tenang, oww ASIPnya cuma dapat dikit tidak apa – apa, nanti juga normal kembali.

Masih seret juga setelah itu, hua hua hua sedih banget deh rasanya, Ibu yang masih ada stok ASI yang lebih kurang mencukupi saja bisa begini galau….gimana yang kejar tayang yaks ( jadi ingat dulu pas fai pakai sistem kejar tayang ini)


Mulai  2 minggu lalu, tepatnya Rabu tanggal 7 November 2012.  Ibu cari-cari di mbah google dan menemukan Artikel ini, Judulnya Triks memancing LDR )Let Down Refleks), sebelumnya dah pernah ketemu artikel seperti ini:
Waktu itu  Ibu tidak pernah memperhatikan,  mungkin karena waktu itu masih belum butuh. Wah, beneran lho…..begitu dipraktekan, hasil perahan ASI Ibu banyak lagi, ibu bisa bawa pulang 2 kali lipat dari perahan biasanya pas lagi gak seret, dan malahan kalau dibandingkan hasil perahan  pas lagi seret, ASIP yang didapat bisa 3 kali lipatnya ya, ibu pernah sedih sekali cuma  dapat total 130 ml untuk 2 kali perah ASI dikantor, untuk mendapatkan 50 ml ajah lamanya, baru 2 jam bisa dapat segitu.

Benar banget, dengan mempraktekkan cara memancing LDR, memerah ASI jadi lebih cepat dan lebih menyenangkan, mungkin setiap orang beda-beda waktu pas LDRnya datang, ada yang sampai 4 menit, Ibu sendiri  hanya mendapatkan LDR 1-2 menit saja, tapi bisa 3-4 kali sekali waktu perah ASI. 


Perahan ASI dikantor 19-11-12 saat usia Raffa 10 bulan 7 hari 

Hayoo ibu - ibu yang lagi perah ASI, dicobain tips ini yuks, insya allah ASInya banyak lagi.
Ini dia bocah  yang minum ASIP

16 comments:

  1. beda orang kan ya jadi jangan disamakan :) sugestikan ASInya banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Lidya, apalagi kalau lagi lelah dan banyak yang dipikirkan, suka seret deh produksinya .

      Delete
  2. huaaaa, ini bener banget.. baca di fb aimi kalo booster ASI tuh sebenernya ngga ada ya mbak :(( mo makan apa aja kalo kitanya bete ya tetep aja ga mancur huhuhu... btw kalo bukan mama perah, LDR perlu juga ga sih buat yg langsung nyusui gitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau buat mama perah sih biasanya otomatis mancur sendiri, karena refleks sedotan babynya mba ge....

      Delete
  3. kirain LDR nya long distance relationship. hehehe.

    moga2 lancar terus ya asi nya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he Long Distance Relationshipnya udah lewat, dulu banget pernah....

      Delete
  4. pengalamanku dulu makan duren mbak yg bikin asi moncooorr

    ReplyDelete
  5. wah duren ya Bu..beda2 ya masing2 orang

    ReplyDelete
  6. iya setuju banget dgn pernyataan "jgn membanding2kan hasil perahan ASI kita dgn org lain", rumput tetangga kliatan lebih hijau yaah hihihi.... semangat pumping ibuu..moga tambah byk asipnya, Aamiin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin, makasi ya....mdh2an tetap semangat nih

      Delete
  7. Semangatttt mbak.... Raffa udah 10 bulan ngga kerasa ya. 2bulan lagi udah bisa icip-icip UHT :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, makasi ya, mudah2an selalu semangat ...

      Delete
  8. aaaaaaaaaa
    such a nice sharing
    meskipun belum menyusui
    hehehhe
    semoga bisa bermanfaat ke suatu saat nanti
    thanks mbak :D

    ReplyDelete
  9. Ahh..jadi kangen masa2 itu lagi bu, merah di kantor :-). Semangat bagi para busui yang bekerja di luar rumah ya :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya moga2 busui yg bekerja diluar rumah bs terus semangat ya pumpingnya

      Delete

ikutan yuks

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...