Wednesday, December 05, 2012

Raffa si anak Bawang (anak bau bawang)-daun saga dan daun jarak

Raffa terbilang bayi yang anteng, setelah diopname 5 hari  karena kuning pada usia 13 hari, Raffa semakin pintar mimi asinya dan setelah 6 bulan mamnya pun pandai, Raffa kayak ngerti deh, gak enak berpisah sama ibu dan ayah juga abang-abangnya ya .  Sekali waktu  Raffa agak sumeng, pas imuniasi,  dsa gak jamin gak panas walaupun imunisasinya yang katanya gak bikin anak panas, cuman bilang 90% anak sih gak panas, sekali ajah Raffa agak sumeng karena suntiknya borongan paha kanan dan paha kiri, sumeng  bentar sore, malamnya suhunya sudah kembali normal lagi. 

Pada saat Raffa gak enak badan dan suhunya agak naik, biasanya ibu cobain dulu untuk kasih parutan bawang merah, minyak telonnya Raffa  dicampur bawang parutan ini, alhasil kak Fai yang biasanya suka gangguin Raffa langsung kabur gak jadi ngedeketin, dan pasti teriak gini " Raffa bauuuuu bawanggggg " he he he.  Kebanyakan balur bawang ini berhasil menurunkan suhunya Raffa, kalau gak berhasil baru Ibu beralih ke Parasetamol.

bawang +kencur untuk raffa
Saat usianya 2-3 bulan Raffa pernah bolak - balik ke dsa karena batuk-batuk berkerpanjangan, hmmm batuknya jelas - jelas ketularan si kak Fainya karena pas kakanya batuk, kakanya suka sengaja ngebatukkin Raffa...(waktu masih jealous banget tuh), rasanya gak rela juga kalo dia harus minum obat batuk dan juga gak tega mendengar dan melihatnya terbatuk-batuk gitu.
Waktu ibu cuti nemenin Raffa dirumah karena Raffa batuk-batuk, saat usia Raffa 9 bulan 10 hari, Ibu dibilangin tetangga seberang rumah untuk kasih Raffa daun saga, dan disuruh petik sendiri dirumahnya karena dia punya, dia bilang dicuci bersih, trus diperas, hasilnya cuma dikit saja, dan diminumin ke Raffa,ibu pikir gak pa pa lah cobain, kan obat tradisional ....satu hari dua hari tiga hari coba, Raffa sembuh lho. 


Satu daun lagi yang pernah dipakai Raffa yaitu daun jarak, pas baby banget usia sampai dengan 3 bulan, Raffa suka sekali mengalami perut kembung, biasanya baby rewel sekali ya kalau perutnya kembung, Raffa rewel sih tidak, cuman dia keliatan gak seceria biasanya, daun jarak bisa digunakan untuk mengobati perut kembung, daunnya dicuci bersih trus di hangatkan diatas api gitu..lalu ditaruh diperut bayi, dicoba beberapa kali tiap mau mandi, kembung pun hilang dan Raffa pun ceria lagi.

  
Raffa  with Ibu, pict taken 26-10-2012, sehabis sembuh dari batuk

14 comments:

  1. duh kasihan Raffa, mudah2an sekarang sudah sehat ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah raffa baik2 aja sekarang jeng

      Delete
  2. moga2 raffa sehat2 terus ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin, terimakasih ya dadynya Andrew-Emma

      Delete
  3. aku juga ga suka bau bawang. dulu kalo makan sayur bening ada irisan2 bawang ato daun bawangnya langsung dipisah2in trus dibuang hehe.. Sejak nikah kan kudu masak tuh ya, baru deh diberani2in cium bau bawang, Alhamdulillaah sekarang tak masalah dengan dunia perbawangan ahahaha...

    Sehat selalu ya Raffa sayang ^__^

    ReplyDelete
    Replies
    1. dulu berarti kayak Fai ya Jeng ..gak suka bau bawang he he he he

      Delete
  4. kl daun saga sm daun jarak blm pernah coba mbak.. tp kl parutan bawang merah + minyak telon memang jd andalan sy juga kl anak lg panas pas bayi.. emang ampuh ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he iya itu yang daun saga dikasi tau tetangga sementara daun jarak usulan yang bantu dirumah merawat Raffa jeng, untuk raffa sih manjur jeng.

      Delete
  5. ikhfan juga sering tak kasih campurab parutan bawang merah dan minyak telon kalau lagi kembung atau ga enak perut. Nah kalau masalah daun jarak saya pernah punya pengalaman yang menggelikan. Waktu itu usia ikhfan sekitar 3 bulan dan hampir 10an hari tidak pup. Saya rada resah juga sih, padahal kalau ASI eksklusif katanya ga papa. Trus ada temen kantor yang kasih saran untuk kasih ikhfan daun jarak yang dah diolesi minyak goreng untuk "ditapelkan" di perut dan punggungnya. Agak ragu, tapi saran teman itu tetap saya lakukan.Tapi tetep aja ikhfan tidak pup hehe...
    Baca postingan ini jadi tahu juga cara memanfaatkan daun jarak buat bayi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he he jadi daun jaraknya ditempel supaya Pup ya?? he he he ..kalau dah mam mending kasih buah2an ajah jeng kalau gak pup

      Delete
  6. Waaah, sama niy caranya, dulu wkt Bhima (25bln) masih bayi klo kembung dipakein daun jarak, dan emang ampuh, klo kayaknya masuk angin, dibalurin parutan bawang + minyak telon :D *salam kenal lagi* :)

    ReplyDelete
  7. Jadi daun saga bisa buat obat batuk ya mbak? Thanks buat infonya ya mbak...

    Kalo bawang, sama juga Raja sering dibalurin sama bawang bakar, hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya...jeng bs buat Obat batuk....

      Wah, Raja bawangnya dibakar ya, ternyata banyak juga yang masih pakaikan anaknya bawang ya..

      Delete

ikutan yuks

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...