Friday, January 11, 2013

Perlengkapan Menyusui, Sertifikat ASI

Ibu ketemu artikel ini dan sekalian mau sharing dan nostalgia pengalaman Ibu pas menyusui Fai dan Raffa .



7 Perlengkapan Menyusui untuk Ibu Bekerja

1. Pemompa ASI
Bagi Anda ibu bekerja, pemompa ASI pastinya sangat dibutuhkan. Pilih pemompa yang paling membuat ibu merasa nyaman dan tidak sakit. Pemompa ini ada dua pilihan, elektrik dan manual. Tips memompa ASI, pernah wolipop tuliskan di sini.

Waktu jaman Fai dulu, karena masih belum pede untuk perah ASI, ibu beli Breastpump Medela Mini Elektrik, di Suzana Baby Shop Kelapa Gading, sekitar 6 tahunan yang lalu kalau gak salah harganya sekitar 600-700 Ribuan, dan jaman itu ibu belum kenal belanja online.. ... dan baru beberapa hari dibeli, ibu balik lagi ke tokonya komplain karena bingung katanya pompa sedot ASI kok gak bisa buat nyedot ASI, bisa tapi sedikit banget hasilnya kalo bayangan ibu kan hasilnya banyak ...he he he sampai akhirnya ke Service Center Medelanya, ternyata breastpumpnya gak rusak..., Ibu belum ada inet di rumah  dan belum punya bebe atau tab atau ipad atau sebangsanya jadi minim informasi.  kalau menurut Ibu, pake Breast Pump enaknya pas 3 bulan setelah cuti melahirkan saja, setelah itu kayaknya jadinya kurang maksimal dan mesti steril pas mau dipake, enaknya kita gak pegal tangannya dan pas merah Asi masih bisa tangan yang satunya browsing-browsing, untuk Raffa, ibu gak pake pompa lagi, cari yang praktis, pakai tangan saja, praktis banget tinggal cuci tangan saja.

Gambar dari Postingan Gadgetnya Ibu

2. Apron/Nursing Cover
Sejak beberapa tahun belakangan ini, apron menyusui semakin tren di kalangan ibu-ibu. Anda pun bisa menggunakannya saat akan memerah ASI di kantor atau dimanapun Anda berada.

Kalau nursing Apron ini, ibu gak pernah pakai, karena dah pakai Jilbab yang menutupi dada, menyusui dimanapun aman-aman saja, ibu biasanya pakai kaos yang menyusui, Ibu beli online di Studio 3 F, jadi lebih mudah menyusui kalau lagi jalan-jalan sama Raffa.


3. Freezer
Freezer ini sangat penting untuk Anda yang memiliki stok ASI berlimpah. Ketimbang freezer di dalam lemari es, freezer khusus bisa menampung lebih banyak ASI Perah (ASIP) dan lebih tahan lama dinginnya. Sekarang ini Anda pun tidak perlu membelinya, ada beberapa orang yang menyewakan freezer tersebut.

Nah, yang ini Ibu juga gak sampai sewa atau beli freezer lagi, ASI Perah yang didapat cukup untuk Raffa, gak sampai berlebihan gitu.

4. Botol atau Plastik ASI
Setelah dipompa atau diperah, ASI sebaiknya disimpan di botol kaca yang tertutup rapat sebelum disimpan di freezer. Selain botol kaca, ibu juga bisa menggunakan plastik ASIP (ASI Perah).
Gambar dari Asibayi.com

 Gambar dari Asibayi.com

 Gambar dari Asibayi.com

Kalau Jaman menyusui Fai, ibu banyak beli botol Pigeon buat wadah penyimpanan, trus pake botol UC 1000 dengan tutup Zestea, waktu itu pas banget si ay lagi hobi minum UC 1000, kalau Zestea nya sih ibu yang sengaja beli buat tutup botolnya UC 1000 ini.  Ibu baru tahu pas masuk kerja kalau botol ASI itu ada yang jual..he he he.. pas kepepet dulu, ASI banyak, dan wadah botol Pigeon dan UC 1000 dah pada penuh, ibu sempat beli 20 botol ASI kaca yang tutup plastik putih di RS Carolus, kalau jaman Raffa, berhubung botol-botol ASInya Kak Fai dah gak ada lagi, Ibu pake botol ASI kaca baby Pax sekitaran 30 buah trus ternyata kurang, jadilah belanja online pas masih baru lahiran Raffa dulu Ibu beli botol kaca tutup karet dan kantong ASI  di Asibayi.com.

5. Cooler Bag
Tas ini penting untuk membawa ASI yang sudah diperah saat ibu pulang dari kantor ke rumah. Pilih cooler bag yang bisa memuat semua perlengkapan ibu, seperti pemompa dan botolnya, botol tempat ASIP serta ice pack.


Sebelum punya Cooler Bag jaman menyusui  fai, ibu pake termos lion star gitu dan tiap sore mau pulang kerja, Ibu beli es batu dan minta diancurin, merepotkan, berat dan gak praktis banget...hi hi jadi malu kalau inget deh, kalau yang sekarang pake cooler bag yang beli di Asibayi.com.

 
 Benda ini berguna agar ASIP lebih awet dinginnya. Langsung taruh ice pack atau gel pack begitu ibu tiba di kantor. Saat ibu pulang, taruh ice pack di dalam cooler bag bersama ASIP (ASI Perah). 


 Gambar dari Asibayi.com


 Dulu Ibu cuma punya satu blue Ice besar beliinya sekalian ma tas biru tua dibeliin sama teman chatt Ibu dulu Mba Dewi Istiningrum. sekarang Ibu punya Ice gel dua, satu besar, satu kecil.  

 Breast pad dibutuhkan untuk menyerap ASI ibu yang berlebihan dan bisa kerap keluar secara tiba-tiba. Dengan menggunakan breast pad ini, baju kantor ibu bisa terhindar dari basah. Breast pad biasanya dilengkapi bantalan yang dapat menyerap ASI dan digunakan sekali pakai

Pada saat 3 bulan pertama, biasanya ASI masih rembes rembes ketika menyusui yang sebelah kiri, kanan menetes dan juga sebaliknya, kalau dulu pas Fai ibu selalu pakai yang breastpadnya Pigeon yang sekali Pakai, kali ini selain pakai yang Pigeon , ibu dah siap-siap sebelum lahiran untuk beli breastpads avent dari phillips yang washable, lebih enak dan lebih hemat yang washable  menurut Ibu.

Kalau untuk perlengkapan bayi yang di beli di Toko Baby cuman dikit sie, kalau baju-baju baby dan boks bayi serta stroller Ibu dah gak punya lagi, tapi ternyata Ibu masih simpan popoknya dari jaman mas dzaky dan kak Fai dulu, jadinya cuma belanja ini ajah deh di Suzanna Babay Shop di Kelapa Gading pas kehamilan Ibu masuk Minggu ke 34, Minggu 11 Desember 2011.


1-7 Baju - baju babynya bahannya lembut2 banget, range harga 12 Ribu - 14 Ribu 
8 Benar-benar dah gak punya botol susu lagi, jadi untuk persiapan ibu beli ajah botol pigeon isi 2 yang ada handuk kecilnya (bisa buat lap iler nih) Rp. 46 Ribu 
 9.Bedak bayi, sukanya merk yang ini dari dulu Baby Powder 450 Gr Rp. 14 Ribu 
10.Bantal yang bolong ditengah merknya Fayette, udah diskon 20% harganya jadi Rp. 61.320,- 
11.Biasanya ibu pakai Breast Pads yang langsung dibuang, sekarang coba yang merk lain yang washable Rp. 126 Ribu untuk 6 Pieces. 
12.Perlak yang ini katanya sih import harganya Rp. 127 Ribu 
13.Pembersih botol merk Pigeon Rp. 36 Ribu 
14.Bantal yang tidak bolong, plus guling 2 plus Cover setelah didiskon 20% harganya jadi Rp. 199.680,- 
15.Kapas bola, tau dunk ya buat apaan, isi 120 bal Rp. 8 Ribu
16Wash Pump 2 in 1 merk .Pigeon untuk mandi dan shampoan Rp. 38 Ribu yang gak kefoto, ibu beli sarung tangan dan kaki 2 pasang harganya @Rp. 10 Ribu.

Kayaknya Ibu dah bisa pasangSertifikat ASI untuk Setahun Raffa mimi Asi, besok Raffa sudah 1 tahun dan tadi sore adalah kali ke - 172 ibu memerah ASI dikantor, horeeee senangnya .



16 comments:

  1. eeimm breastpad washable avent itu okeh bener, tebalnya pas, daya serapnya lebih bagus dibanding bp washable lainnya. Kalo kapas bola2 dulu aku juga pakenya medisoft, trus suatu hari temen kasi tau pake kapas bola keluaran alfamart harga sekitar 5 ribuan. bagus juga kapasnya ga berserat2.

    Hebat skali perjuangan ASI nya jeng Fitri. Keisha dulu ga asix, daanish insya Allah 6 bulan lagi bisa dapat sertifikat S3 :D

    Gak lupa mo ngucapin Happy Birthday untuk Raffa, assiikkk udah jadi toddler niii *__*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya raffa dah toddler nih...asikkk

      Daanish hebat ya, 6 bulan lagi S3 ASI..


      Pya, suka deh pakai breastpad Avent

      Delete
  2. salam kenal Mba. Selamat ya buat Ibunya Raffa yang sdh lulus ASI 1 th ..tetap berjuang ya mba, smoga sukses dan bisa lancar terus sampai waktunya disapih 2 th nanti ..amiin. Btw, namanya mirip anak ku AKHTAR hehehe.. mampir yuk, biar bisa liat foto-foto dan critanya Mas Akhtar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga bunda riyang..samaan ya akhtar juga namanya.
      Terimakasih mudah2an selalu semangat sampai 2 tahun kasih Asi buat Raffa..

      Delete
  3. coolerbagnya sampai skr masih aku pakai loh buat bawa makanan atau minuman kalau pergi :) Selamat ya Raffa sudah lulus smeoga lulus terus sampai 2 tahun ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih,amin,moga bisa l
      anjut terus sd 2 tahun mimi asinya.

      Delete
  4. Selamat ya mbak udah setauh nyusuin Raffa, semoga lancar terus sampe nanti waktu menyapih ya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he kalau raffa malah dari sekarang diniatin gak disapih jeng.

      Delete
  5. Selamat ya buat Raffa.. Emang pantes bgt deh Raffa dpt S1, perjuangannya mantap.. Semoga lanjut S2 ya.. Slmt ulang tahun Raffa

    ReplyDelete
  6. Yeaaaaah... raffa dah S2. Alhamdulillah. Aku belon pernah bikin sertifikat buat Kira nih. Huhuhu. Pdhl dia lulus S3. Penting! Kapan2 posting soal itu ah. :D tfs ya say.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kira pasti senang deh py sertifikat S3 Asi,hebat deh sudah sampai S3.

      Delete
  7. waa... rafa dah lulus s2 asi ya? jempol dewh buat perjuangn mba fitri untuk asi.
    ikhfan baru aja lulus s1 asi, alhamdulillah stok asip di freezer masih mencukupi, semoga bisa nyusul kayak raffa ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah selamat juga buat s1 nya ikhfan ya.

      Delete

ikutan yuks

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...