Tuesday, June 25, 2013

Belanja Online, praktis, mudah dan cepat

Di era teknologi informasi saat sekarang ini, belanja online sudah menjadi hal yang tidak asing lagi buat sebagian orang, Ibu sendiri juga suka sekali berbelanja online dan alhamdulillah sampai saat ini belum pernah (jangan sampai deh) mengalami yang namanya penipuan belanja online.  Awalnya sih ragu-ragu juga ya mau belanja online, kalau Ibu  kenal ajah sama yang jual  baru Ibu mau untuk belanja, tapi akhirnya sekali dua kali mencoba kok malahan jadi ketagihan, menurut Ibu, kita gak perlu bercape-cape ria datang ke toko/mall, cari parkir ajah susah deh kalau ke mall  agak siangan  dan gak usah bermacet-macetan di jalan, solusi yang praktis banget bagi kota yang macet kayak Jakarta .

Belanja buku, hanger, dompet, clodi, kaos-kaos menyusui, baju-baju dan gamis menyusui, baju - baju kemeja untuk persiapan masuk kerja setelah cuti melahirkan, belanja keperluan untuk memerah ASI seperti botol ASI, dan banyak lagi lainnya.  Yang Ibu hindari memang membeli barang elektronik serta handphone yang harganya jauh banget bedanya dibanding harga yang resmi, kalau handphone bisa jauh lebih murah karena berasal dari black market, jelas-jelas gak ada garansinya dong, jadi mending yang jelas-jelas aja ya, jangan sampai tergiur harga yang miring, malahan tertipu, uang melayang, barang tak ditangan, kan bete banget tuh.

Kalau menurut Ibu, sebaiknya untuk belanja online, berikut sharingan pengalaman Ibu nih :
  • sebaiknya cermati baik-baik website penjual, apakah  websitenya cukup bonafid, no telp yang dicantumkan atau alamat email apakah langsung merespons saat kita bertanya-tanya tentang produk yang mereka jual atau mereka baru merespons beberapa hari kemudian, kalau yang slow response lebih baik langsung dicoret saja dari daftar belanja.
  • jangan lupa untuk bertanya kepada mbah google, referensi penjual dan websitenya bisa kita dapatkan dari sini lho.
  • belilah produk yang memang kita perlukan dan disaat kita sedang tidak ada kesempatan dan waktu yang banyak untuk keluar berbelanja, kok bisa belanja saja tidak sempat? he he he iya jelas bisa dunk, pengalaman Ibu sehabis melahirkan anak ke-3 Januari tahun lalu contoh nyatanya, sedang sibuk-sibuknya dengan baby dan Ibu butuh botol untuk menampung ASI, solusi cepat dan praktis ya belanja online, awalnya Ibu mencoba tidak langsung berbelanja banyak, istilahnya ngetest dulu, setelah itu baru deh, belanja-belanja selanjutnya sudah yakin dan percaya kepada penjualnya ibu memesan lagi dan lagi. 
  •  setelah kita yakin untuk membeli, cobalah untuk pembelian dengan jumlah pembayaran yang tidak terlalu besar lebih dahulu, karena sebagian besar website toko online meminta kita untuk terlebih dahulu mentransfer sejumlah uang /harga barang yang kita beli plus ongkos pengirimannya terlebih dahulu, setelah itu baru mereka akan mengirimkan barang tersebut ke alamat kita, apakah ada jaminan tidak ada penipuan?.  Bagi sebagian orang, belanja seperti ini sangatlah tidak masuk akal, jadi banyak juga yang orang yang tidak mau mencoba karena takut tertipu, mereka lebih memilih untuk membeli langsung ke toko atau baru membayar setelah barang yang mereka beli online diterima. 
  • belanja online juga mudah sekali, klik klik klik untuk memilih barang yang akan dibeli, konfirmasi ketersediaan barang, bayar, gak lama barang yang diinginkan sudah sampai rumah, mudah dan ringkas deh. 
Keuntungannya kalau menurut Ibu :
  • Kalau kita tidak sempat keluar rumah, waktu kita sempit sekali sementara barang itu kita butuhkan sekali, menolong banget deh, tinggal browsing melalui Ipad, Tab, PC, hape semua bisa,  liat produk yang kita inginkan, konfirmasi ketersediaan barang ke penjual pake sms, bayar bisa pakai sms banking atau internet banking, 1-2 hari kemudian, barang diantar sampai rumah, belanja di asibayi.com  sangat membantu Ibu sekali dimasa-masa sehabis melahirkan, beli botol-botol penampung ASI, kantung plastik penyimpan  ASI, cooler bag (Tas untuk bawa pergi - pulang  ASI saat sudah kerja), Blue Icenya (Es untuk ditaruh di tas ASI).
  • Juga saat butuh baju- baju menyusui,  aisthestore.com sangat membantu sekali. 
  • Dadakan, mas Dzaky dan Fai  diminta memakai koko putih oleh musolla tempat mereka mengaji di bulan Ramadhan tahun lalu, saat mall sedang ramai-ramainya dibulan Ramadhan jelang lebaran, ibu terbantu sekali dengan baju koko putih untuk mas dzaky dan Fai yang okeh banget, yang ibu beli di kios.108.

Kerugiannya :
  • Kadang pesanan kita kurang tepat, misalnya, Ibu sudah sebutkan ukurannya dan kodenya serta warna yang diinginkan, warna yang dikirimkan berbeda atau ukurannya yang diberikan bukan yang kita minta, Ibu sekali mengalami pesanan salah ukuran dan sekali pesanan salah warna, yang salah ukuran, karena yang dikirim besar sekali ukurannya, ibu mengembalikannya ke penjual dan penjual mengirimkan kembali ukuran yang ibu inginkan., biasanya terjadi pada pembelian baju/produk fashion.



Cerita ini diikutsertakan dalam Arr Rian's Giveaway -Pengalaman Belanja Online-

14 comments:

  1. Terima Kasih Banyak sudah berpartisipasi dalam Arr Rian's Giveaway...

    Yes! Tercatat sebagai peserta.

    ReplyDelete
    Replies
    1. trims atas kunjungan yang punya hajat..

      Delete
  2. memang menyenangkan belanja online ya jeung Fitri, aku seringnya belanja buat anak2, buat emaknya malah jarang beli2 hehehe..
    Goodluck GAnya yaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Jeng...asik belanja online, biasanya emak2 emang pastinya selalu anak duluan ya yang diutamakan.

      Delete
  3. aku juga suka belanja online, mbak Fitri..
    sejauh ini sih belum pernah jg ketemu penipuan.. alhamdulillah..

    tapi satu kerugian kalo belanja online menurutku, kita nggak bisa dapatin barang saat itu juga..
    pernah mbak, kan biasanya aku stok kado anak di rumah, giliran abis, dpt undangan deh, sehari kemudian acaranya..
    waks mau belanja online gak keburu, ya mau ngga mau ngemall deh hihihi..

    sukses kontesnya ya mbak Fitri,

    OOT, mbak Fitri kerja di Salemba? wuah, ntar kapan2 klo aku ke kampus lg qta ketemuan yuk mbak :-D
    mbak tukeran no. hp yuk.. ke e-mail aku sj disini..
    lyliana.thia@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he iya, kalau buru2 mah langsung ngacir ke mall ya jeng..

      Tks ya


      AKu dah kirim email ya jeng

      Delete
  4. Aku dulu juga suka belanja online mba.. Apalagi belanja buku2 komik klasik yang udah ga ada di toko buku. Nyarinya udah kayak treasure hunting gitu saking langkanya.. hihihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Unik bgt ya komik komik klasik bs dibeli online.

      Delete
  5. belanja online itu asyik ga perlu repot macet di jalan

    ReplyDelete
  6. Ribetnya kalo barang yang dikirim salah ya, Bu. Syukur2 kalo gak lama ngirim baliknya...

    Terima kasih udah ikutan Arr Rian's Giveaway :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Bu....alghamdulillah penjualnya kooperatif kok.

      Salam kenal balik ya.

      Delete
  7. ada plus minusnya berbelanja online, plusnya kita tidak perlu capek-capek keluar rumah buat nyari barangnya, tinggal duduk manis didepan kompie. minusnya kadang harus hati-hati dalam memilih toko online yang akan kita beli barangnya.
    salam kenal :)

    ReplyDelete

ikutan yuks

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...