Thursday, September 05, 2013

Ke Keraton Solo.

Ini pengalaman pertama kita ke Solo nih, bingung juga mau ngajak jalan anak-anak kemana, berhubung waktu kita singkat banget disini, rencananya besok paginya, kita langsung berencana otw pulang ke Jakarta, langsung dari Solo dan gak mampir ke rumah Bude lagi di Semarang. 

Begitu sampai Solo, langsung deh ke kita menuju Kampung Batik Laweyan, biasanya liat batik pekalongan, sekarang liat batik solo nih, tips kalau kesini dan mau shopping untuk yang membawa anak harus ada yang menjaga kalau tidak nanti kelupaan sama anaknya karena asik liat batik-batik Solo, he he he segitunya.., sementara kita rempong banget deh saat itu, padahal rasanya baru bentaran banget liat batiknya, Fai agak rewel dan Raffa minta gendong terus jadinya gak bisa lama-lama disini, cuman bentaran .....gak puas banget deh, jadi pegen kesini lagi penasaran....kata TU adiknya Ibu, dia menyusuri banyak tempat di Kampung batik laweyan ini...sementara Ibu dan ay cukuplah sudah tau yang mana kampung batik laweyan.... setelah itu makan siang, karena Fai lagi tidak nafsu makan, maka pilihan makan diserahkan ke Fai, dan ternyata Fai mau makan Bakso, akhirnya kita makan Bakso Alex didekat Novotel...setelah itu kemana dunk., rencana awal mau ke Air terjun dan Keraton Solo, air terjun sudah dicoret , jadinya kita jalan-jalan ke keraton Solo.




Kalau Pakai sandal, sandal harus dilepas loh, dan mesti nyeker....untungnya kita semua pakai sepatu, walau hitungannya sepatu sandal.

Selepas dari Keraton, kita putar-putar sekitar kompleks keraton naik delman, kalau naik delman tarifnya 50 Ribu, sementara kalau naik becak tarifnya Rp. 30 Ribu, Naik delman deh keliling-keliling dan liat kerbau bule . Baru berasa, betapa bagusnya lukisan di museum Ullen Sentalu dibandingkan dengan yang di Keraton Solo. Singkat sekali liburan di Solonya,mau berenang sore harinya di Hotelpun sudah tidak sempat, Fai tiba-tiba demam lagi, jadi cuma istirahat ajah di Hotel dan berharap Besok paginya Fai sudah sehat lagi, karena kita berencana langsung ke Jakarta. Teman Ibu yang asalnya dari Solo, sudah memberikan berderet daftar kuliner yang harus dicoba di Solo, yang sempat dicobain cuma Bakso Alex dan Nasi Liwet Bu Wongso Lemu aja. 

27 comments:

  1. naik delman pasti seru ya.. anak2 pasti seneng ya.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, anak-anak selalu senang kalau naik Delman.

      Delete
  2. Saya orang Jawa ...
    Namun ... jujur ... saya belum pernah sekalipun ke Keraton Surakarta ...

    Ternyata halamannya luas dan bersih ya Bu

    Suatu saat saya ingin ke sana juga ...

    Salam saya

    ReplyDelete
  3. wah pengalaman pertama pasti mengesankan, salam kenal :)

    ReplyDelete
  4. harus di catet nih... ga boleh pakai sandal...*pecinta sandal jepit

    ReplyDelete
    Replies
    1. ha ha iya Bun, daripada nanti disuruh nyeker bun.

      Delete
  5. Aku blm pernah ke Solo, bagus yah Mba, smoga bs main2 ksana deh aku :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin, mdh2qn bs berkunjung kesana mba yeye.

      Delete
  6. Mengenalkan hal2 seperti ini pada anak, InsyaAllah akan menambah kecintaan anak2 pada budaya kita ya mba....

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin, mudah2an jeng, anak yang besar komplain kalau acaranya shopping melulu.

      Delete
  7. aku kalo ke solo, belanja batik di pasar klewer dan Beteng Mall Mbak....
    Laweyan memang bagus dan unik lokasinya yaa.... cuman harga butik, mahal mahal banget. kualitas nya beda dikit, tapi harga beda jauh. hehehehehee..
    tapi kalo foto foto, laweyan memang jauh lebih sip, suasana tempo doeloe nya dapet banget ya
    dan lingkungannya asri, gang gang dengan tembok tinggi. rumah rumahnya juga rumah lawas, jadi keren gitu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ow gitu ya Elsa...iya kemarin ke Solo singkat banget sih, padahal batiknnya lucu lucu banget ya, pengen lama2 jadinya.

      Delete
  8. lain kali harus ke Solo lagi buat nyobain aneka kulinernya, Mbak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ha ha iya Bun...masak cuma makan Bakso ma Nasi liwet ya.

      Delete
  9. Bun, Kampung Batik Laweyan nya kok gak difoto :) hehehehe
    Terimak asih liputan jalan2nya ke Solo, someday kalo ke sana ingin juga mengunjungi tempat2 itu


    ReplyDelete
    Replies
    1. di foto Bun, tapi kayaknya yang kamoung laweyan fotonya pake hape deh, belum dikumpul2in fotonya Bun.

      Delete
  10. nggak kena kerusuhan yang di keraton solo kan? itu kerusuhan perebutan jabatan ehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. engga, kan ke Solonya abis lebaran kemarin wor.

      Delete
  11. kalao ke solo, aku seneng maen ke taman mbale kambang karena ada rusa yang dilepas bebas jadi anak-anak bisa megang rusa langsung. Rusanya ga takut sama orang
    Btw 3 anak cowok kecil-nya mba fitri ganteng-ganteng dewh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. waw..baru tau ada taman mbale kambang,pasti asik ya buat anak-anak.

      Delete
  12. Asiknyaaa mbak Fitri... Hihihi... Udah kemana-mana ini.. Semarang, Jogja, Solo.. Hehe..
    Mbak apansih beda batik ini dan itu..? Misal batik Solo ciri khasnya opo toh mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku biasanya kan liatnya batik pekalongan, kayaknya sih batik solo, warna warnaya lebih cerah gitu Bun.

      Delete
  13. Jadi keinget acara ABFI (Asean Blogger Festival Indonesia) beberapa bulan yang lalu..... hehehe :D Makasih bunda postingannya.....

    SaHaTaGo [Salam Hangat Tanpa Gosong] dari pemuda asal Mempawah yang menetap di Jogja, gak suka marah apalagi mencela, mudah-mudahan bisa senantiasa membuat orang lain bahagia dan semoga anda berkenan dengan komentar saya, haha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, asiknya yang pernah ikutan ABFI di Solo.

      Terimakasih sudah mampir ya.

      Delete
  14. Paling suka kalau jalan-jalan ke keraton *suasananya menyenangkan, sudah asri orangnya ramah-ramah pula. Dulu pernah ke keraton Cirebon, sayang fotonya ilaaang *

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah...di Cirebon kita lewat aja, gak mampir, padahal kepingin nyobain makanan khasnya .

      Delete

ikutan yuks

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...