Monday, July 07, 2014

Kecintaanku akan Indonesia dimulai dari Upacara Bendera.

Sejak kecil bersekolah di Sekolah Dasar Negeri, dilanjutkan ke Sekolah Menengah Negeri dan dilanjutkan ke Sekolah Menengah Atas Negeri, ternyata Upacara bendera seminggu sekali setiap Senin dikala itu sangat berkesan dan sangat dirindukan disaat bangku sekolah sudah bertahun-tahun tertinggal dibelakang .
 
 Di jaman sekolah dulu, apakah upacara bendera selalu menjadi hal yang menyenangkan, tentu saja jawabannya tidak selalu, saat itu Upacara Bendera hanyalah sebuah kewajiban kita sebagai seorang  Pelajar, ada rasa malas, rasa enggan, rasa capek, dan tentu saja panas, tempat upacara bendera biasanya selalu di Lapangan , apalagi biasanya Upacara selalu diakhiri dengan ceramah dan petuah-petuah dari Kepala Sekolah juga Bapak dan Ibu Guru.  

Tapi tunggu dulu, menjadi petugas upacara itu ternyata sangat menyenangkan, semasa di Sekolah Menengah Pertama, kesempatan menjadi petugas upacara bergantian untuk setiap kelas dan posisi yang selalu menjadi incaran siswa-siswa perempuan adalah petugas Pengibar Bendera Merah Putih, istilah kerennya menjadi Petugas Paskibraka,  walau mesti ada usaha keras untuk latihan baris berbaris dan latihan memasang bendera serta mengibarkannya serta menaikkannya  mesti disesuaikan dan pas dengan lagu Indonesia Raya yang dinyanyikan teman-teman, kerja keras rasanya langsung terbayar jika upacara Bendera berlangsung sukses  termasuk  yang menentukan suksesnya upacara adalah pasukan pengibar benderanya…, ternyata Cinta Indonesia bisa dimulai dari hal yang paling sederhana ya, dan Upacara Bendera adalah salah satunya, rasa dan kebanggaan sebagai Orang Indonesia berawal dari situ, rasanya bangga menghormati bendera kita dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan rasa bangga bercampur haru ketika Orang Indonesia menorehkan Prestasinya di dunia Internasional, mendengarkan Lagu Indonesia Raya berkumandang di Olimpiade ketika Atlet Indonesia meraih Medali, rasanya tidak bisa dilukiskan dengan kata-kata.

Cinta dan bangga  Indonesia dimulai dari Bendera merah putih,  Bendera dibentangkan dan ...


Pengibaran Bendera Merah Putih oleh Pengibar Bendera, diiringi Lagu Indonesia Raya, diikuti oleh Penghormatan kepada Bendera dipimpin Pemimpin Upacara.


Gambar diambil dari madinggalasta.blogspot.com


Mengapa Bendera Merah Putih begitu dihormati sedemikian rupa, tentu saja kita harus memahami apa maknanya dan bukan dilihat hanya  sekedar Bendera.


Berikut arti warna Bendera Merah Putih kebanggan Bangsa Indonesia, ketentuan tentang ukurannya,  Pengibaran/pemasangannya, dan juga ada larangan hal-hal yang dilarang dilakukan pada Bendera Merah Putih,yang dari Wikipedia.org.


Bendera Indonesia memiliki makna filosofis.


Merah berarti berani, putih berarti suci.


Merah melambangkan raga manusia, sedangkan putih melambangkan jiwa manusia. Keduanya saling melengkapi dan menyempurnakan jiwa dan raga manusia untuk membangun Indonesia.


Bendera negara diatur menurut UUD '45 pasal 35, UU No 24/2009, dan Peraturan Pemerintah No.40/1958 tentang Bendera Kebangsaan Republik Indonesia.  Ada ketentuan tentang ukurannya, tentang Pengibaran/pemasangannya, dan juga ada larangan hal-hal yang dilarang dilakukan pada Bendera Merah Putih,  Setiap orang dilarang:
  1. merusak, merobek, menginjak-injak, membakar, atau melakukan perbuatan lain dengan maksud menodai, menghina, atau merendahkan kehormatan Bendera Negara;
  2. memakai Bendera Negara untuk reklame atau iklan komersial;
  3. mengibarkan Bendera Negara yang rusak, robek, luntur, kusut, atau kusam;
  4. mencetak, menyulam, dan menulis huruf, angka, gambar atau tanda lain dan memasang lencana atau benda apapun pada Bendera Negara; dan
  5. memakai Bendera Negara untuk langit-langit, atap, pembungkus barang, dan tutup barang yang dapat menurunkan kehormatan Bendera Negara.


 Upacara Bendera yang rasanya dulu terasa tanpa makna, kini sangat terasa maknanya, makna yang besar dan   kecintaan pada Indonesia, dan ternyata kewajiban untuk mengikuti upacara bendera berdampak positif dan mempunyai dampak terhadap kecintaan sesorang atas tanah airnya, ya saya cinta Indonesia dan Upacara Bendera membuat saya semakin cinta Indonesia.



18 comments:

  1. Terima kasih atas partisipasi sahabat dalam Kontes Unggulan :Aku Dan Indonesia di BlogCamp
    Dicatat sebagai peserta
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama - sama pakdhe...senang bs ikutan..

      Delete
  2. kapan ya terakhir upacara bendera... pas masih sma rasanya. udah lama banget ya. haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dah lm bgt gak upacara bendera lg ya cm nonton upacara aja di tv..

      Delete
  3. udah lama aku gak pernah upacara nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama lidya..dikerjaan ga ada upacaranya lidya..

      Delete
  4. aku terakhir ikut upacara bendera tahun lalu mbk pas masih ngajar hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya dah ada upacara bendera di kerjaan sekarang nih

      Delete
  5. iya, ya. Udah lama juga saya gak upacara bendera :)

    ReplyDelete
  6. Semoga menang kontesnya ya mak, jadi inget jaman mengibarkan bendera merah putih jaman sekolah dulu...:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah dulu suka jadi petugas paskibraka juga ya mak Irma....

      Delete
  7. Mari qta hormati dan cintai sang saka merah putih...!
    Sukses kontesnya mbak Fitri.. :)

    ReplyDelete
  8. Kecintaanku akan Indonesia dimulai dari ikut Gerakan Pramuka =)

    ReplyDelete

ikutan yuks

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...