Monday, August 18, 2014

Roti Pertamanya Ibu

Sejak menempati rumah kita lagi setelah renovasi, sudah ada keinginan untuk lebih rajin turun kedapur, entah buat masakan apa  atau buat kueh ya atau bersih-bersih dapur, malu juga pas Ibu mau buat nasi goreng yang tau letak kecapnya dimana si ay he he he he...jadilah setelah 2 bulanan tempati rumah, dan dapurnya jadi, niatnya mulai dipancangkan lagi.  The Power of kepepet disini gak ada nih, lain halnya dengan waktu tinggal di Cibinong dulu, mau masakan yang kayak mamanya Ibu, masak nunggu kita ke sana dulu, kan jauh euyy, sementara di Pondok Kopi sekarang ini Ibu punya asisten rumah tangga yang masaknya pinter, terus kalau masakan ala nenek, nenek 3 boys tinggal dibelakang rumah, dan tinggal bilang saja, Neneknya 3 boys  suka masak, jadilah untuk urusan masak sudah aman dan beres.

Berbulan-bulan berlalu sampai akhirnya diniatin untuk beli timbangan dulu, jadilah saat cari-cari perintilan rumah, timbangan juga sekalian Ibu ambil, setelah itu bulan berikutnya kepengen beli Oven, jadilah diawal Juli 2014 saat Ibu cuti untuk daftar ulang si mas jek yang ternyata cuma sebentaran banget, sehabis itu kita jalan ke C4 dan ternyata ada Oven yang diinginkan, Oven Kirin 190 RA langsung deh dibawa pulang.  Pas banget, kemarin adiknya Ibu si TU katanya mau buat cake, langsung buat Cake deh dia, dan panggangnya pakai oven baru. yang mana cakenya bentuknya ancur-ancuran gak karuan. 
Akhirnya Ibu berkesempatan mencoba ovennya pas buatin makaroni schotel untuk Raffa, jelang lebaran, Raffa mogok makan, diaduk-aduk dan jadi deh, kalau Dzaky dan Fai memang doyan banget ma makanan ini, jajanan favorit waktu waktu dulu di RS Hermina Depok atau kalo pas ada di Holland Bakery.  Raffa mau makan dan bahkan minta tambah, senangnya, biasanya Ibu buatnya kan yang dikukus, kayaknya yang dipanggang lebih mantab deh ya..

Minggu kemarin, siang-siang jelang sore, Ibu iseng deh liat resep ini dari Dapur Kue Oma (linknya bisa dibuka disini) dan langsung kepengen coba buat karena bahannya simple banget dan gak usah pake mixer.

RESEP ROTI MANIS ( Istimewa )nya mba Wida Tania

 RESEP ROTI MANIS

( aslinya Roti bantal kelapa srikaya Tabloid Saji )

Bahan Roti :

300 gr Tepung Cakra
100 gr Tepung segitiga
75 gr Gula pasir
1/2 sdm Ragi Instan
15 gr susu bubuk
1 butir telur
200 ml air es
75 gr margarin
1 sdt garam

Bahan Isi :
100 gr Keju Chedar parut /atau
100 gr Meisis


Cara Membuatnya;
1. Campur terigu,gula pasir ragi instan ,susu bubuk, telur aduk hingga rata. Kemudian masukkan air es aduk hingga kalis.
2.Setelah kalis ( tidak lengket ) masukkan margarin dan garam aduk kembali hingga kalis elastis.
3.Diamkan adonan 30 menit atau mengembang 2x dari ukuran adonan semula
4.Kempiskan adonan , timbang masing-masing 20 gr. Bulatkankan diamkan 10 menit.
5.Pipihkan adonan beri isi, bentuk bulat. Letakkan di Loyang bulat yang telah diolesi margarin susun dan beri jarak. Diamkan 75 menit sampai mengembang.
6.Olesi permukaan Roti dengan kuning telur atau susu evaporated.
7.Oven 15 menit dengan suhu 190 derajat / atau permukaan roti kuning keemasan


Ikutin plek, cuman bentuknya masih jelek gitu ya, liat rotinya mengembang saja sudah terkagum-kagum..hi hi hi dan ternyata pas dioven masih mengembang lagi, hasilnya enak deh, biar sudah dingin rotinya tapi tidak keras.

Didiamkan 75 menit

 satu loyang, cuma diolesi madu saja, gak pakai kuning telur, jadi hasilnya pucat..kalau loyang yang ini diolesi kuning telor.


Dilanjutkan pas kemarin, dihari minggu, iseng-iseng buat adonan pizzanya Mba Endang Just Try & Taste ,klik linknya disini, , buat minggu siang dan adonannya dimasukkan ke kulkas dari jam setengah 1 siang sampai Senin jam 5 Pagi tadi, berarti total 16 Jam ya, halah sudah khawatir jadinya gagal sampai gak bisa tidur semalam sehabis menyiapkan topingnya (lebay banget ya), kan disitu ditulis maksimal dikulkas 7 jam. 

Ini resepnya :

Adonan Pizza Tanpa Diuleni

Resep diadaptasikan dari web King Arthur Flour, Blog - No-Knead Thin-Crust Pizza: it doesn't get any easier than this 

Bahan adonan  pizza:

- 150 ml air hangat

- 2 sendok makan minyak zaitun atau minyak sayur biasa

- 1 sendok teh ragi instan, pastikan fresh dan cek masa kedaluarsanya (misal Fermipan)

- 1/2 sendok teh garam

- 180 gram tepung terigu serba guna atau protein tinggi (misal Segitiga Biru atau Cakra Kembar)
 
Saus: - 3 sendok makan saus spaghetti botolan siap pakai - seujung kuku mixed herbs (Italian seasoning)--Ibu gak pakai karena gak punya - 1 sendok teh gula pasir - 1 sendok makan saus sambal botolan ekstra pedas (optional) - 1 sendok makan saus tomat botolan
-1/2 sendok teh garam (ibu tambahin garam)



Topping:

- 1 buah tomat ukuran sedang, iris setipis mungkin

- 1/2 buah bawang bombay ukuran sedang, iris setipis mungkin

- 4 - 5 lembar smoked beef, rajang kasar

- 2 sendok makan keju cheddar parut (saya pakai Kraft)

- 3 sendok makan keju mudah meleleh (saya pakai Kraft) atau mozzarella cheese

- 2 sendok makan keju Parmesan (optional)

 
Untuk Toppingnya ibu agak beda nih, jadi Ibu Toppingnya enggak pakai smoked beef tapi diganti jamur tiram jadinya  kayak gini :
1 buah tomat ukuran sedang, iris setipis mungkin
- 1/2 buah bawang bombay ukuran sedang, iris setipis mungkin
- jamur tiram secukupnya, disobek-sobek kecil
-Paprika merah cuma sepertiganya saja dipotong kotak2 kecil
- 2 sendok makan keju cheddar parut (saya pakai Kraft)
-  3 sendok makan keju mudah meleleh (saya pakai Kraft) atau mozzarella cheese karena engga ada Ibu Pake Keju Kraft slice aja 2 lembar.

Cara membuat:
 Siapkan mangkuk, masukkan tepung terigu dan garam, aduk rata dengan spatula. Masukkan semua bahan adonan pizza lainnya,  aduk hingga semua bahan tercampur rata dan menjadi adonan yang kasar, lembek dan agak basah. 
Tutup mangkuk dengan kain, biarkan di suhu ruang selama 1 jam hingga mengembang. Masukkan adonan ke kulkas dan biarkan 1 - 2  jam lagi dalam posisi tertutup kain. Adonan boleh didiamkan di kulkas maksimal hingga 7 jam. Semakin lama adonan diisitirahatkan maka roti akan terasa semakin sedap. 
Selama adonan diistirahatkan kita akan mempersiapkan bahan-bahan lainnya.
 Siapkan wajan, beri kira-kira 2 sendok makan minyak. Goreng smoked beef hingga kering dan kecoklatan. Angkat, tiriskan dan taruh di piring beralas tissue dapur agar kelebihan minyak terserap. Sisihkan. 
Siapkan mangkuk ukuran sedang, masukkan semua bahan saus. Aduk rata.  
Menata pizza: Panaskan oven di suhu 200'C. 

Siapkan loyang, saya menggunakan loyang besi bulat diameter + 30 cm. Anda bisa menggunakan loyang lainnya yang ada di rumah dan bentuknya juga tidak harus bulat ya.

Keluarkan adonan pizza dari kulkas, letakkan di atas loyang. Menggunakan ujung-ujung jari tekan-tekan adonan hingga melebar dan memenuhi loyang. Usahakan setiap permukaan adonan memiliki ketebalan yang sama. Adonan lembek, tidak lengket dan mudah diatur. 
Olesi permukaan adonan dengan saus, gunakan kuas untuk mempermudah pekerjaan anda. Jika tidak ada bisa menggunakan ujung spatula plastik. Tata smoked beef, tomat dan bawang bombay secara merata. Taburi dengan keju cheddar, keju mudah meleleh dan keju Parmesan. 

Panggang pizza selama 20 menit atau hingga roti terlihat mulai kecoklatan dan kering permukaannya. Keluarkan dan potong-potong selagi hangat. Jika anda tidak memiliki pizza cutter, gunakan saja gunting untuk memotongnya. Praktis, rapi dan cepat. Santap selagi hangat. Yummy!
Source: Web King Arthur Flour, Blog - No-Knead Thin-Crust Pizza: it doesn't get any easier than this

Karena Ibu emang niatnya buat sarapan pagi ini,dan juga buat bekal anak-anak bawa kesekolah... jadi Ibu masukkin plastik yang dikasih minyak sayur adonannya dan baru dieksekusi pagi tadi...dan hasilnya enak banget,hi hi senang banget deh hari ini..., ibu pakai loyangnya yang Loyang dapat dari Oven kirinnya, pas diangkat agak lengket sedikit, next time mungkin harus dikasi mentega dan tepung diloyangnya, tadi cuma tepung aja.


Ini penampakan adonan yang disimpan dikulkas dari minggu siang .


yang dibawa tadi pagi untuk sarapan
 Kesimpulannya ternyata buat Roti, termasuk Roti Pizza lebih mudah daripada buat Cakes, cakes kalau bantat terus, jadinya agak kapok mencobanya...kayaknya buat roti pizza ini bakalan nagih deh, asik juga bisa disesuaikan dengan isi kulkas kita dan mudah membuatnya.

42 comments:

  1. uwaaaaaaaaaaa..q mau pizzanya mbkkk,enakkkk hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he he iya enak lho Pizzanya..gak kalah ma domino pizza or Pizza hut lho....

      Delete
  2. Replies
    1. enak beneran kok..suer deh he he he he

      Delete
  3. mbak...aku malah belom pernah cobain buat roti
    bisanya bikin cake melulu, kalo roti takut gagal hehehehhee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo Elsa dicoba buat Roti Pizza buat Dija....Pasti ketagihan deh dija minta buat lagi...

      Delete
  4. Hmmm.... enak nih, jadi pengen nyoba, apalagi rotinya bikinnya gak pake mixer hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya jeng gak pake micer dan roti manis cuma butuh satu telor ajah...yg roi pizza bahkan ga pake telor..penting2 tuh, banyak2 telor apalagi kuningnya kan gak buat buat yang kolesterol ya...

      Delete
  5. Asik.....jadi rajin masak euy. Bentar lagi buka toko roti & piza deh...hehe!! Aku males bikin roti soalnya Malena gak suka roti, padahal ibunya raja roti, jadi gak seru kan kalo bikin sendiri makan sendiri!! Kalo piza adonannya aku beli yang udah jadi bun, jadi tinggal bikin topingnya aja, hehe, pemalas yaa!! Yang rajin ya masaknya bun, ntar kapan2 aku mampi ah....

    ReplyDelete
    Replies
    1. ha ha amin,..pengen juga py usaha sendiri nih...

      Wah, MAlena kok gak suka Roti sih...kalo Pizza suka gak?

      he he boleh deh kapan2 kalo Malena mau mampir ke Pinggiran jakarta...

      Delete
  6. Kayaknya kalau punya peralatan lengkap gitu jadi semangat ya mbak bakingnya hehehehe. Ahhh mau pizzanya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum lengkap2 juga kok Nophi...itu juga baru seadanya he he he he

      Delete
  7. waduh, buka blog ini isinya resep ama foto2 makanan semua. bikin laper aja. salam kenal mbak fitri!

    ReplyDelete
  8. enyak enyak kayanya, pas banget neh lagi seneng masak memasak karena dapet hadiah oven, mudah2an nanti bisa praktek juga he

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah asik dapat hadiah Oven,,,,pas bener jeng..

      Delete
  9. Ngileerr!!! Hahahaha...selamat ya mbaakk roti dan pizzanya berhasil :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi hi..gara2 liat postingan kuenya dikaw nih jeng he he he

      Delete
  10. Waaahhh.... looks yummy mbak.
    AKu baru sekali juga buat roti, hasilnya banyaaaakkkkk sampe gak sanggup habiskannya... LOL.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ha ha ha ha ...besok2 dibuatnya setegah resep aja mom...

      Delete
  11. liat bahan bahan yang dipake, dan liat gambar hasil akhirnya, kayanya makjleb banget kue pertama buatannya deh ih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Pak.....trims sudah mampir...iya,makjleb

      Delete
  12. liat bahan bahan yang dipake, dan liat gambar hasil akhirnya, kayanya makjleb banget kue pertama buatannya deh ih...

    ReplyDelete
  13. Ini pasti nanti ketagihan. Hasilnya manis2 pisaaan. Bakal betah di dapuur ya, Mba. :D

    Seneng kalau lihat ibu2 pada rajin masak!


    ReplyDelete
    Replies
    1. he he he Iya Idah, mudah2an bisa konsisten rajinnya....

      Delete
  14. hmmm, enak kelihatannya, mbak :)

    ReplyDelete
  15. Replies
    1. hi hi sudah tandas tak bersisa nih mba...

      Delete
  16. Waaaa....berhasiil....pasti seneng ya. Kliatan enaakk tuh fit. Klo aku males bikin2 kue roti secara sekeliling rumah banyak yg jualan dan banyak bakery wkwkwkw padahal emang males

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi hi iya vera, niat awalnya cuma mau ngabisin tepungnya aja, nagih ternyata lho he he he he

      Delete
  17. enak kayaknya kue-nya yummy...coba ah di rumah. makasih sudah berbagi ya :))

    ReplyDelete
  18. kereeeeen bisa bikin roti ,aku belum pernah :) maaf baru bisa bw lagi nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak pa pa lidya...cerita dunk soal pindahan dan renovasinya...

      Delete
  19. Wah, pastinya lebih enak yaaa kalau buat sendiri :) lebih sehat ya mak..

    ReplyDelete

ikutan yuks

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...