Wednesday, October 15, 2014

Weaning with love, Raffa's story dan 2 tahun 9 bulan

Ibu menunggu agak lama untuk memastikan Raffa sudah berhasil disapihnya nih, jadi baru bisa dituliskan sekarang berbarengan dengan ulbulnya Raffa 2 tahun 9 bulan ini, Raffa berhasil disapih setelah lebaran kemarin, dan ternyata rekor kaka Fai dipatahkan oleh Raffa dalam usia 2 tahun 7 bulan, he he beda sebulan aja dan perkiraan Ibu Raffa lebih cepat daripada kaka Fai ternyata salah nih.  Baru  setelah usianya  2 tahun 7 bulan,raffa baru bisa konsisten jadi anak gedenya.

Sebelum Raffa masuk sekolah, ibu sudah sosialisasikan ke Raffa, kalau Raffa sudah mau sekolah dan sudah jadi anak besar bukan bayi lagi dan anak yang sudah besar berarti sudah tidak n***n lagi.  Jadilah hari Pertama Sekolah Senin tanggal 14 Juli itu selain deg-degan gimana hari pertamanya Raffa bersekolah, ibu juga penasaran, reaksinya dia bagaimana, apakah masih minta atau tidak, dan hari ibu kebetulan ibu cuti dan selesai urusan ke Rumah Sakit siangnya dan Raffa sendiri yang bilang, "affa udah cekolah, jadi engga n***n", wuis kagum dunk ibu, hebat nih anak, kayaknya mungkin itu caranya mengingatkan dirinya sendiri kalau sudah sekolah berarti sudah besar dan tidak boleh n***n lagi. Begitu malam tiba, ternyata urusannya tidak semudah tadi siang, kebiasaan malam, adalah pasti n***n dulu sampai Raffa ketiduran.  Raffa nangis-nangis sedih menyayat hati pas hari pertama ini, sampai - sampai ibu dan ay gak tega, akhrnya ditawarkan ke Raffa mau atau engga, kalau mau pun engga apa-apa, dan dia menolak lho, tapi menolaknya masih sambil nangis-nangis.  Duh, rasanya gimana gitu, sedih, dan kasian serta nelangsa rasanya Ibu melihat Raffa.

Hari berikutnya, menjadi semakin mudah, siang tidak masalah karena Ibu kan bekerja dan malamnya jelang tidur, dia sudah bisa menerima dan bahkan dari caranya Raffa membesarkan hatinya sendiri, kemarin kelihatannya Raffa agak gengsi antara mau dan tidak, sekarang sudah kelihatan bisa menerima, sampai tiba hari Sabtu dan Minggunya, dan Raffa baik-baik saja ,bahkan kalau dia kelupaan minta n***n, dia sendiri yang meralatnya jadi "eh minta susu" hi hi hi lucu banget deh.

Seminggu lewat, dihari ke-9 Raffa tiba-tiba demam, nah biasanya kan kalau demam, dia maunya n***n terus, dan kali ini khan dia sudah stop n***n, jadinya yang Ibunya deh yang agak galau, tapi akhirnya ditetapkan untuk konsisten tidak memberikan dia n***n mengingat seminggu lebih ini Raffanya sudah berupaya untuk disiplin tidak mau n***n.

2 Minggu berjalan aman dan sudah berhenti n***n, jadinya sudah yakin banget deh kalau raffa sudah berhasil disapih, begitu mulai libur lebaran, masalah baru muncul, pengasuhnya ijin gak masuk seminggu selama lebaran ini dan  Raffa tiba-tiba mogok makan, awalnya masih mau makan sedikit dan gak mau buka mulut sama sekali untuk makan begitu rumah kita kedatangan keluarga dari semarang, dia mungkin masih asing dengan kakak kakak sepupunya serta bude dan pakdenya, dan maunya cuma minum susu aja, benar-benar gak mau buka mulut sama sekali untuk makan.

Raffa udah gede...


mukanya happy sekali

mulai suka belajar

Akhirnya Libur lebaran yang kira-kira seminggu itu , Raffa mulai n***n lagi setelah off sama sekali selama 2 minggu, dan begitu pengasuhnya masuk lagi, dan Raffa sudah mulai makan seperti biasa, dia tetap masih minta n***n dimalam hari jelang tidur.  Jadinya 2 minggu off samsek dan 2 minggu mulai lagi n****nya dan saat masuk sekolah lagi setelah libur lebaran itu, mulai Senin 11 Agustus 2014 sampai dengan sekarang, Raffa sudah tidak minta n***n lagi, horeeeee akhirnya Raffa berhasil disapih.  Sudah 2 bulan berarti ya, hi hi Raffa jadi semakin kelihatan anak gedenya nih kalau sudah gak n***n lagi. Raffa sudah 2 tahun 9 bulan hari minggu kemarin, sudah semakin besar.  Tentang menyapih dan cerita menyapih 2 anak sebelumnya ibu pernah posting dipostingan yang ini. 

Untuk sekolahnya Raffa yang masuknya 3 kali seminggu itu, hampir setiap hari sekolah, ada saja laporannya dari teteh, rata-rata laporannya ada anak yang menangis karena Raffa, jadi Raffa tipe anak yang tidak suka diusik, kalau temannya sudah mulai usilin dia, dia langsung bertindak.  Ibu sudah mulai kasih pengertian sama Raffa, supaya tidak boleh gampang memukul, temannya kalau nakal dilaporkan Ibu guru saja, sejauh ini masih belum berhasil,ditowel dikit pasti Raffa jadi galak,jadi menurut tetehnya, hari  kemarin ada anak yang memang susah diatur, dudukin mejanya Raffa, Raffa sudah omong baik-baik, "kalau duduk itu dikursi bukan dimeja", malahan mejanya jadi menjepit Raffa, dan Raffa menangis sebentar karena sakit, setelah mengusap air mata, langsung dia mendorong anak itu, anaknya tidak menangis dan mudah-mudahan setelah ini tidak duduk dimeja lagi.

Untuk belajar disekolah, awalnya Ibu agak terheran-heran, karena Raffa sudah ada pelajaran menebalkan garis titik-titik itu, dan sewaktu buku gambarnya dibawa kerumah, ada satu gambar yang menurut ibu mewarnainya rapih sekali , karena gambar- gambar sebelumnya agak acak-acakan, jadi  ibu dan ay tebaknya itu yang mengerjakan adalah tetehnya, ternyata setelah ibu tanyakan, teteh bilang Raffa sendiri yang mengerjakannya, teteh hanya memberikan instruksi supaya jangan keluar garis saja, hi hi maaf ya Raffa, ibu kirain itu bukan hasil karyanya Raffa (sayangnya ibu gak foto, nanti kalau buku gambarnya dibawa pulang lagi baru bisa difoto).

Dirumah Raffa suka ibu panggil "Raffa anak pinter", belakangan Ibu tambahin lagi jadi "Raffa anak pinter dan soleh", jadinya Raffa kalau disekolah dipanggil sama bundanya (Ibu guru di PAUD dipanggilnya Bunda) "ganteng", dia biasanya protes begini" aku bukan ganteng tapi Affa anak pinter dan toyeh (soleh maksudnya).  Dan kalau dipanggil bubu sama tantenya suka marah, jawabannya sama " aku bukan bubu tapi affa anak pinter dan toyeh.  Kemajuan lainnya sejak dia bersekolah adalah dia jadi suka makan sendiri, dirumah biasanya saat makan, sudah mau mamam sendiri. Alhamdulillah banget deh, pe er raffa sekarang tinggal sukses toilet trainingnya .   Mudah-mudahan selanjutnya ada kemajuan soal toilet trainingnya Raffa.

36 comments:

  1. yeayy... Raffa hebat sudah tdk n***n lagi :) selamat ya Raffa...

    ReplyDelete
  2. ilmu baru nih,siap mempraktekkan weaning with love hehehe

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. Raffa mimi susunya gas poll mak..he he he

      Delete
  4. datang berkunjung kemari, salam kenal ya bu

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal kuga jeng, trims kunjungannya

      Delete
  5. biasanya anak kecil kalau udah sekolah lahap
    kyk adekku dia klo gk sekolah males makan, entah knp

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin kalau sekolah ada kegiatan jadi lapar ya mba ..

      Delete
  6. terharu banget mak.....saya gak tega banget menyapih pas anak pertama, eh ada adiknya juga saya n****nin lagi mpe sekarang, meski cuma sekali2....3 bulan lagi siadek 2 tahun, rencana mau di sapih....tapi rasanya gak tegaaaaa banget....

    ReplyDelete
    Replies
    1. pelan-pelan ajah mak enci...lama2 anak juga paham ...

      Delete
  7. congrats ya buat weaning with love ya! :)

    ReplyDelete
  8. hemm begitu yaaa perjuangan ibu menyapih anak... :D hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he he he iya Icha...cuma sekedar sharingan ibu2 nih..

      Delete
  9. tak terasa.... raffa udah besar sekali
    dapt dua jempol deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasi tante elsa...Raffa senang nih jadi anak besar

      Delete
  10. Horee Raffa pinter :)
    Semangat yaa buat toilet trainingnyaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. trims Bu..
      Iya, mudah2an cepat sukses juga toilet trainingnya,amin

      Delete
  11. 2 tahun 9 bulan ya, hebat raffa. Saya sedang akan (hadeuh bahasana belibet) proses menyapih juga buat salwa ( 2 tahun 3bln) masih belum lepas, jadi semangat lagi baca ini. tks ya sharingnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he 2 tahun 7 bulan Bu, nunggu 2 bulan nih Ibunya buat memastikan bener2 dah sukses nyapihnya, soale nunggu 2 minggu kemarin itu ternyata masih belum sukses .

      Mudah2an Salwa proses menyapihnya lancar ya

      Delete
  12. Wahh Raffa hebat..
    Kynan belum berhasil mbak, masih dalam proses hehehe

    ReplyDelete
  13. Hihi, lucu deh. Iya, Affa anak pinter dan toyeh yaaa :) aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he iya, maunya dibilang anak pinter dan toyeh he he he he

      Delete
  14. yeay! Raffa udah lulus ASInya :)

    ReplyDelete
  15. Selamat buat dd Raffa, srta kesabaran Ibu. Dan sukses untuk misi selanjutnya. Toilet training!!!

    ReplyDelete
  16. Allhamdulillah bisa dilalaui ya weaningnya

    ReplyDelete
  17. saya ijin nyimak bentar gan :D
    keep blogging

    ReplyDelete

ikutan yuks

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...