Wednesday, January 28, 2015

Rame-rame naik kendaraan umum ke Kota Tua

Nampaknya wisata ke Kota Tua memang jadi favorit disaat liburan sekolah akhir tahun kemarin itu, wisata yang murah meriah tetapi tetap menyenangkan buat anak-anak.

Sebenernya sudah lama sekali Ibu berkeinginan kesana bersama anak-anak, tapi belum sempat-sempat terus, akhirnya disuatu pagi yang cerah di hari Jum'at 26 Desember 2014 lalu, jam 9 pagi kita semua sudah siap rapi jali mau jalan-jalan, sengaja anak-anak enggak dikasih tau kalau kita mau pergi ke kota tua tapinya enggak  bawa kendaraan sendiri, naik kendaraan umumnya dikasih tahu pas mau berangkat, 2 anak anteng saja yang terbesar dan terkecil, sementara yang tengah langsung masuk bilang gak mau ikutan kalau perginya naik kendaraan umum...wah gak seru dunk ya kalau formasi gak komplit.
 Fai masih cemburut pas naik angkot
Menunggu Komuter Line
Akhirnya setelah dibujuk ay, mau juga kaka Fai ikutan, jadi kita jalan kaki berenam, kita berlima plus teteh yang kerja pulper dirumah (sekalian bala bantuan kalau Raffa minta gendong). Kita mesti naik satu kali angkutan kota yang disebut koasi menuju Stasiun kereta Klender Baru.  Selama diangkot itu, Fai masih cemberut aja mukanya, masih belum ikhlas kayaknya jalan-jalannya nih, bayar angkot untuk rombongan kita Rp. 15 Ribu.

Untuk tiket yang single trip, ibu beli 5 tiket kalau enggga salah ibu bayar Rp. 40 ribu, ibu sendiri punya tiket yang multi trip, tidak lama menunggu, komuter linenya pun tiba, dan lumayan juga penuhnya di musim liburan ini, iya Ibu bilang lumayan karena masih bisa masuk ke dalam kereta dengan mudahnya tidak seperti kalau pagi jam 6 dihari kerja normal, Teteh yang menggendong Raffa langsung dapat duduk, diberikan oleh Bapak yang baik hati, kaka Fai ikutan duduk nyempil dikit.

Ibu, ayah dan mas Dzaky masih menikmati berdiri sampai stasiun Manggarai....lumayan, latihan berdiri di kereta buat mas Dzaky, setelah itu baru ibu dan ay bisa duduk sampai stasiun terakhir (stasiun kota), sementara mas dzaky memberikan tempat duduknya untuk ibu dan anaknya yang baru naik, so sweet  banget deh abegenya ibu ini.

Pukul 10 kita sudah turun di stasiun kota, masih ada perbaikan diperon stasiun kota sehabis diseruduk lokomotif kereta diesel dijalur 10. 
Rencana yang mau ke Kota Tua hampir batal padahal sudah sampai di Stasiun kota, ay tiba-tiba ngajakin langsung balik takut ketinggalan salat Jum'at, lho kok..Ibu kirain mau Jum'atan disekitaran sini, akhirnya setelah tanya-tanya di mana kota tua yang dibilang tinggal jalan lurus dari stasiun kota, akhirnya gak jadi dunk balik pulang...deket kok ay, kapan lagi kita kesini, akhirnya jadi deh kita ke kawasan kota tua, ternyata baru tau Museum Fatahillah sedang ditutup, awalnya agak kecewa, terakhir kali kesini waktu Ibu masih SMP acara sekolah, dulu itu sampai masuk- masuk ke ruangan penjara yang pendek banget itu yang cuma cukup buat duduk serta melihat rantai-rantai yang katanya dipasangkan ke tahanan.

Ramai banget disini deh, padahal baru jam 11 dan hari itu matahari bersinar cukup terik, jadinya sebentar ajah deh disini, judulnya udah tau kota tua, walaupun sebenernya pengen juga liat-liat museum yang ada disekitaran sini, tapi sementara ini cukup dulu deh dengan membaca petulangannya Emak Riweuh yang komplit banget seputaran kota tua.


 Fai kepengin foto sama manusia patung, ada 3 manusia patung saat kita kesana dan kita foto dengan 2 diantaranya, kasih uangnya sukarela aja, jadi mereka tidak mematok tarif, banyak yang minat berfoto jadi mesti antri karena ramai juga yang mau berfoto.

3 manusia patung





Akhirnya memang cuma foto-foto bentar saja, Raffa malahan takut melihat badut-badut yang macam-macam itu, ada badut Upin Ipin, badut Marsha tanpa bearnya, banyak deh badutnya dan ramai sekali, kaka Fai minta dibelikan ikan2an yang bisa mengeluarkan bubble, kalau di tiup ibu gak kasih, karena yang ini modelnya kayak pistolan jadi gak ditiup okelah ibu ijinkan, mainan kayak begitu harganya 35 ribu. Fai baru keliatan happy setelah beli mainan itu, setelah itu pulang deh, jam 11 kurang sudah sampai lagi di stasiun kota, isi kartu lagi untuk perjalanan pulang  dan tidak lama komuter linenya berangkat, kali ini keretanya kosong, ya iyalah kan naiknya dari ujungnya ya dan kaka Fai minta difoto di kereta pas perjalanan pulang dan sekarang sudah bisa senyum nih si kaka Fai.
Perjalanan lancar, setelah tap kartu digate keluar, Ibu ambil uang jaminan sekalian kembaliin kartu single tripnya, Rp. 5 ribu rupiah jaminan untuk satu tiketnya.

Dan sampai dirumah sebelum jam 12, jadi bisa Jum'at di masjid dekat rumah deh si ay ma mas Dzaky dan kaka Fai. , begitu sampai rumah, ay dan mas jek serta kaka fai langsung ke masjid untuk salat Jum'at,

Singkat banget, pulang pergi cuma 3 jam saja, dan anak-anak pun senang,apalagi Raffa,senang banget dia naik kereta, sampai sekarang masih ngajakin naik kereta terus , sementara abang2 dan ay Jum'atan Raffa happy sekali  mainin mainan bublenya kakak Fai. Hmm, kayaknya setelah ini harus nyobain naik kereta yang jauhan dikit mungkin ke Pekalongan atau Cirebon, pasti lebih happy lagi ya anak2, apalagi ibunya bisa belanja2 batik.

42 comments:

  1. pulangnya enak bisa dapet tempat duduk ya, kalau perginya jarang dapat ya kalau dari klender :) Kalau aku dari ujung ke ujung naik keretanya kalua mau ke kota

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi hi iya Lidya..enakan naik dari ujung ke ujung ya

      Delete
  2. Aku juga pernah tuh bawa anak2 naik kereta api ama bajaj cuma iseng doang, buat nambah pengalaman aja. Ga disangka, anak2 malah seneng aja tuh walopun kepanasan dan rame

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengalaman yang berbeda buat anak2 jadinya pada senang ya vera

      Delete
  3. Whaaa, serunya.. naik CL, naik angkot, hehe..

    Trus, kebayang manusia patung itu apa nggak gerah ya pakai baju kayak begitu dan dicat segala.

    Seru, Mbak!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi pekerjaannya tuh mba..pernah baca soal manusia patung itu...

      Iya seru bgt mba..ngangkot dan naik CL

      Delete
  4. Sik asik asik.. jadi juga jalan2nya 3boys :)
    Ayo naik kereta jauhan lagi *kompor*
    Gegara naik kereta ke Sukabumi, sampe skr Dd Irsyad nagih mulu pengen naik kereta yg jauh.
    Udah rencana mau naik kereta ke Cirebon, tp blm kesampaian krn kemarin Aa libur sekolahnya singkat.
    Eee lucu jg kali yaa Mak, kita naek kereta ke Cirebon bareng. Jadi 6 boys in a train! Haha.. heboh pastinyaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah pasti heuboh bgt ya mak 6 boys naik kereta barengan.......kebayang deh riweuhnya he he he he

      Delete
  5. Asyik banget mbak.....
    Saya pernah ke kota tua sendirian. bener2 sendirian. Jadi tak bisa foto2 sepuasnya. Tapi ya... tetep... eksplorasi maksimal meski sendirian. hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah keren bgt mba susi...sendirian ke kota tua.....

      Delete
  6. Iya biasa anak anak malah seneng ya diajak naik kereta kok fai malah ngambek? Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Fai kayaknya malas jalan kakinya ke jalan raya trus nunggu2 angkotnya itu...

      Delete
  7. Seru yah jalan2 singkatnya.. Aku pernah ajak millie naek kereta jg dia seneng bgt hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he Millie senang ya naik kereta , kereta biasanya selalu jadi favorit anak2 ya ,,,,,

      Delete
  8. asiik, Kakak Fai udah senyum lagi. Keke sama Nai malah pengen naik kendaraan umum lagi kalau ke Kota Tua. Dan, kayaknya kalau ke Kota Tua memang enaknya naik kendaraan umum. Kalau bawa kendaraan pribadi, ribet

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bun..enak naik kendaraan umum ya..naik kereta apalagi enak dan ga macet..

      Delete
  9. Saya yang belum pernah naik komuterline bu... berasa banget pengen nyoba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau pas gak pas jam orang ulang or pergi kerja coba naik komuterlinenya pasti lebih nyaman jeng

      Delete
  10. Jalan2 naik kendaraan umum emang asik kok, kakak Fai cemberut karena belum biasa aja kali ya .. tuh pulangnya udah bisa senyum.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya..kaka fai senang juga akhirnya Bu...

      Delete
  11. wah asik banget ya mak,itu pulangnya kosong dan kelihatan dari wajahnya anak2,seneng banget ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya pulangnya yang asik mba ..perginya juga masih lumayan kok walau berdiri...

      Delete
  12. seneng lihat wajah cerianya Raffa lagi main bubble...hehehe...asyik juga ya Bun jalan2 pakai kendaraan umum ke kota tua, nanti ah kalau udah di pulau Jawa saya mau jajaki kota tua Jakarta :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi hi iyah Bun..buat foto2 keren memang kawasan kota tua...banyak museumnya juga .

      Delete
  13. untung fai cuma cemberut... dulu, jav malah nangis2 heboh waktu diajak naik angkot, :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi hi adek jav kan masih kecil...kalau kk fai udah gede nih,,,mdh2an gak suka ngambek lagi deh kk fai..malu sama jav nih

      Delete
  14. KOta Tua memang selalu menarik untuk dikunjungi. Saya juga baru nulis nih mbak tentang hotel murah di Jakarta, yang dekat dengan destinasi wisata di Jakarta... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mami vaya...kota tua emang bikin penasaran yaa...

      Delete
  15. Masya Allah, so sweet banget pas Dzaky ngasih tempat duduknya buat ibu2 :) mudah2an jadi anak shaleh semua ya anak mbak, aamiin.

    ReplyDelete
  16. naik kereta memang menyenangkan sekali ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Elsa....kereta api selalu buat anak2 senang...

      Delete
  17. Akhirnya mau juga Fai senyum ya :D

    Seru mbak, ngajak anak2 naek kendaraan umum kayak gitu, pengalaman yang gak biasa buat mereka kan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya jeng...biar terbiasa dengan segala kondisi jeng..

      Delete
  18. Serunya liburan keluarga. Meski gak jauh juga sih, yang penting quality time-nya dapet ^^

    cokelatgosong.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Hilda, yg penting quality timenya...

      Delete
  19. horeee...mas Fai sudah nggak cemberut lagii, meski baru happy saat naik kereta...berhasil yach liburannya...

    ReplyDelete
  20. Kebayang deh kalau si kecil naik angkot,, hihihi saya sudah pernah foto dengan patung manusia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah yg jauh sudah duluan ke kota tua..pasti foto2nya bagus2 ya bli..

      Delete
  21. naek transportasi umum memang jadi pengalaman yang seru bagi anak-anak. ;)
    ikhsan ikhfan juga pernah saya ajak naek bis untuk sekedar jalan-jalan di taman pintar yogya. Tapi kalau naek kereta, belum pernah... pengen nyobain juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi hi iya bener bgt jeng..menarik dan juga latihan buat anak2...

      Delete

ikutan yuks

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...