Monday, April 13, 2015

Manisan kolang kaling untuk obat

Beberapa waktu lalu, tanpa sengaja ibu mendapatkan informasi ini dari teman ibu, kolang-kaling bisa untuk obat, kebetulan istri teman ibu juga memiliki masalah yang sama, lututnya juga dibilang sudah aus, minyaknya habis, memang setelah rontgen di rumah sakit dekat kantor dan cek darah di dokter lain di Rumah Sakit dekat rumah, ibu tidak meneruskan periksa ke dokter lagi.  Padahal setelah 2 kali ke dokter internist, ibu diminta ay untuk periksa ke dr syaraf, padahal RS dekat banget dari tempat kerja ibu, tapi aduh kok rasanya gimana gitu, gak sempat-sempat terus dan malas .

Dipikir-pikir tidak ada salahnya mencoba, akhirnya diniatkan untuk mencari kolang kaling ke pasar, dan dijadikan semacam manisan kolang-kaling gitu, supaya menarik dikasi pewarna makanan warna merah dan hijau. Dan inilah camilan yang ibu bawa ke kantor sekitar 2 mingguan ini, biasanya lutut kanan kalau sudah duduk lama, agak sakit untuk diajak jalan dan sekarang sudah lumayanlah.



Setelah dibersihkan, kolang kaling langsung direbus, ditambahkan sedikit garam, baking soda dan seikat daun pandan, ditiriskan sampai benar-benar kering.

Lalu masak air dan gula sampai mendidih, waktu kemarin gulanya hanya pakai segelas saja karena memang gak mau manis-manis untuk 1/2 kg kolang kaling. Kolang-kalingnya dimasukkan sampai gulanya kering, jika suka bisa ditambahkan pewarna makanan.

Setelah dingin disimpan di toples yang berkaca dan disimpan di kulkas, siap deh untuk dinikmati, biasanya tiap hari ibu bawa buat camilan pas kerja, jadinya biasanya jajan gorengan bakwan atau tahu yang disiram kuah kacang  diganti ngemil kolang kaling.   Simple dan praktis jadinya ya, sekalian deh buat obat lutut dan juga jadi sekalian buat diet.
Baru tahu juga kalau kolang kaling itu termasuk buah, dan ternyata manfaatnya banyak sekali, berikut 8 manfaat buah kolang kaling yang di ambil dari http://kesehatantubuh-tips.blogspot.com

1. Untuk memperkuat tulang
Orang-orang sangat rajin untuk mengkonsumsi susu karena memiliki kandungan kalsium yang tinggi untuk tubuh, sehingga susu sangat bermanfaat untuk pertumbuhan tubuh, terutama untuk anak-anak yang memang dalam masa pertumbuhan. Akan tetapi susu memiliki risiko berupa kalori yang tinggi, sehingga apabila dikonsumsi secara berlebihan juga sangat tidak baik karena dapat membuat tubuh menjadi kegemukan.

Dan pada buah kolang kaling ini pada setiap 100 gram kolang-kaling mengandung 91 mg kalsium, sedangkan susu sapi murni pada setiap 100 gram susu sapi murni mengandung 125 mg kalsium. Sehingga dengan begitu mengkonsumsi buah kolang kaling ini juga bisa dijadikan alternatif yang cukup baik sebagai sumber kalsium selain dari susu.

2. Sebagai makanan diet

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ahlinya, bahwa pada 100 gram buah kolang-kaling ini mengandung hingga 0,69 gram protein, karbohidrat sebanyak 4,0 gram, kadar abu sebesar 1 gram, dan serat kasar sebesar 0,95 gram. Adapun untuk kadar air pada buah kolang-kaling ini sangat tinggi yaitu hingga 94% yang dengan kadar air tinggi tersebut membuat buah kolang-kaling menjadi sangat segar di tubuh ketika Kamu konsumsi.


Kemudian pada kolang kaling juga terkandung gelatin yang memiliki efek bagi yang mengkonsumsinya akan timbul rasa kenyang, sehingga apabila memang Kamu dalam keadaan nafsu makan yang berlebihan, maka jangan khawatir karena buah kolang-kaling ini akan membuat hilang pada nafsu makan yang berlebihan itu.

3. Sebagai obat radang sendi.

Pada buah kolang-kaling memiliki kandungan zat galaktomanan yang memiliki khasiat untuk menyembuhkan atau minimalnya dapat meredakan penyakit pada radang sendi. Jika Kamu dalam proses pengobatan, maka Kamu dapat memakan buah kolang-kaling ini sebanyak 100 gram atau lebih sedikitnya pada setiap hanya. Untuk mengkonsumsi buah kolang-kaling ini dalam keadaan yang demikian maka disarankan untuk dikonsumsi dengan direbus tanpa memakai segala macam perwarna dan gula.

4. Buah Kolang kaling kaya akan kandungan serat

Buah kolang kaling mengandung air dan serat yang cukup banyak, dimana serat ini sebuah zat yang bermanfaat bagi kesehatan pencernaan kita, dimana dengannya kita dapat terhindari dari namanya susah buang air besar, sembelit dan bahkan diare sekalipun. Dengan mengkonsumsi 5 sampai 10 butir kolang kaling pada setiap harinya, itu sangat berkhasiat untuk memperlancar pencernaan Kamu, selain itu kolang kaling juga populer dan sangat baik untuk menjalankan program diet yang sehat.

5. Buah kolang kaling berkhasiat untuk memperkuat tulang

Buah kolang kaling ini memiliki manfaat dan khasiat untuk memperkuat tulang dan mencegah terjadinya osteoporosis. Dimana didalamnya terdapat kandungan kalsium 91 miligram kalsium untuk tiap 100 gram kolang-kaling, dimana ini sangat bermanfaat  dalam memenuhi kebutuhan kalsium pada tubuh, dan Kamu dapat menjadikannya buah kolang kaling ini sebagai alternatif pengganti susu.

6. Kaya akan kalsium

Buah kolang kaling yang kaya akan kalsium sangat baik untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan tentunya seperti terjadinya masalah kesehatan tulang, gigi dan persendian tubuh yang tidak dapat berfungsi seperti sedia kala. Buah kolang kaling ini dapat Kamu jadikan sebagai konsumsi sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan kalsium, utamanya untuk sebagian orang yang alergi pada susu sapi. Dengan mengkonsumsi 100-200 gram kolang kaling dalam sehari, yang tentunya tanpa pemanis buatan ataupun pewarna maka bermanfaat untuk mencegah dan mengobati masalah pada radang persendian.

7. Melancarkan Pencernaan

Kandungan serat kasar yang terkandung pada buah kolang-kaling hingga 39%, dimana ini berkhasiat agar dapat melancarkan pencernaan tubuh, kandungan serat disertai karbohidrat yang cukup tinggi membuat kolang kaling bermanfaat untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari, selain juga dapat melancarkan pencernaan, dimana Kamu akan dapat lebih mudah dan teratur dalam pembuangan air besar, serta khasiat buah kolang kaling ini juga baik untuk menghindari terjadinya obesitas atau kegemukan pada tubuh.

8.  Sebagai Obat gatal-gatal.

Buah Kolang kaling memang sudah diragukan lagi sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, akan tetapi getah pada kolang kaling juga katanya memiliki manfaat untuk dijadikan obat gatal pada tubuh. Akan tetapi untuk menerapkan ini dibutuhkan tutorial dari orang yang sudah dan pengalaman dalam mengobati gatal dengan buah kolang kaling.

41 comments:

  1. TFS ya mak.. suka banget sama kolang kaling tp suka males ngolahnya :p
    Bisa buat diet juga yaa.. wah asikkk tp mungkin klo buat diet gulanya ganti ya bukan gula pasir ?

    kalo ditaro di lemari es dimakan dingin2 yummy banget ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ini next time mau kurangin gulanya dan gak dipakain pewarna...makasi mak rizqa

      Delete
  2. Wow...baru tau, ternyata manfaatnya banyak banget ya mbak...

    ReplyDelete
  3. Wihhhhhhhhhh, baru tau juga loh kolang-kaling ternyata bermanfaat banget :D Biasa makan kolang-kaling pas buka puasa Ramadhan aja sih, jadi nggak terlalu update sama manfaatnya. Thanks Mak infonya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. samaan mak...baru tau juga ternyata banyak manfaatnya...

      Delete
  4. jadi inget Ramadhan nih mba...saya biasanya dibikin kolak :) ikutan kuisku yuk mba di http://rumahmayakania.blogspot.com/2015/04/temen-duet-nasi-yang-super-nikmat.html?showComment=1428920951919#c6059039288955974928

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba nia..biasanya cuma buat Ramadhan aja ya..

      wah wah pengen mampir segera ke kuis......

      Delete
  5. waah ternyata, manfaatnya banyak banget ya. pantas saja mamiku yg diabet dianjurkan u makan kolang-kaling. makasih infonya, ya mak :)

    ReplyDelete
  6. teryata banyak juga ya mafaatnya,saya baru tahu mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba Hanna, saya pun baru tau juga.

      Delete
  7. Kolang kaling emang banyak manfaatnya yah mbak... aku kok bikin manisan kolang kaling kalo bulan puasa aja... hehehe...

    Jd ingin bikin juga.. yup! Betul tuh jd bisa menggantikan cemilan yg kurang sehat :)

    Thanks for sharing mbak Fitri :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bun....baru tau juga pas ngobrol2 ma teman ...

      sama2 bunda...

      Delete
  8. Vania juga sukaaa, tante.. apalagi kalau kolang kalingnya muda, diiris tipis2 dan dicampur ke es buah.. hmm yummy...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah ngebayangin es buahnya jadi kepengen juga deh Vania...

      Delete
  9. wah ternyata kolang kaling banyak manfaatnya ya. gua gak suka lho ama kolang kaling. rasanya aneh. hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya gak suka2 banget juga sih, biasanya makannya juga pas ramadhan aja..berhubung demi supaya sembuh, dibela-belain suka deh

      Delete
  10. aku suka banget kolang kaling, tapi belum pernah bikin sendiri hehehe biasnaya mama yang masak

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah enaknya yang dimasakkin mama nih

      Delete
  11. Aku tau ini dr papa ku mbak, papa ku tulang belakangnya kan sering sakit, jd makan ini tiap hari :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku telat taunya nih ye..

      tapi better telat daripaa gak tau sama sekali...

      Delete
  12. Nah, dari dulu pingin bisa bikin kolang-kaling jadi manisan tapi nggak tau caranya :). Trims sudah berbagi :).

    ReplyDelete
  13. Lutut emak saya juga sering sakit mbak. Kalau bangun tidur ndak bisa jalan sebelum dipijit2. Beberapa obat sudah dicoba, tapi obat berhenti ya kambuh lagi.
    Lain kali mau nyobain bikin manisan ini, sapa tau cocok. TFS mbak.

    ReplyDelete
  14. Wow,,aku baru tau ini mba,,kebetulan ibu mertuaku jg ada masalah dg lututnya,,semacam pengapuran gt,,bisa yaa?
    Makasiih infonya ya mba,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga lg coba bareng2 mamaku jeng..

      mudah2an bisa ya...



      Delete
  15. papaku jg dah coba mbak kolang kaling jadi obat. jadi sempat sering liat kolang kaling satu panci buat dimakan papaku ndiri hehe.. (lovelyristin.wordpress)

    ReplyDelete
  16. Banyak sekali yaaa manfaat kolang-kaling.
    Usai membaca ini saya jadi ingin makan kolang-kaling untuk meraih manfaatnya.
    Terima kasih banyak ya, Mbak.

    ReplyDelete
  17. waaah.. kolang kaling bisa digituin juga ya mba.. aku biasanya cuma dikasih perasa cocopandan trus dimakan sama es buah gitu.. haaah.. segeeer..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah enak dan segar ya apalagi buat bukpus ...

      Delete
  18. Owh....saya baru tau Bun manfaat kolang kaling, terima kasih infonya Bun :)

    ReplyDelete
  19. ah... saya juga lagi mulai konsumsi kolang kaling secara rutin. Karena kaki sering nyeri kalau berdiri lama.
    ternyata banyak manfaat kolang kaling. Nyontek resep manisan kolang-kalingnya ya mba

    ReplyDelete
  20. wah, banyak juga ternyata manfaatnya ya, tapi kalau ada pewarnanya gitu apa nggak hilang mbak manfaatnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pewarnannya aman karena pewarna makanan,,,tidak dipakaikan pun tidak apa2 kok..

      Delete
  21. WOw! baru tahu, enak kalau koalng-kaling dicampur bajugur, aduhai mantep. terim kasih teh fitri. obat gabagen anak

    ReplyDelete

ikutan yuks

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...