Wednesday, May 06, 2015

Pepes Praktis three in One

Libur long weekend kemarin gak kemana-mana, jadilah hari Jumatnya coba-coba buat no bake oreo chocolate  cheesacake dan hari minggunya Ibu belajar buat pepes sama si teteh,asisten pulper dirumah kita ini memang masakannya enak-enak, sekalian aja ya diposting disini biar ingat bumbu dan cara buatnya, biasanya kalau lama tidak dibuat pastilah jadi lupa.

 Jadi ini ceritanya pepes untuk 3 versi yaitu buat pepes ikan lele, pepes teri dan pepes tahu,  biasanya dirumah cuma buat  2 macam pepes saja  , pepes tahu sama pepes teri aja, tapi ay pengen lele versi lain selain digoreng, jadi berhubung pas mau buat pepes jadi sekalian aja deh ikan lelenya dipepes, untuk trial dicoba sedikit dulu yaitu 3 ekor ikan lele dan untuk kepraktisan bumbunya diblender aja, kalau mau diulek pastinya lebih sip lagi.


Pertama persiapan bahannya dulu :
bawang merah 8 siung
bawang putih 10 siung
tahu putih besar 3 buah
cabe rawit secukupnya
cabe merah ulek secukupnya
1 ruas jahe
1 ruas kunyit
daun salam secukupnya
daun kemangi secukupnya
sereh kira2 8 batang
teri basah setengah kg
lada halus (untuk pepes tahu)
garam dan gula secukupnya
minyak goreng secukupnya
kemiri 5 buah
daun pisang dan steples

Bumbu pepes tahu cukup diiris saja, sedangkan bumbu teri dan lelenya direbus lebih dahulu sebelum diblender, yang diiris hanya batang sereh dan cabe rawit atau merah saja.

bawang untuk pepes 3 jenis

ikan teri basah 1/2 kg

ikan lele 3 ekor

bumbu yang disiapkan untuk pepes tahu

yang sudah diiris
bumbu yang siap hendak direbus sebelum diblender

Cara Pembuatan :
Untuk Pepes tahu
Untuk pepes tahu bawang merah 3 siung, bawang putih 2 siung, cabe merah 2 buah, cabe rawit 5 buah semuanya diiris halus. tahu 3 buah dihancurkan, diberi daun kemangi secukupnya, diberikan garam dan gula secukupnya, lada halus dan diberikan sedikit minyak goreng dan diaduk rata. Tinggal dibungkus deh, diisikan satu sendok makan dibawahnya  diberikan daun salam.


Untuk pepes ikan lele dan teri basahnyanya
Lele yang masih segar, dicuci dengan garam halus, dicuci sambil digosok-gosok kulitnya, sehingga lele menjadi tidak licin lagi.  Setelah itu, lele baru dicuci bersih dengan air yang mengalir.

Untuk teri basahnya cukup dicuci bersih  seperti biasa. Untuk bumbunya  teri basah dan lele samaan, bumbunya direbus sebentar, setelah itu tinggal diblender ajah nih bawang merah, bawang putih,kunyit, jahe dan kemirinya, diberikan sedikit air. Batang serehnya diiris tipis2 diambil putihnya saja. Setelah jadi bumbu halusnya, separuh dibagi ke ikan lele, ditambahkan sedikit adonan untuk pepesan tahu,daun kemangi, diberikan sedikit garam dan gula, dicampur daun serehnya dan diberikan sedikit minyak goreng dan sudah siap dibungkus, jangan lupa menambahkan daun salam  setelah itu baru diisikan lele dan sedikit pepesan tahu tadi.

Untuk pepes terinya juga sama, kalau suka bisa ditambahkan sedikit cabe merah ulek supaya rasanya semakin mantab, diberikan garam dan gula, daun kemangi, irisan batang sereh, serta sedikit minyak goreng dan ditambahkan sedikit pepesan tahu dan siap untuk dibungkus. Dan selesai bungkus bungkus semua pepesnya, siap untuk dikukus deh.

Mudah bukan?....kelihatan mudah dan cepat, tapi pas mencoba menyobek daun pisangnya saja, jadinya sobek tercerai berai he he he , perlu sering-sering latihan ya biar mahir nih, dan kelupaan loh buat foto pepesnya setelah jadi...yang jelas rasanya mantab deh.

updated 16.9.15, akhirnya bisa pasang fotonya juga setelah bikin pepes lagi.

45 comments:

  1. kok gak ada gambarnya pas udah jadi. pepes tahu harusnya enak tuh... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, saking enaknya ludesnya cepat gak keingetan untuk di foto hasilnya ...

      Delete
  2. Pasti sedep banget ya mbak.
    Btw, ternyata bumbu dan cara masaknya sama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah...pasti sama sedapnya ya mba susi

      Delete
  3. Padahal aku nungguin foto jadinya mbak..hahaha...sayang gak ada yah..

    Kalo aku gk suka pepes, tapi suami suka, tapi gak pernah ku bikinkan juga sih, gak tau soalnya...hihihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. nti kalau buat lagi, diupdate deh foto jadi pepesnya deh..he he he

      Delete
  4. Enak banget ya mbak, apalagi dimakan dengan nasi yang hangat... hhmmmm

    ReplyDelete
  5. enak banget mbak, apalagi kalau dimakan dengan nasi hangat

    ReplyDelete
  6. Enak banget ya mbak, apalagi di makan dengan nasi yang hangat..hhhmm

    ReplyDelete
  7. sebelum pakai daun isang,di celup dulu dia air panas mbak biar lemes hehehe..kebayang enaknya pepes lele^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya saya liat daunnya ditaruh diatas api mba..tapi kemarin si teteh gak pakai cara gitu, cuma dilap ma langsung sobek...kalau dicelup malahan baru tau...tfs mba Hanna

      Delete
  8. Enak tu mbak... dimakan pakai nasi hangat..hhmmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener banget mom..mas azka doyan pepes gak nih??

      Delete
  9. Huaaaa suedaaappp mba, kok aku jd pengen bikin pese juga nih. Udah lama banget gak biking pepes ikan atau ayam :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah jadi pengen nyobain ayam dipepes nih mba

      Delete
    2. Oiya ayammm.. vania jg mau coba pepes ayam, tantee.. ^_^

      Delete
  10. Aduh mbak fitri... yummy sekali pasti, bumbunya banyaaak... aku contek yah resepnya.. lg ngebayangin pepes gurame... hihihhi... tanpa cabe tapi.. hiks... tp ya rapopo deh wkwkwk...

    Thanks for sharing mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah ga suka cabe ya bun....

      hi hi ga pa pa pasti tetep enak ya kalau gurami pepesnya

      Delete
  11. wii sekali tepuk dapet tiga pepes! sampe langsung ludes ya mak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi hi iya mak..maklum banyak pasukan nih..

      Delete
  12. Tertarik buat pepes tahunyaaaaa..
    aaah . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah pengantin baru nongol nih...

      idah pastinya rajin masak nih

      Delete
  13. Foto pepes yang udah jadinya mana mba :)
    Kalau saya paling suka dengan pepes teri, dimakan dengan nasi hangat dan sambal pedas ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi hi belum buat lagi mba susi, nti insya allah diupdate foto pepes jadinya ya

      iya, saya sukanya juga pepes teri..ga doyan ikan lele

      Delete
  14. Lah kok pengantin baru ? Apa aku yang nggak di undang nih pas nikahannya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa diconfirm langsung ke yang bersangkutan saja ya....

      Delete
  15. Pepes ikan mas kalau saya mba, pertamanya enak dimakan tapi udah setengah aja, langsung eneuk. Gak tau kenapa. Terlalu gurih mungkin. Jadi kayaknya pepes teri lebih maknyus

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung selera masing2 ya buatnya... ikan mas juga enak ,,,

      Delete
    2. Jiyaaaah Bun, samaaa minggu lalu pun saya bikin pepes ikan tenggiri sama trakulu, gara2 liat sinetron Tukang Ojek Pengkolan adegan Tati bikin pepes ikan trus Ojan kepengen juga, eeh saya jd pengen juga pepes ikan....hehehe. Kalo saya bumbunya sama tp mentah pas udh dihaluskan lsng dibalur ke ikan, bungkus lalu kukus, katanya kl pepes model begini ala org banjarmasin. Ngebungkusnya itu bagian paling sulit, saya juga sobek2 daunnya. Sebelum dipakai daun pisangnya saya bakar di atas api supaya lemes dan gampang dipakai bungkus, ah tapi saya mah emang dasarnya ga bisa tetep aja sobek...xixixixi

      Delete
    3. he he he wah jadi pengen nyobain buat pepes ala orang banjarmasin deh bun...

      Delete
  16. Ah.. Kayaknya bakalan menggiurkan tuh, Mbaaak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya..mesti dicobain biar tau rasanya ya

      Delete
  17. duh liat ikan lele nya ngilu.. tapi enak kalau udah di olah :D

    ReplyDelete
  18. Duh... duh... sejak siang saya belum makan, mampir kemari, huaaaa... serasa tambah lapper neh.... pepes yang nikmat iniii :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah, insya allah enak Pak Ustad

      Delete
  19. Buat pecinta ikan pasti enak tuh, sayang saya ga suka ikan

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah sayang sekali padahal ikan enak dan bergizi lho...

      Delete
  20. huaaa pasti sedap nih,,,, terimakasih tipsnya mbak :))

    ReplyDelete
  21. nyontek resep pepes tahunya ya mba...

    ReplyDelete
  22. akutakut megang lelenya :) pepesnya enak pastinya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya agak licin memang bersihin lelenya

      Delete
  23. Pepes itu mudah. Anak-anak saya juga suka. Yang sulit itu saat membungkusnya. Saya masih harus banyak latihan untuk membungkusnya :D

    ReplyDelete

ikutan yuks

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...