Monday, August 03, 2015

Mendadak ikutan mudik (jalan-jalan dan kulineran)

Awalnya memang kita berencana untuk pergi ke Pekalongan, Semarang dan Yogyakarta.  Ada yang kangen kepengin makanan khas Pekalongan, Garang Asem,  nasi Megono, Soto Pekalongan,  teh gelas bandulan, teh gelas bandulan tuh rasanya beda banget apalagi diminum pas lagi panas - panas gitu, segarnya dan tauco yang asli pekalongan ,supaya rasanya bisa pas kalau mau buat sendiri di rumah.

Yang dirindukan dari kota Yogya yaitu SGPC Bu Wiryo,  Soto Kadipiro, resto jejamuran yang ngehits banget itu dan lain-lain

Sementara di Semarang pastilah sotonya yang seger-seger itu kayak soto Pak Man, Soto Pak Rebo dll.  

Itu baru kepengen makanannya, kalau tempat yang ingin dikunjungi udah kebayang di daftarnya nih.

Di Pekalongan pengen ke :
Pantai Pasir Kencana
Musium Batik

Terus kalau lewat Ambarawa kepengen ke:
Museum Kereta api

Disemarang pengen ke:
Lawang Sewu, biasanya kan cuma ngelewatin aja, pengen juga masuk sekali-kali
Masjid Agung Semarang
Toko Oen Semarang
Kawasan Kota Tua Semarang
Klenteng Sam Poo Khong


Ke Yogyakarta kepengen ke :
Taman Pintar
Candi Borobudur
Candi Prambanan
De Mata Musium

Banyak banget ya listnya
Awalnya ay berencana ikutan Reuni 25 tahun alumni angkatan beliau di SMPN 2 Pekalongan, di hari Senin setelah lebaran, eh dihari itu yang ada kita malahan pergi ke RS Hermina Jatinegara ngedaftarin si ay yang sakit gigi , sementara drg langganan dekat rumah baru buka di hari Jumatnya.

Untuk akomadasinya, ibu dah sempat tanya-tanya dan pesan buat yang di Pekalongan  kalau sebelumnya  udah nyobain Hotel Horison di Pekalongan, sekarang pengen nyobain hotel lain yaitu di Hotel Dafam, dan anehnya kok gak dimintain DP dulu ya, sementara untuk di Yogyakarta, ay kepengennya di Novotel Yogyakarta, udah ibu bookingin dan bayar sekalian kira-kira seminggu mau puasa.

Dan malamnya, mungkin karena giginya sudah tidak berasa cenat cenut lagi, ay memutuskan untuk jadi berangkat mudik juga besok paginya, whatt ...., pertimbangannya arus mudik yang sudah mereda dan serta alasan satu ini  yang sangat bagus  anak-anak yang udah libur sekolah sebelum puasa, udah  1.5 bulan tidak diajak kemana-mana, cuma dirumah saja, saat Sabtu Minggu pas bulan puasa kemarin, ay yang biasanya ngajakin keluar pun senangnya di rumah aja, kan enak , puasa2 bisa tidur siang, he he he.

Juga penasaran juga dengan tol baru, tol Cipali yang katanya panjang dan jalannya lurus-lurus aja sepanjang 116 km, yang dinobatkan sebagai tol terpanjang di Indonesia.

Kak Fai dengan gaya bonengnya
Jadi malam itu langsung instruksiin mas dzaky dan kaka Fai  untuk siap-siapin baju untuk pergi selama 5 hari, ,mendadak packing dan alhamdulillah nampaknya yang penting-penting tidak ada yang terlewat.

Perjalanan kita termasuk lancar dihari lebaran ke-5 itu, berangkat jam 08.00 WIB dan masuk tol Cikampek jam 08.30 WIB dan 13.30 WIB sudah masuk kota Pekalongan, dan Pekalongan macet sekali, rupanya tol cipali memindahkan macet dari tol cikampek ke Pantura nih.

Pas juga sampenya nih, pas jam makan siang, jadilah ditemanin Sohibnya si ay Om To-Be kita  yang biasanya makan Soto Pekalongan Damudji atau Soto PPIP, sekarang coba di Soto Dul.
Soto Pak Dul ini strategis banget, pasti lewat sini kalau lewat jalur pantura, letaknya didepan Pasar Grosir Sentono, kalau yang biasanya kita singgahi soto Damudji dan Soto PPIP letaknya masuk - masuk ke kotanya, belum pernah nyobain soto Pekalongan?? wah harus nyobain ya, berhubung di Jakarta, gak tau soto Pekalongan yang enak dimana, dan coba sendiri coba masih belum seenak soto  di tempat aslinya, jadilah ini makanan wajib yang harus diabsen saat ke Pekalongan.

20 comments:

  1. belum pernah nih makan soto pekalongan.. enak mana sama soto madura? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. enaknya beda-beda sih..enak semua kayaknya

      Delete
  2. Asyik dong yah bisa mudik, hihi

    ReplyDelete
  3. Jawa tengah, banyak bgt yg pingin aku kunjungi. Pekalongan salah satunya. Noted, nanyi harus nyobain soto, berarti :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah iya...harus nyobain nih kalau jalan2 kesana...

      Delete
  4. Pengen nyobain jalan2 ke Pekalongan, Mbak. Belom pernah ke kota itu. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mba..deket sekarang dari Jakarta dengan adanya tol baru ya...

      Delete
  5. ganteng ganteng banget mb putra putranya hehhehe

    ReplyDelete
  6. Akugak semoet ke taman pintar waktu itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku cuma sempatnya ke Taman Pintar aja lidya..yg lainnya engga sempet ...

      Delete
  7. Iya ya, lumayan cepat lewat tol baru ini. eh, postingan baru kita sama-sama tentang Cipali ya mak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he iya bener banget mak ...masih minim fasilitas tapi ya...

      Delete
  8. aku malah belum pernah nyobain soto pekalongan, kalo ke pekalongan yg dilirik adalah batik2 pekalongan hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kita kemarin ga sempet ngelirik batiknya malahan

      Delete
  9. jadi juga jalan2 Bu, sebetulnya lebaran kemarin keluarga besar punya rencana ke yogya (kampung bapak saya), tapi dibatalkan karena mama sakit, padahal saya udah bolak balik baca2 blog ini jadi sumber referensi buat jalan2 di yogya

    ReplyDelete
    Replies
    1. gimana sekarang mamanya bunda......berarti lebarannya di Bandung ya

      Delete
  10. saat mudik lalu, beramai-ramai pengen nyobain cipali. Akhirnya macet banget :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. pas kita jalan macetnya malahan di tegal brebes pekalongan bun..

      Delete

ikutan yuks

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...