Thursday, August 06, 2015

Tauto Pekalongan, Sotonya Orang Pekalongan

Awalnya pengetahuan Ibu akan soto Nusantara cuma sebatas soto Padang saja, itupun bukan buat sendiri tapi biasanya dibawain mamanya Ibu sepulang kerja dari Rumah Makan Padang Surya sejejeran Stasiun Jatinegara itu. 

Setelah bekerja, mulai tahu soto selain soto padang, Soto Pak Kumis Kebayoran Baru (yang tahun ini pindah posisi ke dekat kantor Pos Kebayoran), itupun karena dekat dengan kantor jadi alternatif buat sarapan pagi atau makan siang, atau kalau habis gajian bisa melipir ke Soto Pak Sadi Kebayoran Baru yang masih dekat kantor juga, tapi ya itu kalau kesana gak bisa sering-sering soalnya waktu itu hitungannya sekali kesitu bisa buat makan siang 3 hari di warteg dekat Pasar Santa he he he 

Selanjutnya nyobain soto kudus, soto surabaya, soto betawi, soto sokaraja, soto gebrak tebet, barulah menyadari Indonesia kaya makanan enak ya,soto aja macam-macam begitu. Walau udah mencoba macam-macam soto, tetap saja ibu gentar ketika pertama kali mencoba soto pekalongan loh, hi hi kenapa gentar, begitu dicobain kok rasanya aneh bin ajaib, warnanya agak coklat  gitu. Terus tidak ada pilihan menu lainnya pulaks, ya cuma jual soto itu, coba kalau ada ayam goreng, pasti ibu  milihnya ayam goreng.

 Jadilah waktu awal mencoba sempat bete juga karena tidak tau dimana enaknya, ditambah lagi waktu itu mas dzaky yang masih kecil tidak mau mam juga, akhirnya dibawalah di tempat makan buat mam dia diperjalanan, ternyata dia doyan, he he gak tau juga sih waktu itu dia doyan apa lapar karena disuapinnya diperjalanan dan waktu makan siang sudah lewat jauh. Selanjutnya sudah bisa bedakan mana soto pekalongan yang enak.  

Pengantarnya panjang banget ya, padahal cuma mau cerita kalau akhirnya kita nyobain soto pekalongan yang lain, bukan di Damudji atau PPIP kayak biasanya, kata om Tobe sih soto Pak Dul enak juga, kayaknya dia bosan setiap di telp pas kita ke Pekalongan, diminta nemenin makannya di Soto Damudji terus deh.  Tempat makannya paling besar dari 2 tempat soto pekalongan yang Ibu pernah singgahi sebelumnya, terus banyak foto-foto artisnya yang dipajang disitu, macam di Soto Gebrak Tebet gitu.



30 comments:

  1. kalo soto, saya lebih suka soto Bandung mba.... hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he saya semua soto suka kayaknya deh

      Delete
  2. tauto itu apa, Mbak? Semacam bumbu masakannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tauto Itu semacam sebutan soto bun..kalau bumbunya tauco..kalau gak salah gitu bun..

      Delete
  3. keliatannya enak ya.. belum pernah nyobain :)

    ReplyDelete
  4. Aku pernah juga coba tauto waktu mudik ke jogja via darat. Rasanya emang agak aneh ya krn dicampur tauco. Jdnya ketika cobain lagi, aku minta ga pake tauco

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi hi iya vera...biasa makanan padang pasti awalnya rasanya agak aneh ya...akupun begitu...

      Delete
  5. Wahhh banyak ternyata pilihan soto di indonesia ini ya mba, favorite saya sih soto betawi mba... berkuah santan gituh, seedaappp ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he iya mba Irma..soto betawipun enak...cuma sekarang pilihnya yang no santan nih...

      Delete
  6. jadi pengen makan makanan yang berkuah, gurih, pedas dan segar seperti soto...slurrrph...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayah..ayo bunda buat sendiri juga sedap,,,,

      Delete
  7. Sedapnyaaaa... makan siang ini jadi pengen soto.... hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he iya Pak..enak siang-siang seger.

      Delete
  8. biasanya karena penasaran ya jadi bikin antrian panjang. Aku jadi pensaran juga pingin nyobain

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he iya..padahal belum tentu yang antrian panjang enak...

      Delete
  9. Indonesia beragam ya jenis soto sotoannya, klo aku sukanya soto banjar mb :)

    ReplyDelete
  10. memang soto tiap daerah beda .. soto di tasikmalaya seperti itu dan lidah udah terbiasa sama soto tasik eh giliran pulang kampung ke tegal beda lagi sotonya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah belum pernah cobain soto tegal ma soto tasik nih...

      Delete
  11. Baru hari minggu kemarin ini saya makan soto, tapi soto gadjah mada. soto emang makanan paling diminati saya dan keluarga saat libur dan siang hari... bikin kenyang mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he iya, seger dan bikin kenyang ya Pak..

      Delete
  12. klo lagi ke jawa tengah di tempat manapun soto selalu jadi makanan incaranku bun...

    ReplyDelete
  13. belum pernah nyoba tauto. penasaran...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah 3 boys harus nyobain mak..suka deh

      Delete
  14. Soto di Indonesia udah kayak suku2 dan bahasa yg buanyak bgt jenisnya. Hihi... Udh cobain soto bandung? Soto banjar? Soto daging khas Banten :D hayoo... Smua punya ciri khas yol

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya..heubat ya banyak macamnya...soto banten yang belum...yg lainnya udah dong..he he he he

      Delete
  15. Jadi laperr.. Namanya unik juga ya Tauto.. Kayak makanan dari negara mana gitu..

    ReplyDelete
  16. Mirip rawon dari jawa timur ya,,,, heheheh

    ReplyDelete

ikutan yuks

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...