Wednesday, September 30, 2015

Serunya Piknik bersama

makanya kamu harus bercermin, koreksi
Banyak piknik biar tahu luasnya dunia,
Terlalu banyak aturan dan banyak pantangan,
yang jadinya bikin kesel hati,


Penggalan lirik lagu "kurang pikniknya" Jamrud.

Jika sudah tidak fokus, galau, emosional, kacau,  berarti benar karena kita kurang piknik atau liburan, coba deh diingat-ingat, kapan terakhir kali kita piknik/berlibur.

Piknik/liburan yang asik tentu saja dengan orang-orang tercinta,ada orangtua dan adik-adik beserta keluarganya, piknik dengan keluarga besar sudah terbukti mengasikkan, semakin ramai orangnya, semakin meriah dan seru jadinya.  Mengatur waktu untuk liburan berarti mencocokkan jadwal dengan anggota keluarga lainnya, untuk lama-lama liburannya biasanya hari libur yang didapatkan adalah liburan hari raya, jadi akhirnya yang menjadi pilihan adalah  satu malam liburan singkat dan dekat tetapi cukup menyenangkan dan berkesan.  

Pertama kali piknik keluarga adalah menghabiskan waktu 2 hari satu malam disebuah cottage di Anyer lebih kurang 3 tahun yang lalu, berenang di kolam renangnya dan bermain-main air di pantainya sungguh menyenangkan, penuh tawa dan canda serta kehebohan.

Kedua kalinya, kami memilih tempat yang lebih dekat lagi.  Kami pergi sekitar pertengahan Desember tahun yang lalu, tempat yang cukup nyaman untuk liburan singkat dua hari satu malam dan menjadi pilihan keluarga besar.  Pilihan mengerucut menjadi Bandung dan Puncak, akhirnya disepakati menginap di Royal Safari Garden saja, terbilang dekat dan waktu tempuh pun cukup singkat, karena bepergian di pagi hari, jalan bebas hambatan Jorr dan jagorawi masih cukup bersahabat.  Awalnya sempat terpikir apakah akan membosankan menghabiskan waktu disini, ternyata salah besar, sangat menyenangkan dan cukup berkesan menghabiskan waktu liburan dengan keluarga disini.

Masih belum siang sekali ketika kita sampai di Cottagenya, , sudah siap cottagenya, cottagenya apik dan bersih serta cukup menampung semua anggota keluarga besar kita.


Menyusur kebelakang, anak-anak  terbelalak kegirangan karena banyak permainan untuk anak-anak disini, tiketnya bisa dipilih mau beli terusan atau tidak, permainannya cukup banyak untuk anak-anak, anak yang masih belum pernah naik kuda dan masih takut dan ragu-ragu mencoba naik kuda yang besar, bisa memilih kuda poni.  Didampingi petugas berseragam Taman Safari, pengalaman pertama si kecil berkuda pastinya menjadi lebih menyenangkan, naik kuda poni juga menjadi pengalaman pertamanya Raffa naik kuda, awalnya walau masih bisa tersenyum tetapi wajahnya agak pucat, akhirnya malahan bisa tersenyum lebar dan senang sekali mengendarai kuda poninya dan selanjutnya jadi suka dan berani naik kuda.

Naik kuda menyenangkan, menunggangi gajah pun merupakan pengalaman yang luar biasa ya, tidak hanya untuk orang dewasa, anak-anak juga senang.  Kaka Fai mencoba naik gajah bersama tante dan sepupunya dan dia kelihatan bangga dan senang sekali.

Naik perahu air bersama-sama sambil sebelumnya tak lupa membeli makanan ikan juga tidak kalah serunya, jadi sambil mengayuh perahu dengan kaki, ikan-ikan yang montok-montok berebutan makanan yang kita sebarkan disekitar perahu. Anak-anak terkagum-kagum dan mereka senang sekali.

Naik kereta mini Thomas, mencoba menaiki Farmer Chart, walaupun singkat dan hanya putar-putar disekitaran situ saja, membuat anak-anak senang dan sumringah bahagia, mencoba golf mini di permainan mini golf pun tidak kalah serunya, acara berenang yang jadi acara wajib anak-anak pun menyenangkan, kolam renangnya bagus sekali, anak-anak bahagia dan virus bahagianya pun segera menular, ya orangtuanya ikutan bahagia dan senang.



Untuk kedepannya, kami tentu saja berencana liburan lagi, masih dengan formasi yang sama dan tentu saja dengan tambahan anggota baru,  tahun ini orangtua kami yang tinggal ibu saja sudah punya tambahan cucu satu lagi, tentunya semakin ramai dan semakin seru liburan keluarga besar yang akan datang, awalnya rencana berikutnya kami akan piknik dan liburan yang cukup jauh, ada rencana ke Manado sekalian mengunjungi adik yang paling bungsu yang memang menetap disana, ataupun rencana berlibur sambil pulang kampung ke Solok Sumatera Barat sana, atau rencana lain berlibur di luar negeri bersama-sama.

Untuk saat ini, nampaknya rencana berlibur yang jauh-jauh itu masih sebatas wacana saja, liburan yang dekat-dekat saja seperti liburan di bogor akan jauh lebih mudah direalisasikan.  Untuk mewujudkan dua liburan sebelumnya, biasanya  hanya memerlukan waktu dua sampai tiga minggu untuk membuat rencana liburan yang singkat dan seru jadi kenyataan.  Menginap dua hari satu malam di tempat yang strategis dan nyaman untuk liburan di bogor pastinya juga menyenangkan ya.

Biasanya, kalau ke Bogor tidak pernah ramai-ramai keluarga besar dan tidak pernah menginap, jika menginap tentulah lebih banyak tempat - tempat wisata dan tempat kulineran di bogor yang bisa disambangi.  Mengunjungi kebun raya bogor, kuntum nurseries, ataupun singgah mengunjungi istana bogor dan mengajak anak melihat dan memberi makan rusa pastilah anak-anak suka. Mencoba kulineran bogor seperti roti unyil venus yang bikin ketagihan itu, macaroni panggang, asinan gedung dalam yang mantab rasanya, ataupun mencoba oleh-oleh bogor yang kekinian sekali itu miss pumpkin dan talas sangkuriang, ataupun mencicipi aneka makanan di warung taman,liburan di bogor pastinya akan sangat menyenangkan.


22 comments:

  1. Asyik ih klo jd liburan ke manado atau solok

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he iya ..mudah-mudahan bisa terwujud ..

      Delete
  2. Itu Solok kampunya siapa fit? Itu kampung suamiku..mudik basamo yuk hihihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah sekampung dunk ya fi, solok kampung halaman orangtuaku fi, alm papa dan mama dari solok, cuma beda kampung aja....

      sudah 20 tahun aku gak kesana nih,kangen juga deh... terakhir waktu masih muda dan kinyis2 he he he he .....

      Delete
  3. Wuiihh, seru ya piknik sekeluarga besar gitu.

    Pengen nginep di Royal Safari, udah pernah gugling, tapi belom kesampaian. Btw, saya udah pernah ke Solok, hehehe. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mudah2an bisa nginep ke Royal safari lain kali ya mba...

      wah asik dunk ya, saya sudah 20 tahun persisnya terakhir ke Solok..

      Delete
  4. nanti kalau ke Bogor, pikniknya rame-rame lagi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, amin..insya allah ke Bogor rame-rame

      Delete
  5. liburan emang selalu menyenangkan ya apalagi kalo rame2 sama keluarga besar :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bner banget liburan rame-rame menyenangkan ya

      Delete
  6. Bener Bun, mau piknik dgn keluarga besar itu tantangannya ada di jadwal. Masing2 punya jadwal yg berbeda, suka susah nyocokinnya. Keren banget deh bisa piknik bareng keluarga besar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bun..alhamdulillah bs rame rame dan cocokin waktunya

      Delete
  7. setuju banget piknik itu penting #emak emak kurang piknik :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo piknik bunda...kanaya pasti senang deh

      Delete
  8. memang paling seru itu liburan bareng keluarga ya,,saya juga kemarin pas abis idul adha liburan ke gunung, seru dan ngilangin jenuh hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener banget..seru liburan bareng2

      Delete
  9. piknik bareng keluarga paling menyenangkan :)

    ReplyDelete
  10. seruuu main airnya. bisa berenang seharian, hehe

    ReplyDelete
  11. semoga menang ya jadi bisa piknik ke Bogor

    ReplyDelete

ikutan yuks

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...