Tuesday, September 15, 2015

Ulang tahun di RS (lagi)

Minggu lalu, ibu bertambah lagi usia dan semakin berkurang jatah umurnya dan saat itu lagi di RS (lagi) kayak 7 tahun lalu, kali ini di RS Hermina Jatinegara, hari Minggu lalu pas abis magrib, Raffa yang lagi manjat-manjat, jatuh dan jatuhnya seringnya itu kok yang kena di belakang kepalanya, biasanya kita memang selalu sedia trombophob gel dirumah, diolesin dan diperiksa tidak ada benjol, nangis cukup lama setengah jam, setelah itu capek tidur sampai pagi.

Waktu masih belum 2 tahun  sempat panik karena Raffa jatuh juga dan langsung dibawa ke IGD RS Hermina Jatinegara.

Semakin bertambah usia, Raffa ternyata semakin gak bisa diam, jadi sering deh kejadian kayak gitu, biasanya sih kalau sudah tidak kenapa-kenapa, tenang deh ibu dan ay.  

Senin Paginya, Raffa bangun subuh kayak biasanya, ceria dan seperti biasa melepas ibu dan ay berangkat kerja, saat dikantor ibu ditelp pengasuhnya Raffa yang panik, katanya Raffa muntah-muntah di sekolah.  Langsung deh baru sampai 2 jam dikantor, ibu langsung ijin pulang dan si ay juga ikutan pulang, on the way ke rumah, ibu telp dr Idham Amir, kasih tau kalau anak abis jatuh semalam, muntah2 paginya, gimana, disuruh bawa aja kesana, ditunggu sampai jam 11 Pagi di RS Hermina Jatinegara kata beliau. Sampai rumah, Raffa dan teteh udah siap-siap untuk ke RS, langsung kita ke RS deh, janjian ketemu ay di sana, minta ke susternya kalau bisa engga antri karena anaknya sudah lemes, karena lemes jadilah diminta untuk rawat inap saja untuk diobservasi.


Saat itu Raffa lemes dan masih mual-mual, tapi muntah-muntah banyaknya udah engga, jadi selama kurun waktu sejam-an itu, 5 kali muntah-muntah, keluar cairan lendir hijau, waktu di ruang periksa sih gak keingat, mungkin lendir hijaunya itu bisa dari rumput laut yang dia makan minggu siangnya ya...yah namanya juga panik atau mungkin dia masuk angin, tapi berhubung momennya pas abis jatuh itu yang bikin gimana gitu.

Setelah daftar kamar, masih menunggu kamar siap, tambah lemes gitu anaknya, saat di IGD mau dipasangi infus, anaknya udah mulai cerah mukanya, pasang infus pakai dibedong segala, dan Raffa pinter tenang aja, malah ngeliatin pasang infusnya,setelah dapat kamar, malahan ribut lapar terus.  Untungnya makan siangnya cepat datangnya, makannya banyak mungkin karena tadi sudah keluar semua makanannya.

Senin siang masuk sampai selasa siang, akhirnya Infus dilepas  dan obat mualnya dihentikan, karena sedari masuk udah pecicilan lagi, jadi hari Selasa, Ibu dah minta pulang, tapi gak dikasih sama pak dokternya, diobservasi dulu tanpa obat dan infus sehari lagi, tangan hulknya masih tetap dipasang. 

Dirumah Sakit, 2 malam bersama Raffa yang gak bisa diam itu sesuatu  banget,mesti sering sering mengingatkan supaya tangannya yang diinfus jangan ditarik tarik melulu,  malam pertama karena masih ada infus, ribetnya  kalau mau ke kamar mandi karena Raffa tidak mau pipis di pampers, dan karena ditambah cairan infus, pipisnya jadi sering dan banyak, tempat tidurnya karena kelas I jadi  yang model tinggi dan tidak bisa diatur naik turunnya, bawaaannya mau turun ajah sendiri, tidak menghiraukan infusnya yang kebelit sana sini sehingga darahnya jadi naik. Ganti baju udah tidak terhitung berapa kalinya, ganti celana pun begitu.

Hari ke-2, diajak main sama anak permpuan kecil teman sekamar, namanya Viola, dipinjemin balon Marsha and the bear serta balon Frozen. Dan Viola dipinjemin Raffa mobil-mobilan mainannya.

Hari ke-3 sudah sepi karena Viola sudah pulang kemarin sorenya, menunggu visit dsa buat ijin pulang rasanya lama bener.  Hari itu,Raffa Ibu pakaikan baju biasa sejak infusnya dilepas.

Dan baru hari Rabunya, kita bisa pulang ke rumah, yipppie, karena ay sibuk kita pulangnya mandiri naik taksi aja, ibu manggil pengasuhnya Raffa buat bantuin bawa barang-barang dan pas nunggu taksi di lobby rawat jalan, dia tunjuk ke gedung rawat inap, sambil bilang, itu lho bu..disebelah situ kamar hotel kita....aduh, Raffa berasanya nginep di hotel Hermina kayaknya nih.

Alhamdulillah banget deh, sore jam 5 dah sampai rumah lagi, mudah-mudahan Raffa semakin besar,semakin tahu bahaya  dan tambah mengerti kalau dikasih tau supaya tidak mengalami kayak begini lagi. 

O iya, Ibu sempat foto tarif di RS Hermina Jatinegara saat kita daftar kamar minggu lalu, siapa tau ada yang membutuhkan, ini dia daftar tarifnya. 

42 comments:

  1. ya ampun.. lain kali ati2 ya raffa... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. raffa kalau dibilangin gini, jawabnya iya..tapi sekejap kemudian nampaknya sudah lupa ...

      Delete
  2. tahu banget gimana paniknya, apalagi abis jatuh kena kepala dan muntah-muntah. nama dokternya sama kyk dokternya alifba mbak prima ya hehe. semoga raffa sudah pulih seperti sedia kala dan sehat terus ya. amiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba isma...ini ikutan sama bunda prima dsanya...kemarin2 pas pindah Jkt lagi sempat ganti2 dsa di Hermina Jatinegara..terus ternyata anak2 cocok sama dr idham..jaidnya dsanya pindah tiga2nya ke dr idham deh...

      Delete
  3. Ya Allah Mbak, kasihan Raffa, jatuh sampe muntah2 dan harus di rawat. Semoga semakin membaik ya. Aku dari dulu jg kdg suka parno klo anak jatuh, takut kenapa2. Tp sukurlah smua baik2 aja ya. Dr. Idham tuh dokter Faeyza sejak dia baru lahir sampe skrg. Tp skrg udah jarang ke dokter Idham hihi.. dokternya jutek ya.. tp bgs. Aku cocok sm dia walopun kdg komennya pedas hahahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he wah samaan Faeyza ya, raffa dulu pas lahirnya dsanya dr ELisabeth Yohmi..

      drnya ngomongnya langsung gitu ya..tapi menurutku gak jutek dan ga gampang kasi antibiotik sih...

      Delete
  4. Cpt ceria kembali yah Raffa.. Smoga makin besar makin tau mana yg bahaya mana yg ga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin..ini harapannya ibu dan ay juga nih ...

      Delete
  5. jadi kepikiran ya mbak kalau anak habis jatuh.... sehat terus ya mas raffa

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin, makasi mas azka..alhamdulillah Raffa dah sehat lagi..

      Delete
  6. Semoga lekas sembuh ya mbak putranya

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah, sudah sehat lagi mbak ...

      Delete
  7. Kebayang pas Raffa dibedong pas mau diinfus, semoga sehat terus yaaa...jgn nginep di hotel rumah sakit ah, enakan di hotel yg ada kolam renangnya aja ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi hi iya Bu, makasi banyak ya..next time nginepnya di hotel yang ada kolam renangnya aja deh ...

      Delete
  8. mbak,selamt ulang tahun ya, semoga berkah aamiin..
    makin besar anak2 memang makin aktif ya mbak, semoga raffa sehat terus

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin, makasi banyak mba Hanna
      ...semoga raffa bisa sehat terus, amin

      Delete
  9. Happy milad Raffa. Barokallah fi umrik.
    Masya Allah, aktifnya raffa...
    lain kali lebih berhati-hati ya nak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin,,makasi ya Emi..

      Yang ultah ibunya lho bukan Raffa he he he

      Delete
  10. Raffa aktif banget ya. Semoga bisa lebih hati-hati ya Raffa, sehat selalu.

    ReplyDelete
  11. Hi Fitri, happy belated Bday. Gak apa ya bdaynya di rumah sakit, yang penting tetep dikelilingi keluarga tercinta dan bisa mendampingi Raffa. Anakku juga kemarin muntah terus dan tidak ada makanan yg bisa masuk, sampai akhirnya ke IGD. Syukurnya boleh langsung pulang walau muntah2nya gak langsung sembuh jadi kita homecare aja pakai obat dari dokter. Sekarang lagi banyak serangan virus yang menyerang perut, jadi memang harus lebih hati2 saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasi banyak Leonny..Moga sekarang abby sudah sehat lagi ya

      Delete
  12. smoga lekas sembuh ya
    dan slamat ultah juga dedek raffa :)

    ReplyDelete
  13. Anak-anak ya, perasaan kita udah ekstra menjaganya, tapi bisa kelolosan juga.
    Happy belated birthday ya Fitri, barakallah fii umrik

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener banget Mba ...

      Makasih banyak mba

      Delete
  14. Cepet sembuh dan semoga lebih hati2 kedepannya :)

    ReplyDelete
  15. Selamat ulang tahun, Mbak. Raffa lain kali hati-hati, ya :)

    ReplyDelete
  16. Semoga Raffa sekarang sudah membaik ya. happy belated bday ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama 2..happy belated birthdayjuga ya lidya

      Delete
  17. Aduh. Kebayang paniknya kalau anak jatuh.
    Hati-hati ya next time Raffa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya,insya allah bisa lebih hati2 lagi...terimakasih mami Vaya

      Delete
  18. Raffaaaa, lebih hati2 pas lagi di tangga, ya. Kasihan. . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trims tante ...lain kl raffs lbh hati2 lagi...

      Delete
  19. Ya ampun raffa smoga lain kali lbh hati2 yah...

    ReplyDelete

ikutan yuks

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...