Friday, October 02, 2015

Sakit hati, sakit jantung dan kanker

Minggu lalu adalah Minggu 'tidak fit", sampai 3 kali di Minggu itu bolak balik ke dokter, hari Selasa terbangun dengan kepala yang pusing sangat karena tidak bisa tidur dimalam harinya, agak sesak rasanya,  akhirnya diputuskan tidak usah berangkat kerja, jelang siang disempatkan diri ke ke klinik dekat rumah dan ternyata pusingnya karena tekanan darah yang saat diperiksa dibilang tinggi.

Hari Rabu ditempat kerjaan, sudah lumayan baik walaupun masih sedikit pusing, disempatkan pergi ke RS Hermina ketemu dokter THT periksain telinga yang rasanya agak agak gimana, hasilnya ada sedikit luka ditelinga kanan dalam dekat gendang telinga dan langsung diobati diberikan salep, ini akibat terlalu dalam kalau membersihkan telinga.  

Hari Kamisnya adalah hari lebaran Iedul Adha, salat ied didepan rumah nenek 3 boys saja, sekalian menemani mas Dzaky yang memang di wajibkan salat Ied disekolahnya.  Semalam sudah berasa flu, jadilah sebelum tidur karena sudah kelewat berat dikepala sehingga menenggak obat bebas sebelum tidur.  Siangnya rasa yang tidak enak terus bertahan, akhirnya kembali lagi berobat ke klinik.  Hmm, jadi teringat saat melahirkan Fai, saat itu dr anestasi bilang, ambang batas sakit ibu sangat rendah, jadi kalau rasa sakit level 4, diibu jatuh levelnya jadi level 6, tidak kuat menahan sakit berarti ya.


Jumat diharpitnas masuk kerja lagi, disangkaian teman-teman sakit jantung, aduh  jangan dunk ya.. yang jelas, ibu gak sakit hati dibilang sakit jantung he he he, memang sejak 4 tahun lalu baru ketahuan ada sedikit bocor jantung, nampaknya sudah bawaan dari lahir, insya allah tidak apa-apa, tidak diberikan obat juga oleh dokter.  Kali pertama  tekanan darah agak tinggi jadi periksa macam-macam, mulai ekg, periksa darah lengkap, ibu yang takut disuntik akhirnya menberanikan diri periksa darah lagi dan sampai treadmill, kala itu dikhawatirkan dokter malahan Penyakit Jantung Koroner, jadi mulai mengevaluasi diri, apa sesak karena badan yang semakin menggemuk, dengan tinggi  yang sama kayak si mas Dzaky, berat badan kita sangatlah jauh perbedaannya, si mas 35 kg, ibunya ini sampai 53 kg kebalik angkanya ya...,sekarang mulai deh menyingkarkan rasa malas dan mulai olahraga, yang paling gampang dijalanin jalan kaki, jadi setiap pagi mulai rutin jalan kaki, biasanya 10 menit, sedikit demi sedikit mulai ditambah.

deg-deg an saat mau treadmill

Jadi teringat teman sedari kecil yang tinggal dekat rumah, Juni lalu, mesti menjalani pengangkatan rahim dan  ovarium, saat diberitahu berharap beritanya tidak benar, teman ibu itu masih single, membayangkannya saja sudah sedih sekali, saat mengunjungi beliau selepas operasi, tubuh kurus dan lemahnya sangatlah membuat iba, tapi salut sekali dengan ketabahannya, sabar dan ikhlas dan tetap berjuang melaluinya.

Kali kedua datang, beliau memberitahu kankernya sudah stadium IV B dan sudah dua kali menjalani kemoterapi, rambut sudah rontok dan akhirnya dibotak sekalian,sebenarnya dari Juni saat mesti dioperasi keluarganya sudah diberitahu  kalau sudah kanker, tapi beliau tahunya tumor, untuk pasang alat kemonya ditubuh mesti dioperasi lagi setelahnya, masih bisa bercanda, tersenyum, bilangnya tidak sakit cuma mual-mual sedikit...tidak mengeluh, tetap sabar dan ikhlas.. Sepulangnya dari sana, ibu yang sedih dan mellow.

Kali ketiga datang, kalau biasanya ibu datang sendirian, kali ini mamanya ibu ikutan juga, mau besuk juga katanya, alhamdulillah baru saja menjalani kemo yang ke-3, wajah terlihat lebih segar dan cerah.  Tetap tanpa keluhan, sabar dan ikhlas mesti sudah tidak bisa bekerja lagi, tidak bisa kemana-mana karena beliau mudah sekali lelah.  So Proud of you my friend,,,,jadi malu banget deh, ibu kadang kala Migren ataupun pusing  aja udah banyak dan panjang keluhannya, mudah-mudahan teman ibu itu bisa diberikan Allah kesembuhan yang sempurna , dan ibu bisa terus rutin menengok, kebayang ya, sepi sendiri, sakit, gak bisa kemana-mana, pastinya sepi sekali....salut juga sama ibunya yang sabar mengurusi anak perempuannya itu, kelihatan sekali kasih ibu yang tanpa batas itu.

65 comments:

  1. moga2 sehat2 aja ya abis ini.. begitu juga buat temennya... moga2 segera bisa cancer free ya :)

    ReplyDelete
  2. semoga temannya diberi kesembuhan, Mbak

    ReplyDelete
  3. Ibuuu takuut jarum suntik. Hihihi
    Semoga teman2nya diberi kesehatan ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he he iya langsung senewen deh kalau mau ambil darah...

      makasih banyak idah

      Delete
  4. kalo melihat kondisi orang lain yang lebih parah,
    kadang jadi lebih mudah dan bikin kita bersyukur ya
    ternyata kita masih lebih baik... jadi malu sendiri kalo terlalu sering mngeluh :(


    semoga kita semua selalu dikaruniai kesehatan yang ternyata mahal harganya
    aamiiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Elsa...baru kena sakit sedikit sudah merasa jadi orang paling malang sedunia...jadi lebih bersyukur dan benar jadi merasa kaya karena sehat..

      Amin, moga2 kita selalu dikaruniai sehat ya..

      Delete
  5. titip doa terbaik untuk kesembuhan temannya mbak. Allah Maha Tahu, bisa membelokkan sesuatu baik bencana dan sakit. Selalu berdoa dan percayakanpada yang diatas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin...itu juga yang diharapkan mba..terimakasih ya

      Delete
  6. Suka khawatir ngeliat kondisi kesehatan orang lain melemah suka sedih juga, btw cepet sembuh aja ya :)

    ReplyDelete
  7. Semoga mba dan teman mba segera diberi kesembuhan yaa...

    ReplyDelete
  8. sehat terus ya mak. buat temannya jg :)
    kebetulan tetanggaku baru meninggal krn kanker payudara yg sdh menyerang ke otak. sedih jg ingat perjuangan alm selama 5 th melawan penyakitnya :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin..makasih mak inna...ikut belasungkawa untuk temannya ya mak

      Delete
  9. Subhanalallah semoa sahabat mba selalu diberikan kekuatan dan ketabahan dalam sakitnya ya mba :)

    ReplyDelete
  10. luar biasa tabah, ngadepin penyakit yang berat, semoga lekas sembuh

    ReplyDelete
  11. saya dari sini tidak bisa datang menjenguk mbak, hanya bisa mengirim do'a "Ya Allah mudah mudahan diberikan kesehatan dan kesabaran bagi temannya mbak fitri yang saat ini sedang Engkau uji" Amiinnn :-)
    tak ada pengiriman express kecuali do'a :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin, makasi banyak ya ..trims kiriman doanya ya

      Delete
  12. Ku doakan dari makassar, somoga Alloh memberi kesembuah , Alloh yang memberi ujian berupa penyakit dan Alloh pulalah yg memberkan obat untuk kesembuhan amin

    ReplyDelete
  13. turut mendoakan semoga sakitnya segera digantikan dengan kesehatan dan keceriaan

    ReplyDelete
  14. Smoga sakitnya dpt menggugurkan dosanya, Ridlo karena Allah.
    Allah angkat segala penyakitnya .. sgr pulih, insya Allah.

    ReplyDelete
  15. semoga bisa kembali sehat karena sebelumnya juga sehat ya mbak, semoga kita juga diberikan kesehatan dan kebahagiaan :)

    ReplyDelete
  16. gws mba fitri...
    kadang kita cuma demam aja udah komplen mulu, padahal banyak orang yang umurnya udah divonis dokter tapi ttp tegar jalanin hidup

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener bgt ..jadi bersyukur kalau kemarin2 banyak mengeluh ya

      Delete
  17. Semangat berjuang untk ksembuhan ya mabk, dan untuk temannya juga. Saya punya teman juga yang sakit cancer dan dia sangat bandel tidak mau menjga pantangan makanannya. Kita orang terdekat memang yg terkadang harus kerasin dia. Kasih motivasi meski sebenarnya juga kitanya sedih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba..benar bgt tetap harus kasi motivasi..tks mba

      Delete
    2. Iya mba..benar bgt tetap harus kasi motivasi..tks mba

      Delete
  18. Semoga temannya diberikan kesembuhan Mak.
    Temanku hanya diberi waktu 2 tahun untuk berjuang.... sebelum akhirnya menyerah kalah :(

    ReplyDelete
  19. Moga cepet pulih ya mbaa, untuk temennya juga moga lekas sehat aamiin :)

    ReplyDelete
  20. Iya ya Mbak, kadang cuma dikasih migren sudah merintih kesakitan sekalia...bersyukur dan selalus ehat semua ya Mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya jeng...semoga semua selalu sehat ya

      Delete
  21. Mba Fitri semoga sehat selalu. Tabah sekali temennya ya mba, semoga temen mb selalu dimudahkan dalam pengobatannya

    ReplyDelete
  22. mbrebes mili saya membacanya, betapa kasih sayang seorang ibu memang luar biasa

    ReplyDelete
  23. Semoga segala penyakitnya segera dianggkat oleh Allah S.W.T ya mbak,,,

    ReplyDelete
  24. smoga sehat slalu ya mba...
    smoga temannya jg bisa sembuh...

    ReplyDelete
  25. Mbaa semoga lekas sembuh ya. Buat Mba Fit dan juga temannya. Memang belajar ilmu ikhlas itu susah T_T

    ReplyDelete
  26. Cepat sehat ya Mbak ... insya Allah ujiannya bisa terlewati :)

    ReplyDelete
  27. Gimana kabarnya Mbak Fitri? Mudah2an sudah lebih fit :)

    ReplyDelete

ikutan yuks

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...