Monday, October 05, 2015

Taman Pintar yang (memang) bikin pintar

Sudah lama sekali berkeinginan mengunjungi Taman Pintar saat ke Yogya, akhirnya saat libur lebaran Juli lalu, niat lama akhirnya terlaksana. Banyak keinginan sebenarnya kalau ke Yogya ini, selain tempat wisata  yang ingin dikunjungi juga wisata kuliner dan wisata belanjanya ya, tetapi kunjungan terakhir lebaran lalu, cuma sempat ke Taman Pintar saja, judulnya acara buat anak-anak yang selama libur puasa  dan lebaran sampai sebulan lebih tidak kemana-mana.

Saat kesana, sudah ramai sekali di Taman Pintar, anak sekolah yang mendominasi, 3 boys masih libur sekolah sampai minggu depannya, jadi ibu dan ay nambah deh liburnya deh demi jalan-jalan libur lebaran ini. 

Cocok banget kesini nih buat anak-anak, anak bisa suka dan cinta sains jadinya, baru masuk saja anak-anak sudah dibuat terbengong - bengong dengan air mancur yang ada diatas kepala kita saat kita melewatinya tetapi kita tidak kebasahan .

Setelah membeli tiket, kita memasuki Gedung Memorabilia, di gedung ini kita bisa melihat sejarah kesultanan Yogyakarta, tokoh pendidikan nasional dan presiden republik Indonesia.

Fai memilih berfoto dengan Presiden Habibie, katanya ini Presiden kesukaanku, sementara mas Dzakynya diminta berfoto dengan Presiden Soekarno, karena sama satunya, maksudnya Mas Dzaky anak pertama, Presiden Soekarno kan Presiden Pertama,, ooohhhh begitu. Ramai banget disini, jadinya kita liat-liatnya jadi terburu buru deh.

Selanjutnya, mari kita ke Gedung Oval,ada apa saja disana ya.
Pertama tama kita bisa liat aquarium air tawar, lalu ada kehidupan zona Prasejarah, gelap tempatnya.
Selanjutnya berhenti cukup lama di Dome Area, anak-anak terkagum - kagum disana.

Di Zona kotak, kita cuma lewatin saja, jadi tidak berlama-lama, karena mau mengejar ke Gedung Planetarium yang ternyata tidak terkejar juga dan mesti menunggu dibuka jam selanjutnya, jadi mari kita membatik saja. Beli tiket untuk 3 boys ternyata Raffa masih belum bisa ikutan membatik, jadilah digantikan kakak sepupunya, Raffa cemberut saja karena tidak bisa ikut serta membatik.

Membatik memang diperuntukkan untuk anak usia 8 tahun keatas, karena dianggap sudah mengerti dan sudah bisa memegang canting dengan baik, iya anak-anak diperkenalkan bagaimana caranya membatik, mulai dari membuat pola, sampai tahap akhirnya, dan bisa dijadikan suvenir dan dibawa pulang setelah kering, sayangnya kita tidak kesana lagi karena mau langsung lanjut ke Semarang, jadi deh cukup puas bisa mengajak anak-anak kesini, tempat yang rekreasi yang edukatif banget, senang sekali akhirnya bisa Taman Pintar ini.

Wahana selanjutnya ke Gedung Planetarium....siang-siang kesini, enak nyaman, kursinya empuk dan adem serta gelap, sampai ketiduran sebentar  nih ibu disini..hanya di Gedung Paud yang tidak kita singgahi saat kunjungan kita ke Taman Pintar ini.

sambil nungguin yang asik membatik.
Raffa di Gedung Planetarium
Berkesan banget deh Taman Pintar ini buat anak-anak, kaka Fai sempat ngambek karena dia mau ambil hasil batiknya lagi, tapi setelah diberi pengertian akhirnya dia bisa merelakan tidak mengambil hasil karyanya.  Taman Pintar memang keren dan memang wisata edukasi yang cocok sekali buat anak-anak.


Jl. Panembahan Senopati 1-3, Yogyakarta, Indonesia (lihat peta)
Phone: (0274) 583 713, 583 631









18 comments:

  1. jalan - jalan seru dan pastinya tambah ilmu ya mbak ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya jeng....wisata edukasi yang cocok buat anak-anak nih

      Delete
  2. Nah kalau gitu pas saya gak bawa Abby kemari kemari ini, soalnya belum cocok ya untuk usia Abby. Nanti suatu saat dia sudah besaran, pasti betah deh nangking lama-lama di sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa kok mba..abby bisa ke Gedung Paud.....nampaknya itu untuk anak usia balita deh

      Delete
  3. seru tuh bisa ngebatik ya... pengen juga nyobain ngebatik gitu. hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya..harus hati-hati membatiknya ,,,dekat2 kompornya panas juga ... ....

      Delete
  4. sayang sekali ya hasil membatiknya gak berhasil dibawa pulang
    pastinya bangga luar biasa tuh kalo bisa bawa pulang

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he he iya Elsa..dihibur dengan foto hasil karya batiknya saja deh ..

      Delete
  5. Sering ke Jogja tapi belum pernah ke Taman Pintar ini. Insya Allah kalo ada kesempatan ke Jogja, mampir juga ke Taman Pintar.
    Salam kenal ya, mba

    ReplyDelete
  6. Perlu lebih banyak tempat edukatif begini di Indonesia.

    ReplyDelete
  7. Ada yg buat membatik juga ternyata. Aku baru tahu.
    Sudah banyak perubahan Taman Pintar ini ya, Mbak. Terakhir ke sana pas kuliah. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kita pertama kalinya dan terkagum kagum nih ,,,

      Delete
  8. wah ini destinasi seru lagi yang ada di Yogyakarta, seru nih kalo ngajak anak-anak ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba..anak2 pasti suka nih kesini..

      Delete
  9. Adik saya pernah ke sini, anaknya senang sekali main di taman pintar, sampe ga mau diajak pulang. Tiket masuknya juga murah katanya ya Bun

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bun..murah tiketnya dan buat anak anak excited bun..

      Delete

ikutan yuks

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...