Monday, January 18, 2016

Permainan saat masa kecil dahulu

Menghabiskan masa 5 tahun tinggal Kampung Penggilingan di pinggiran Jakarta Timur saat berusia 5-10 tahun sangat membekas di ingatan. Masa anak-anak memang masa bermain yang paling menyenangkan, permainan anak-anak jaman dulu itu banyak sekali, kalau diingat-ingat rasanya jadi anak-anak di jaman itu sungguh berbahagia, biar tidak kenal gadget, listrik awalnya juga belum masuk, tapi badan sehat,jarang ada anak  yang berkacamata, terampil, lincah, bersosialisasi dengan teman-teman, jadi cerdas dan belajar sportif, wah banyak banget ya manfaatnya bermain itu.

Bermain diluar rumah, biasanya dilapangan  dan main bersama teman-teman, yang sering dimainkan adalah main benteng, main galasin, permainan yang katanya permainan untuk anak laki-laki seperti main kelereng serta permainan  adu biji karet pun tidak luput dimainkan juga, gobak sodor, main egrang, main ular naga panjangnya, main karet atau buat senjata dari daun pisang dan selanjutnya  main perang-perangan , seru sekali.

Permainan didalam rumah, antara lain main bekel serta main congklak, main masak-masakan, main orang-orangan dari kertas, main monopoli, main kartu remi, ataupun membaca buku cerita bersama teman-teman pun  sangat mengasikkan. 

Permainan yang jadi Favorit,adalah permainan ular tangga, saat-saat bulan purnama adalah saat yang dinanti-nanti, maklum saat itu masih berlampu patromaks dan nonton TV pakai aki, jadi saat terang bulan, anak-anak dan bahkan orangtua berkumpul diluar rumah, semua anak-anak asik bermain main ular naga panjangnya yang memang banyak sekali peminatnya,anak laki-laki dan anak - anak perempuan semuanya bergembira dimalam terang bulan sambil bernyanyi :

Ular naga panjangnya bukan kepalang
Menjalar-jalar selalu kian kemari
Umpan yang lezat itulah yang dicari
Ini dianya yang terbelakang.
Ular naga panjangnya bukan kepalang
Menjalar-jalar selalu kian kemari
Umpan yang lezat itulah yang dicari
Ini dianya yang terbelakang.


Ular nada panjangnya bukan kepalang 
menjalar jalar selalu riang kemari 
umpan yang lezat itulah yang dicari 
ini dianya yang terbelakang 
kosong kosong
 isi isi 
kosong kosong
 isi isi 

Main ular tangga, gambar dari liriklaguanak.com


Fai dan Raffa suka bermain petak umpet bertiga dengan sepupunya Kayra, biasanya yang jaga seringnya Raffa, karena ngumpetnya Raffa masih suka bingung, mereka main petak umpet biasanya didalam rumah saja.


Main petak umpet diluar rumah , gambar diambil dari bintang.com

Ibu mengajarkan main injit2 semut sama anak-anak, lagunya sederhana saja:

 Injit-injit semut, siapa sakit naik di atas Injit-injit semut, walau sakit jangan di lepas
Injit-injit semut, siapa sakit naik di atas
Injit-injit semut, walau sakit jangan di lepas


 Permainan Injit2 semut, gambar dari rudyarra.com

Permainan masa kecil teman-teman lain pastinya seru dan menyenangkan ya, itulah sebagian cerita permainan masa kecil anak-anak kampung Penggilingan di Pinggiran Jakarta di era 80-an , itu ceritaku, bagaimana dengan ceritamu temans?


"Tulisan ini diikutkan dalam Giveaway 
Permainan Masa Kecil 
yang diselenggarakan oleh 


36 comments:

  1. kalau di tempatku petak umpet namanya jumpritan^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. jumpritan....wah namanya keren juga ya

      Delete
  2. Kangen ya sama mainan masa kecil.
    Aku jadi ingat dulu hobi bener main ular naga.....

    ReplyDelete
  3. Gw taunya ular tangga itu yg game board hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang mana aja yang penting mainnya tetap asik ya

      Delete
  4. Aku juga dulu main semua permainan yang mbak tulis di sini, ditambah main perang2an sama ludo, halma, dan monopoli :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasti ditambah main manjat2 pohon ya mom???he he he he

      Delete
  5. Kalau saya dulu sih sukanya main egrang, panggal (gangsing) sama yang paling saya suka yaitu layangan, menyenangkan sekali pokonya. Btw kunjungan baliknya ya di http://amir-silangit.blogspot.co.id/2016/01/mengenang-era-90-dengan-memainkan.html terimakasih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya layangan juga dulu main juga, gasing pun iya, cuma gak jago2 amat mainnya

      Delete
    2. Jadi terkenang masa kecil nih mak, permainan2 ini adalah permainan jalan kecil dulu... akhhh serunya

      Delete
    3. iya permainan jadul ngangenin ya mak

      Delete
  6. ular naga kalau makin panjang barisannya makin seru :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul bun..makin panjang makin seru mainnya

      Delete
  7. Permainan masa kecil saya ?
    Tok Kadal ... (atau gatrik)(atau patil lele)
    Waaahhh lupa waktu kalo sudah main ini ... hehehe

    Dan satu lagi ... Bentengan ... ini juga seru ...

    Salam saya Bu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anak2 kalau main memang suka lupa waktu ya om...apalagi.permainan jaman dulu kan asik2 bgt

      Delete
  8. itu yang kalo di inggris kalo ga salah mirip permainan london brigde are falling down apa ya

    ReplyDelete
  9. Permainan ular tangga yang disebutkan di atas itu ditempat saya namanya "Toko-Toko Diang":)


    Terima Kasih sudah ikut GA saya dan mbak Lidya

    ReplyDelete
  10. ikhsan ikhfan kalau maen petak umpet juga di dalam rumah, beda jaman saya dulu kalau maen petak umpet ya di luar rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah samaan ya main petak umpetnya didalam rumah nih

      Delete
  11. ular2an, petak umpet dan injit2 semut semua saya suka hehe...
    petak umpet dan injit2 semut anak2 saya sdh tau permainan ini, cuma ular2an aja yg blm pernah main :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasti seru mgajarin anak2 peainn jadul ya mak

      Delete
  12. aku paling suka petak umpet. injit2 semut sakit dicubit :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he iya sakit pas dicubit tapi seru mak

      Delete
  13. semuaaaa mainan diatas suka banget, meski kadang mainnya campuran sama laki2

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya jaman dulu seringnya mainnya gabung ya

      Delete
  14. main injit2 semut suka ada yag nyubitnya sakit :) makasih ya sudah ikutan

    ReplyDelete
    Replies
    1. senang bisa ikutan lidya, sekalian nostalgia jadinya

      Delete
  15. Hihihi permainan jaman dulu ada lagunya sendiri sendiri yaa. jadi tambah seru dan spesial :D

    ReplyDelete
  16. seru ya nostalgia permainan masa kecil :D

    ReplyDelete
  17. Iya deh niih, jd kangen mainan di masa kecil, petak umpet itu seruuu.

    ReplyDelete

ikutan yuks

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...