Thursday, June 23, 2016

Saat Anak belajar Berpuasa

Di Ramadhan tahun ini, Raffa mulai belajar Berpuasa, hari ini sudah kali ke-18 Raffa berpuasa, diusianya yang saat sekarang 4 tahun 5 bulan, ini adalah pengalaman pertama Raffa belajar berpuasa, dia sudah diberi pengertian kalau akan dibangunkan untuk makan sahur dan setelahnya tidak boleh makan sampai adzan Dzuhur, berbuka puasa dan dilanjutkan lagi puasanya sampai saatnya berbuka puasa, jadi setengah hari saja dulu latihan puasanya.

Sahur hari pertama berjalan lancar, walau masih ngantuk, tanpa ngambek ataupun menangis, dibangunkannya mudah dan mau makan sahur walaupun sedikit dan setelah sahur kebiasannya sampai hari ke-17 Ramadhan ini tidak pernah tidur lagi, setelah adzan Dzuhur dan berbuka puasa, selama 17 hari ini, biasanya selalu makan walaupun sedikit, rekor paling sedikit adalah 2 potong kecil kue lapis legit Zulaikha dan tetap berpuasa sampai setengah hari.

Hari pertama masih ribut kepengen minum terus dan mau makan choki-choki yang dibeli hari kemarin, begitu liat hidangan berbuka puasa langsung ingin menyeruput, heuboh deh, dan besok-besoknya  masih suka main minum aja kalau liat tempat minumnya, dan camilan-camilan pun segera diamankan, lama-lama tidak terlalu ribut lagi dan bahkan sabtu kemarin, dia tidak dengar saat adzan  dan baru ingat buka puasa jam 2 siang.

Hari ke-3 Puasa, ayahnya yang sejak hari puasa pertama dan kedua berbuka puasa dirumah,saat buka puasa masih belum pulang juga dan Raffa tanya kenapa ayah gak buka saur sama kita Bu? he he buka saur katanya, ibu bilang buka puasa bukan buka saur, karena dinihari itu saur, mungkin dikiranya saat boleh makan lagi disebut Raffa "buka saur".

Mudah-mudahan Raffa tahun depan sudah mengerti puasanya dan sudah bisa full puasanya.
Raffa

24 comments:

  1. Mudah-mudahan Raffa tahun depan sudah mengerti puasanya dan sudah bisa full puasanya. Amin ya rabbal alamin...

    ReplyDelete
  2. semoga istiqomah ya dek Raffa sampai akhir ramadan nanti... Raffa suka ngumpul-ngumpulin makanan di siang hari nggak? Dulu pas saya kecil suka lapar mata, ngumpulin jajanan buat disimpen sampai berbuka. Pas buka puasa ternyata ngga sanggup deh makan timbunan jajan yang udah dikumpulin dari siang hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. engga sih..cuman pas kalau ada makanan yang dalam jangkauannya bisa lgs dia sikat he he he

      Delete
  3. wah tergodanya sama coki coki yak hihi
    gapapa pelan pelan asal belajar
    yang penting prosesnya ya mb

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba nita, prosesnya yg penting...

      Delete
  4. Wah jadi nostalgia nih mbak,,,
    kayak ane pas latihan dulu. wkwkw :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ha ha dulu latihan dulu setengah hari ya

      Delete
  5. Wahh hebat sudah ada kemauan untuk belajar puasa :) ya walaupun baru setengah hari tapi salut dengan Raffa dan bimbingan orangtua nya :) harus di beri hadiah tuh mba atas kemauan baiknya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, terimakasih...insya allah nanti dikasih mainan yang dia pengen...

      Delete
  6. Waahh...Raffa hebaattt! Semoga makin pinter berpuasanya yaaa

    ReplyDelete
  7. Saya suka senang kalau melihat anak kecil sedang belajar puasa karena mudah tergoda sekali mbak, karena waktu itu saya lihat lagi main dengan teman temannya, dan dengan bangga dia mengatakan saya puasa, bukannya tidak suka tapi saya suka ketawa ketawa sendiri kalau lihat anak kecil seperti itu soalnya pernah saya alami.

    ReplyDelete
  8. Pengalaman pribadi kami, ketika kami masih kecil ... (kami = saya dan adik saya)
    Kami belajar puasa karena ... gengsi ...
    Kami tinggal di kompleks yang seratus persen penghuninya beragama Islam. Banyak anak seusia kami. Jadi ketika bulan puasa ini menjadi ajang lomba kuat-kuatan puasa.
    Kalo ketahuan batal ... bisa abis kita di olok-olok ... weee nanang nggak puasa weeee ... dan seterusnya.

    Jadi jujur ... kami itu belajar puasa (penuh) dulunya karena gengsi, supaya tidak dikata-katain temen
    (hahaha)

    salam saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ha ha awalnya gengsi ya om..lama2 kesadaran sendiri

      Delete
  9. waa...aaa rafa hebat dewh, dah mulai belajar puasa. Ikhfan belum mulai belajar puasa nih, mungkin tahun depan...

    ReplyDelete
  10. Barakallahi kakk.. salam kenal ^^

    ReplyDelete
  11. ayo kakak Rafa semangat puasanya, insyaa Allah pasti bisa

    ReplyDelete
  12. raffa keren...
    kalau jav pas buka puasa dzuhur, sgalam macem dimakanin :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau raffa makan nasi plus lauk dikit minum air, minum susu trus puasa lagi deh,,,

      Delete

ikutan yuks

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...