Wednesday, November 02, 2016

Donat Gotong Royong

Setelah sekian lama terserang virus baking blue dan malas ngeblog, mulai postingan lagi dengan  Donat. Iya Donat, resepnya yang dicoba yang sudah sangat familiar, tapi mau mencobanya maju mundur terus, dan bahkan kebanyakan mundurnya. 

Jadilah akhirnya pertengahan bulan lalu memberanikan diri mencoba buat donat sendiri, resepnya pakai yang Donat Kentang NCC.

Ternyata oh ternyata, tidak mudah menghasilkan donat yang enak, cantik dan menul-menul itu, nguleninya lumayan banget deh, dan karena udah pegel jadi pas ngebentuknya gilasnya maunya buru-buru aja, cetaknya pakai cetakan donat, perasaan udah tipis nyetaknya, bingung kok donat yang udah dibentuk jadi menggendut begitu, sampai senampan diulang lagi dan ternyata tetap gendut lagi jadinya..hi hi hi..lucu juga, baru ngeh ngapain juga diulang-ulang ya kalau begitu.

Senangnya ini jadi kerja tim banget, ibu yang ulenin, fai dan raffa bantuin gilas dan cetaknya, dan si ay bagian gorengnya, abis goreng kita pergi jemput si mas jek yang lagi ada les, senengnya dibantuin ya, jadi deh donat pertama ini dinamakan donat gotong royong.  Raffa sempat ngambek karena dia mau ikut bantuin gilas juga,sempat dicoba tapi ngeri karena menggilasnya pakai botol jamu yang dari kaca yang gendut dan berat takut gelinding botolnya dan pecah, dia bilang dia enggak mau nyobain donatnya kalau nanti udah jadi.  Dan pas udah jadi, ternyata dia yang makan donat sampai 2, yang lainnya cuma nyobain 1 donat saja.

Pas banget disaat cuaca mendung dan hujan gerimis gitu buat penganan kayak gini, rasanya, mantablah walau hanya pakai gula donat saja dan donatnya masih empuk sampai besok paginya. 

DONAT KENTANG source : NCC Bahan : 500 gr tepung terigu protein tinggi 50 gr susu bubuk 11 gr ragi instan 200 gr kentang kukus ---> haluskan dan dinginkan 100 gr gula kastor 75 gr mentega 1/4 sdt garam 4 kuning telur 100 ml air dingin Cara Membuat : - Campurkan tepung terigu, susu bubuk, gula halus dan ragi. Aduk hingga rata. - Tambahkan kentang halus, masukkan kuning telur dan tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga rata dan setengah kalis. - Tambahkan garam dan mentega, terus uleni hingga kalis dan elastis. Diamkan selama kurang lebih 20-30 menit, tutupi dengan serbet lembab agar adonan tidak kering. - Kempiskan adonan, bagi dan bentuk bulat (aku bagi menjadi berat 50 gr dan dicetak menggunakan cetakan donat). Diamkan selama kurang lebih 20-30 menit. - Goreng donat dengan api sedang cenderung kecil hingga kecoklatan. - Angkat dan tiriskan. Setelah dingin bisa diberi topping sesuai selera.

Today Deal $50 Off : https://goo.gl/efW8Ef
DONAT KENTANG source : NCC Bahan : 500 gr tepung terigu protein tinggi 50 gr susu bubuk 11 gr ragi instan 200 gr kentang kukus ---> haluskan dan dinginkan 100 gr gula kastor 75 gr mentega 1/4 sdt garam 4 kuning telur 100 ml air dingin Cara Membuat : - Campurkan tepung terigu, susu bubuk, gula halus dan ragi. Aduk hingga rata. - Tambahkan kentang halus, masukkan kuning telur dan tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga rata dan setengah kalis. - Tambahkan garam dan mentega, terus uleni hingga kalis dan elastis. Diamkan selama kurang lebih 20-30 menit, tutupi dengan serbet lembab agar adonan tidak kering. - Kempiskan adonan, bagi dan bentuk bulat (aku bagi menjadi berat 50 gr dan dicetak menggunakan cetakan donat). Diamkan selama kurang lebih 20-30 menit. - Goreng donat dengan api sedang cenderung kecil hingga kecoklatan. - Angkat dan tiriskan. Setelah dingin bisa diberi topping sesuai selera.

Today Deal $50 Off : https://goo.gl/efW8Ef
DONAT KENTANG source : NCC Bahan : 500 gr tepung terigu protein tinggi 50 gr susu bubuk 11 gr ragi instan 200 gr kentang kukus ---> haluskan dan dinginkan 100 gr gula kastor 75 gr mentega 1/4 sdt garam 4 kuning telur 100 ml air dingin Cara Membuat : - Campurkan tepung terigu, susu bubuk, gula halus dan ragi. Aduk hingga rata. - Tambahkan kentang halus, masukkan kuning telur dan tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga rata dan setengah kalis. - Tambahkan garam dan mentega, terus uleni hingga kalis dan elastis. Diamkan selama kurang lebih 20-30 menit, tutupi dengan serbet lembab agar adonan tidak kering. - Kempiskan adonan, bagi dan bentuk bulat (aku bagi menjadi berat 50 gr dan dicetak menggunakan cetakan donat). Diamkan selama kurang lebih 20-30 menit. - Goreng donat dengan api sedang cenderung kecil hingga kecoklatan. - Angkat dan tiriskan. Setelah dingin bisa diberi topping sesuai selera.

Today Deal $50 Off : https://goo.gl/efW8Ef
DONAT KENTANG source : NCC Bahan : 500 gr tepung terigu protein tinggi 50 gr susu bubuk 11 gr ragi instan 200 gr kentang kukus ---> haluskan dan dinginkan 100 gr gula kastor 75 gr mentega 1/4 sdt garam 4 kuning telur 100 ml air dingin Cara Membuat : - Campurkan tepung terigu, susu bubuk, gula halus dan ragi. Aduk hingga rata. - Tambahkan kentang halus, masukkan kuning telur dan tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga rata dan setengah kalis. - Tambahkan garam dan mentega, terus uleni hingga kalis dan elastis. Diamkan selama kurang lebih 20-30 menit, tutupi dengan serbet lembab agar adonan tidak kering. - Kempiskan adonan, bagi dan bentuk bulat (aku bagi menjadi berat 50 gr dan dicetak menggunakan cetakan donat). Diamkan selama kurang lebih 20-30 menit. - Goreng donat dengan api sedang cenderung kecil hingga kecoklatan. - Angkat dan tiriskan. Setelah dingin bisa diberi topping sesuai selera.

Today Deal $50 Off : https://goo.gl/efW8Ef

30 comments:

  1. Ibu.....ya ampun, please deh!!!
    Tau nggak Bu, saya minggu kemarin keliling-keliling cari donat kentang, eh ga dapet (sekarang udah jarang yg jual). Mau bikin males...hehehe, ya udah ikut menikmati postingnya Bu Fitri aja...hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he iya Bu Ira, selamat m,enikmati ya

      Delete
  2. Good Job .. !
    Team worknya kompaaak. Ayah hebaaat demo menggoreng.
    Dek Fai n dek Raffa semangaat serbuuu ... lahap.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi hi donatnya gede, cuman sanggup 1 aja nyerbunya...

      Delete
  3. Aku liaht gambarnya pengen tertawa terpingkal-pingkal.
    Mungkin karena terlalu bergotong royong sehingga bentuknya tidak konsiten.
    Tapi tidak jasi soal, yang namanya lagi belajar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ha ha iya...lebih lucu lagi, bentuknya yg kayak gitu terus diulang masih kayak gitu juga he he he he

      Delete
  4. donat kentang memang mantap.. dulu di indo ada mamanya temen yang suka bikinin donat kentang. hahaa.

    ReplyDelete
  5. Replies
    1. ha ha iya, ini juga diktr lgs beli donat juga

      Delete
  6. jadi inget jaman ngekos masak sendiri makan sendiri hehehe minta resepnya doong kayaknya enak tuh mbak ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. resepnya ini ya mba
      DONAT KENTANG source : NCC Bahan : 500 gr tepung terigu protein tinggi 50 gr susu bubuk 11 gr ragi instan 200 gr kentang kukus ---> haluskan dan dinginkan 100 gr gula kastor 75 gr mentega 1/4 sdt garam 4 kuning telur 100 ml air dingin Cara Membuat : - Campurkan tepung terigu, susu bubuk, gula halus dan ragi. Aduk hingga rata. - Tambahkan kentang halus, masukkan kuning telur dan tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga rata dan setengah kalis. - Tambahkan garam dan mentega, terus uleni hingga kalis dan elastis. Diamkan selama kurang lebih 20-30 menit, tutupi dengan serbet lembab agar adonan tidak kering. - Kempiskan adonan, bagi dan bentuk bulat (aku bagi menjadi berat 50 gr dan dicetak menggunakan cetakan donat). Diamkan selama kurang lebih 20-30 menit. - Goreng donat dengan api sedang cenderung kecil hingga kecoklatan. - Angkat dan tiriskan. Setelah dingin bisa diberi topping sesuai selera.
      diambil dari sini http://catatan-nina.blogspot.co.id/2012/09/donat-kentang.html

      Delete
  7. waaa asik bgt nih, udah lama saya ga bikin donat

    ReplyDelete
  8. Sipp kerjasamanya. Apalagi kalau ada saya :-D
    Mbak Fitri dkk yang buat, ane yang ngabisin.. #Ehh..
    Wkwkwkw #JustKidding

    ReplyDelete
  9. Alhamdulillah pasti nikmat bgt tuh hasil bikin brg2...
    Saya paling males bikin donat :D

    ReplyDelete
  10. Lho, ada cetakan donat ya? Baru tahu, hehehe.
    Saya belum mahir bikin kue, Mba. Dulu pernah bikin donat kentang tapi terlalu lembek.
    Akhirnya kalau kue seringnya beli, hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he iya kadang lebih enak beli mba...

      Delete
  11. Resep2nya ncc emang simpel, tapi enakkk

    ReplyDelete
  12. Wah Mbak, meskipun ndut-ndut dan kayak gak rapi tapi menurut saya itu justru lebih terlihat rumahan. Yang penting kan rasanya.
    Dimakan dengan kopi panas saat hujan, waduhhh... sedapnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he iya, walaupun gak rapi tapi rasanya sudah enak kok..

      trims mba zee

      Delete
  13. udah lama nggak makan donat ni

    ReplyDelete

ikutan yuks

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...