Wednesday, May 30, 2018

Puasa Raffa di tahun ini

Tidak terasa sudah tahun ke-3 Raffa belajar berpuasa, memulainya pertama kali di Ramadan tahun 2016 lalu, Ramadan tahun ini sudah memasuki tahun ke-3 si bungsu kami belajar berpuasa.  Puasa tahun 2017 lalu Raffa berhasil puasa penuh 8 hari, sungguh  suatu hal yang membanggakan, catatannya ibu rangkum di Instagram, kali pertama sukses puasa penuh  saat diajak nonton film anak-anak di Bioskop, pulangnya ngantuk dan tidur sampai jelang waktu berbuka puasa, diminta sabar dan akhirnya sukses puasa penuh sampai magrib, untuk sahurnya seperti saat tahun 2016, selalu mudah dibangunkan sahur dan tidak mau tidur lagi, bahkan gak mau tidur disiang harinya dan setelah sahur langsung main dan minta difotoin saat sedang main dengan mainannya .

Hari ini sudah memasuki hari ke14 Ramadan, sudah hampir separuh perjalanan.  Ramadhan tahun ini dimulai serentak di hari Kamis 17 Mei 2018 lalu, tahun ini Raffa sudah jadi anak TK B, sudah mau SD dan sudah tambah besar dan tambah pintar, sudah 6 tahun lebih usianya, jadi saat saur pertama, semua semangat sekali dan Ibu dan ay sudah pesankan Raffa untuk tidur siang biar puasanya tidak berasa, kebetulan Raffa dan abang-abangnya semua libur dari Rabu sampai Jumat menyambut Puasa.  Biasanya ibu siang-siang suka telp kerumah menanyakan anak-anak, tapi sengaja di hari pertama puasa lalu itu tidak telp dan berharap anak -anak sedang tidur siang, dan raffa Puasanya bisa penuh, eh pas pulang kerja, teteh yang kerja dirumah kita pulper bilang, bocah satu ini sudah minta buka puasa saat beduk Dzuhur dan laporan nenek, tetehnya gak tega karena suhu badannya Raffa menghangat dan setelahnya lanjut puasa lagi, puasa setengah hari lagi dia.  Awal-awal puasa penuh kemarin, raffa malam-malam setelah salat tarawih tanya apa masih boleh makan lagi..sekarang dia udah ngerti deh, dan udah bisa bedain buka puasa dan sahur, kalau 2 tahun lalu, buka puasa dia kirain buka saur.

Malamnya Ibu dan Affa ngobrol, dan ibu bilang puasa itu buat sehat dan tidak ada orang yang wafat karena puasa, eh dia bilang aku udah tau Bu, guruku juga bilang begitu, dan keesokan harinya Puasa hari ke-2 sampai dengan kemarin hari ke13,Raffa sukses puasa penuhnya lho, sudah bisa diajak jalan-jalan juga pas weekend atau pas kita libur kemarin. Hari ke 3 puasa, masih kelihatan agak pucat dan setelahnya sudah mulai terbiasa, bahkan saat bermain kemarin, teman raffa yang kelas 2 SD, main kerumah bolak balik naik turun tangga dan main sepeda kerumah teman yang lain, jam 10 sudah nyerah kehausan, dia cuma senyam senyum aja liat temannya minum, dia bilang temannya gak kuat puasa, ibu bilang gak pa pa dia minum kan dia bukan muslim, anak kecil temannya raffa ini lucu juga, dia bilang dia ikutan berpuasa juga.

Nunggu berbuka puasa

buka puasa

sudah beradaptasi, ceria dan gak lemas lagi
Liat makanan dimeja makan,Raffa sudah bisa menahan dirinya, kalau dulu khan semua makanan harus disingkarkan dan saat jelang bukpus, dia dijagain dan diingetin he he he, alhamdulillah banget, mudah-mudahan Raffa diberikan kesehatan dan bisa terus puasa penuh kayak abang-abangnya, Raffa memang rekor nih, belajar puasanya sampai tahun ke-3, masnya tahun ke-2 udah sukses bisa puasa penuh saat 5 tahunan, kakanya langsung nyoba puasa penuh saat usia 5 tahunan dan langsung bisa dan Raffa sampai 3 kali, maklum deh ibu karena anak bontot ini, O iya kalau masih kecil-kecil, biasanya Ibu dan ay iming-imingin dia mainan, dan baru puasa hari ke-10 aja dia udah beli mainan 4 kali lho...

Setelah besar, hadiah gak penting lagi, mudah-mudahan semua yang sedang berpuasa diberikan kelancaran dan kesehatan ya dan diberikan kelancaran buat yang mau mudik nanti.

2 comments:

  1. Amin ya rabbal alamin. btw, Botol taperwernya sama kek punya anak saya mbak, bentuk dan warnanya sama persis.... tosss...

    ReplyDelete

ikutan yuks

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...